Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Tombol HTML Menggunakan Tag Button

Tag button pada HTML digunakan untuk mendefinisikan tombol atau button yang dapat diklik pada halaman html. Tag button digunakan untuk mengirim konten, gambar, atau konten teks yang dapat digunakan untuk pada halaman html. Browser berbeda menggunakan tipe default yang berbeda pula untuk tag button-nya. Tombol atau button tersebut dapat ditata dengan menggunakan kode CSS.


Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Membuat Tombol HTML Menggunakan Tag Button, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Cara Membuat Teks Turun Seperti Tombol Enter Menggunakan Tag BR HTML [klik], Pengaturan Tag Body pada HTML [klik], dan Cara Mengubah Arah Cetak Teks Menggunakan Tag Blockquote HTML [klik].

Sintak:
<button type = "button">

Baca Juga: 

Atribut: berbagai atribut yang dapat digunakan dengan tag button adalah diperlihatkan sebagai berikut:
  • autofocus: digunakan untuk menentukan apakah button harus mendapatkan fokus secara otomatis atau tidak pada halaman html.
  • disabled: digunakan untuk menunjukkan apakah elemen disabled atau tidak. Jika atribut tersebut digunakan, maka elemen akan disabled.
  • form: digunakan untuk membuat form input user. Ada banyak elemen yang digunakan pada tag form.
  • formaction: digunakan untuk menentukan kemana harus mengirim data ke formulir.
  • formnonvalidate: digunakan untuk menentukan apakah elemen input tidak boleh divalidasi saat mengirimkan formulir atau tidak.
  • formenctype: digunakan untuk menentukan apakah formulir harus dikodekan ketika dikirim ke server atau tidak.
  • formmethod: digunakan untuk menentukan method HTTP yang digunakan untuk mengirim data ketika proses pengiriman.
  • formtarget: digunakan untuk menentukan nama atau keyword yang menunjukkan tempat untuk menampilkan respon setelah form dikirim.
  • type: digunakan untuk menentukan jenis tombol untuk elemen button. Atribut ini juga digunakan dalam elemen input untuk menentukan jenis input yang akan ditampilkan pada halaman html.
  • value: digunakan untuk menentukan nilai elemen yang akan digunakan. Atribut ini juga memiliki arti yang berbeda untuk elemen HTML yang berbeda pula.

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

<h3>

HTML Tag Button

</h3>

 

<button 

type = "button" 

onclick =

"alert('Selamat Datang di Indomaret')"

>

Click Here

</button>

 

</body>

</html>

Output:


Artikel ini didedikasikan kepada: Febrian Tika Woro Sukmana, Ferdida Zohanda Yulio, Haris Wahyu Darmawan, Husna Niswatan Afifah, dan Izaaz Waskito Widyarto.

6 komentar untuk "Membuat Tombol HTML Menggunakan Tag Button"

  1. Apa yang dimaksud dengan tag button pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tabu < button > pada HTML digunakan untuk membuat tombol yang dapat diklik dalam formulir pada halaman website. Browser yang berbeda menggunakan tipe default yang berbeda pula untuk penggunaan elemen button. Tag button HTML dapat digunakan di dalam dan luar dari formulir HTML. Jika user penggunakan pada form, maka tag tersebut berfungsi sebagai tombol kirim atau send, user juga dapat menggunakannya sebagai button reset untuk melakukan reset ulang nilai pada halaman HTML.

      Hapus
  2. Ada berapa tipe pilihan untuk tag button pada HTML?

    BalasHapus
    Balasan


    1. ada tiga, yaitu type reset, submit, dan button.

      1. Type reset, digunakan untuk mengatur ulang data dalam bentuk saat ini.
      2. Ttpe submit, digunakan untuk mengirimkan data formulir atau form saat ini.
      3. Type button, digunakan sebagai button atau tombol pilihan.

      Hapus
  3. Bagaimana cara menciptakan link button pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan mengunakan tag button pada tag < a >: maka method ini akan membuat button menjadi sebuah link. Tag anchor atau link < a > digunakan untuk mengarahkan halaman web ke lokasi yang dituju sesuai alamat yang terdapat pada link atau anchor.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -