Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Blogwalking Untuk Meningkatkan Trafik Blog

Artikel ini sengaja penulis buat untuk mengumpulkan link aktif yang senang menjalin silaturahmi dengan Blogger lainnya.

Sebelum lebih lanjut membaca artikel tentang Blogwalking Untuk Meningkatkan Trafik Blog, terlebih dahulu baca materi tentang: Teknik Mengembangkan Kreativitas dan Penjelasannya, Mengapa Manusia Menciptakan Uang, dan Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan.

Penulis tebak, kalian yang mengunjungi halaman ini karena sedang galau karena trafik blog yang kalian miliki tidak kunjung naik meskipun sudah banyak memposting artikel, menyebar link diberbagai sosial media dan blog, dan juga sudah melakukan berbagai teknik SEO lainnya yang ada di internet, yang salah satunya adalah Blogwalking itu sendiri.

...Namun...Hasilnya tetep mengecewakan...

Yups, penulis juga pernah merasakan hal tersebut.

Sebelum lebih lanjut, silahkan berkunjung ke halaman berikut untuk melihat daftar link Blogwalking yang dimiliki oleh penelitian.id.

DAFTAR LINK BLOGWALKING PENELITIAN.ID [klik]


Suka tidak suka eksternal link memang menjadi salah satu pertimbangan dari mesin pencari terutama Google dalam memberikan penilaian positif terhadap blog atau web seseorang.

Semakin, banyak eksternal link yang terindeks pada suatu blog atau web maka semakin positif pula penilaian yang diberikan oleh Google terhadap situs tersebut. Hal ini bisa dilihat pada Google Search Console pada menu tautan.

Di lahan luas internet, dimana informasi mengalir dengan lancar dan gagasan saling bertemu, Blogwalking muncul sebagai fenomena digital yang memfasilitasi konektivitas, pertukaran pengetahuan, dan pembangunan komunitas. Praktik ini melibatkan navigasi melalui berbagai blog, berinteraksi dengan beragam konten, dan meninggalkan jejak digital berupa komentar sebagai bentuk interaksi dua arah yang dilakukan oleh pembaca dan penulis. Seperti berjalan-jalan disuatu lingkungan tertentu, Blogwalking memungkinkan individu untuk menjelajahi jalanan digital yang kemudian bisa mengantarkan pada sebuah ide, pendapat, dan perspektif.

Esensi Blogwalking

Blogwalking bukan hanya tentang mengklik hyperlink dan menyelipkan konten. Blogwalking adalah tentang proses membangun koneksi dan hubungan dalam ranah virtual. Blogwalking berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan Blogger dan pembaca, menciptakan rasa pada komunitas siber. Proses ini melibatkan kegiatan mengunjungi berbagai blog, membaca postingan, dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dengan meninggalkan komentar. Komunikasi dua arah ini kemudian memupuk rasa keterlibatan, dan mengubah internet menjadi ruang yang dinamis dan interaktif.

Manfaat Blogwalking

Berikut adalah beberapa manfaat dari Blogwalking bagi para pengguna blog:
  • Perspektif yang Beragam: Blogwalking memaparkan individu pada beragam perspektif dan ide. Baik itu blog pribadi, situs berkecimpung dibidang tertentu, atau platform profesional. Setiap blog memberikan sudut pandang yang unik, memperkaya pemahaman pembaca terhadap berbagai berbagai subjek.
  • Membangun Komunitas: Meninggalkan komentar yang baik dan interaktif pada blog dapat membuka pintu untuk diskusi dan koneksi ke penulis blog. Seiring waktu, interaksi ini kemudian dapat mengarah pada pembentukan komunitas digital, dimana individu yang memiliki gagasan atau pandangan yang sama dapat berkelompok atau berkumpul untuk berbagi pemikiran dan pengalaman masing-masing.
  • Peluang Jaringan: Bagi Blogger, terlibat dalam Blogwalking dapat menjadi langkah strategis untuk berjejaring. Meninggalkan komentar di blog yang relevan dapat menarik perhatian sesama Blogger dan potensi untuk kolaborasi, kemitraan, atau saling promosi.
  • Inspirasi dan Kreativitas: Paparan terhadap beragam konten dapat memicu kreativitas dan inspirasi. Dengan Blogwalking, individu dapat menemukan gaya penulisan baru, ide inovatif, dan pendekatan unik yang mungkin memengaruhi upaya kreatif individu sendiri.
  • Eksternal Link: Untuk meningkatkan peringkat blog pada mensin pencari, Blogwalking dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan eksternal link yang dimiliki oleh suatu blog atau situs yang secara tidak langsung akan berdampak pada penilaian mesin pencari.
  • Menambah Semangat: Aktifitas ngeblog jadi lebih menyenangkan jika ada yang komen, jadi merasa lebih diperhatikan.

Baca Juga:

Kapok Blogwalking

Jika ditanya, apakah Blogwalking memang memberikan manfaat pada penulis blog, maka jawaban penulis adalah iya. Namun, banyak yang mengalami kegagalan dalam Blogwalking karena pemahaman tentang Blogwalking yang masing berbeda-beda, bahkan diri penulis sendiri pernah mengalami hal tersebut. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan kegiatan Blogwalking:
  • Waktu yang Dibutuhkan: Blogwalking dapat menjadi kegiatan yang sangat memakan waktu jika dilakukan secara mandiri dan "jujur", terutama jika terlalu banyak terlibat dalam proses membaca dan meninggalkan komentar diberbagai blog yang dikunjungi. Hal ini sudah pasti menjadi sebuah tantangan, terutama jika seseorang memiliki jadwal yang padat atau memiliki pekerjaan utama lain diluar dari kegitan ngeblog, seperti penulis sendiri yang pekerjaan utamanya adalah sebagai tenaga pengajar. Karena hal ini, terkadang seseorang cenderung terburu-buru dalam melakukan Blogwalking dan tidak secara serius meninggalkan kesan atau komentar pada blog yang dikunjunginya, dan hanya memberikan pesan-pesan yang sifatnya normatif atau umum seperti "ijin copas gan", "nice info", "sangat bermanfaat", dan komentar umum lainnya. Bayangkan jika hal tersebut terjadi pada proses komunikasi di dunia nyata, ketika seseorang sedang menjelaskan tetang suatu topik secara serius dan terperinci dalam waktu yang lama, dan hanya diberikan sedikit tanggapan seperi "hhmm, oke", "baiklah", hal ini sudah pasti akan mengecewakan pembicara yang sudah menyampaikan materi tersebut, karena keterikatan interaksi dan perasaan dalam proses komunikasi kurang terjalin.
  • Kualitas Konten yang Bervariasi: Meskipun Blogwalking memungkinkan untuk menemukan berbagai perspektif, tidak semua blog memiliki konten yang berkualitas. Beberapa blog mungkin kurang terawat, memiliki informasi yang tidak akurat, tidak memberikan nilai tambah yang signifikan, mengandung spam atau perangkat lunak yang berbahaya, dan lain sebagainya. Penulis sendiri mengatasi hal ini dengan cara membuat list pada setiap blog yang pernah penulis kunjungi, dan mencatat setiap respon atau feedback yang diberikan, yang kemudian digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan Blogwalking lebih lanjut atau tidak. Pada artikel ini juga telah diberikan sedikit list yang penulis miliki dari Blogwalking yang biasa penulis kunjungi, dan juga selalu di-update secara berkala.
  • Tidak Menjamin Balasan atau Keterlibatan Balik: Hal ini adalah salah satu faktor yang membuat banyak Blogger kapok untuk melakukan Blogwalking, termasuk penulis sendiri. Meskipun meninggalkan komentar di blog orang lain dapat meningkatkan peluang mendapatkan balasan, hal ini tidak selalu terjadi. Beberapa blog mungkin tidak aktif atau pemiliknya tidak selalu merespon.
  • Salah Niat: Menurut penulis, hampir sebagian besar pengguna blog yang melakukan Blogwalking karena motivasi ingin meningkatkan trafik di mesin pencari. Jika benar, maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang salah, karena penulis juga demikian, namun jika hal tersebut dilakukan dengan asal-asalan, atau asal komen saja, maka kegiatan Blogwalking akan menjadi kegiatan yang hanya menyia-nyiakan waktu dan pikiran saja, karena komentar yang dibuat secara asal-asalan cenderung akan diabaikan atau bahkan dihapus oleh pemilik blog, dan upaya yang sudah dilakukan akan sia-sia.
  • Persaingan Ketat: Tidak seperti konten pada platform lain yang memang membutuhkan effort lebih banyak daripada membuat tulisan, blog memang memberikan kemudahan dalam membuat konten karena konten yang dibuat berbasis tulisan. Namun, karena kemudahan tersebut semua orang dapat membuatnya dengan mudah yang mengakibatkan persaingan menjadi sangat-sangat ketat. Oleh karena itu, untuk tetap dapat bersaing maka Blogger perlu membentuk suatu kekuatan agar bisa bertahan dari persaingan yang ketat tersebut, dimana salah satunya adalah membentuk komunitas melalui kegiatan Blogwalking agar bisa saling menjaga kualitas positif dari blog yang dimiliki.
  • Blogging Ketinggalan Jaman: Tidak bisa dipungkiri, setelah terciptanya berbagai macam situs dan media, penggunaan Blogger sebagai sarana berbagi informasi memang mulai banyak ditinggalkan, namun jika dikatakan ketinggalan jaman, penulis sendiri masih yakin bahwa hal tersebut tidak benar. Masih ada individu-individu diluar sana yang lebih suka menggali informasi lewat tulisan ketimbang lewat gambar atau video, dan karena hal tersebut kegiatan Blogwalking digunakan agar individu-individu tersebut tetap terhubung dan dapat saling menjaga kualitas konten masing-masing.

Penulis yakin, hal yang terjadi sebenarnya bukanlah kemunduran melainkan diversifikasi, dimana informasi mulai mengalami pembagian-pembagian spesifik untuk jenis konten-konten tertentu, seperti Youtube yang berfokus pada informasi berbasis media video dan suara, sosmed seperti Twitter dan Facebook yang berfokus pada informasi yang sifatnya personal dan mikroblogging, Tiktok yang berfokus pada video singkat, dan blog sendiri masih tetap berfokus pada informasi yang sifatnya tertulis dan pembahasannya luas, yang penyampaiannya akan kurang efektif jika disampaikan melalui media video atau lainnya, seperti makalah atau artikel penelitian, dokumen-dokumen pemerintah, atau dokumen lainnya. Penulis sendiri sampai saat ini selalu bangga menggunakan Blogger, dan tidak pernah merasa malu menggunakannya karena salah satu keunggulan Blogger yang menurut penulis belum bisa digantikan sampai saat ini adalah memungkinkan untuk dilakukannya pemeliharaan atau peningkatan kualitas konten dari konten-konten lama yang telah dipublikasikan sebelumnya dan kapasitas penulisan artikel yang tanpa batas, dimana proses ini agak sulit jika dilakukan pada konten yang berbasis video atau suara. Oleh karena itu, Blogwalking adalah salah satu cara agar individu-individu yang masih aktif menggunakan platform blog dengan pengalaman dan pengetahuan yang sama tetap dapat terhubung satu sama lain.

"Terkadang cara sederhana itu adalah cara terbaik."

Bagaimana Cara Melakukan Blogwalking yang Efektif

Jika ditanya tentang cara efektif melakukan Blogwalking, penulis sendiri tidak tahu cara efektifnya seperti apa, namun berdasarkan pengalaman penulis sendiri ada beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan agar kegiatan Blogwalking menjadi lebih menyenangkan.
  • Komentar Pancingan: Hampir sebagian besar artikel yang dibaca pada blog ini, semuanya diawali dengan komentar pancingan atau fake comment. Tujuannya adalah memancing agar para pembaca untuk tertarik memberikan komentar pada blog. Penulis sendiri terinspirasi pada kegiatan sumbangan masjid, biasanya pada bagian awal catatan daftar sumbangan, terdapat beberapa nama yang digunakan sebagai pancingan, agar calon donatur tertarik untuk memberikan sumbangan, hehe.
  • Memulai Terlebih Dahulu: Jika ingin blog kita dikunjungi dan diberi komentar oleh blog lain, maka kita yang harus memulai inisiatif tersebut terlebih dahulu, dengan cara mengunjungi blog orang lain secara aktif dan memberikan komentar pada blog yang dikunjungi tersebut, meskipun tidak ada jaminan bahwa blog yang dikunjungi tersebut juga akan mengunjungi blog yang kita miliki, tapi dengan meninggalkan komentar pada blog tersebut, secara tidak langsung kita sudah 'meninggalkan jejak' berupa link eksternal blog pribadi ke blog yang telah kita kunjungi tersebut.
  • Balas Komentar: Selalu balas komentar yang diberikan oleh pengunjung lain ke blog kita. Sama halnya seperti komunikasi pada dunia nyata, ketika ada yang datang bertamu dan mengajak komunikasi, maka agar proses komunikasinya berjalan efektif kita juga harus memberikan tanggapan yang relevan terhadap proses komunikasi tersebut agar lawan bicara merasa dihargai dan tidak kapok berkunjung ke tempat kita.
  • Komentar yang Relevan: Tidak hanya sekadar memberikan komentar yang bersifat umum, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, tapi usahakan untuk memberikan komentar yang memang sifatnya memancing proses interaksi antar Blogger, dimana hal ini bisa dicapai jika pengunjung atau pemberi komentar sudah memahami isi dari artikel yang dibaca. Menurut penulis, percuma kita memberikan komentar tapi hal tersebut tidak memancing interaksi lanjutan dari pemilik blog atau artikel. 

Komunitas Blogwalking VS Grup Sosial Media

Berdasarkan pengalaman penulis jauh lebih efektif jika kita bergabung dalam suatu komunitas Blogwalking yang ukurannya kecil daripada bergabung dalam grup Sosial Media atau Feedreader yang jumlahnya banyak, karena hal tersebut tidak menjamin kegiatan Blogwalking akan berjalan efektif, dan akan memberikan kekecewaan bagi kita sendiri karena anggota dalam grup tersebut sebagian besar pasif, bahkan sudah tidak aktif sama sekali dalam kegiatan Blogging.

Menurut penulis, jauh lebih efektif jika penulis membangun komunitas Blogwalking skala kecil, namun anggotanya dipantau secara efektif dan berkala, karena hal ini dapat menjaga kualitas komunikasi dalam kegiatan blog, karena proses interaksi berjalan efektif.

Hal ini juga yang melandasi penulis untuk membuat halaman posting khusus yang berisi daftar link dari para Blogger yang masih aktif dalam kegiatan ngeblog.

Cara Gabung Komunitas Blogwalking PENELITIAN.ID

Gampang banget, cukup tinggalkan jejak atau perkenalan diri dibagian kolom komentar, nanti penulis akan berkunjung ke blog kamu dan menambahkannya ke daftar list milik penulis (penelitian.id).

Catatan:
  • Blog yang disimpan pada daftar Blogwalking hanya blog-blog yang menggunakan fasilitas dari Blogger.com.
  • Blog yang sudah terpantau domain expired atau sudah tidak ada aktifitas aktif dalam hal jumlah post atau jumlah komen, serta berisi perangkat atau script berbahaya yang bertentangan dengan kebijakan Google, maka akan dilakukan evaluasi ulang.
  • Blog yang disimpan dibatasi jumlahnya hanya sebanyak 100 list saja. Jika lebih, maka akan tetap disimpan, hehe. Namun, penulis akan lebih mengutamakan 100 list teratas untuk diajak kegiatan Blogwalking, karena penulis sendiri memiliki keterbatasan waktu dalam kegiatan ngeblog, dan sisanya akan digunakan sebagai list cadangan jika pada daftar 100 teratas mengalami evaluasi ulang.

Manfaat Gabung Komunitas Blogwalking PENELITIAN.ID

Beberapa manfaat yang diberikan jika kamu gabung dalam komunitas Blogwalking penulis adalah:
  • Setiap yang komen diblog saya, pasti akan penulis balas diblognya juga.
  • Promosi link secara gratis diblog penelitian.id, karena sudah meninggalkan jejak komentar diblog (:D).
  • Blogmu akan penulis kunjungi secara berkala.
  • Blogmu juga berpeluang dikunjungi oleh anggota lain dari list Blogwalking penelitian.id.
  • Blogmu berpeluang mengalami peningkatan posisi ranking dimesin pencari karena jumlah eksternal link yang positif bertambah.
  • Ngeblog jadi lebih menyenangkan karena ada yang suka memberi komentar diblog kita.
  • Tidak kesulitan mencari link yang masih aktif melakukan kegiatan Blogwalking, karena penulis selalu meng-update anggota komunitas secara berkala.
  • Bisa tanya-tanya topik seputar blogging ataupun topik lainnya dari para pengguna aktif.
  • Menjadi acuan bagi diri sendiri untuk bisa meningkatkan kualitas blog melalui jumlah posting dan komentar yang ada saat ini terhadap blog-blog lainnya yang menjadi anggota Blogwalking penelitian.id.

26 komentar untuk "Blogwalking Untuk Meningkatkan Trafik Blog"

  1. Apa itu blogwalking dan bagaimana cara melakukannya dengan efektif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogwalking adalah praktik menjelajahi berbagai blog, membaca konten, dan meninggalkan komentar. Cara melakukannya efektif adalah dengan menentukan topik yang diminati, memberikan komentar yang relevan, dan terlibat dalam diskusi yang bermakna.

      Hapus
  2. Apa manfaat utama dari kegiatan blogwalking?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat utama blogwalking termasuk peningkatan pengetahuan, pembangunan komunitas, inspirasi kreatif, peluang jaringan, eksposur terhadap berbagai perspektif, dan menambah eksternal link.

      Hapus
  3. Bagaimana blogwalking dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan di antara blogger?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan meninggalkan komentar yang bermakna, bertanya, dan terlibat dalam diskusi, blogwalking dapat membangun keterlibatan dan interaksi positif antara blogger, menciptakan rasa komunitas yang kuat.

      Hapus
  4. Apa saja risiko atau kekurangan yang mungkin berkaitan dengan kegiatan blogwalking?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Risikonya adalah melibatkan waktu yang dibutuhkan, kualitas konten yang bervariasi, potensi spam, risiko ketergantungan, dan ketidakpastian dalam mendapatkan keterlibatan balik.

      Hapus
  5. Bagaimana cara memilih blog yang tepat untuk dijelajahi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pilih blog yang relevan dengan minat dan topik yang diminati. Tinjau kualitas konten, interaksi, dan gaya penulisan untuk memastikan pengalaman blogwalking yang bermanfaat.

      Hapus
  6. Apa peran komentar dalam blogwalking dan mengapa penting untuk meninggalkan komentar yang bermakna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar memainkan peran penting dalam berkomunikasi dengan pemilik blog dan membuka pintu untuk diskusi. Meninggalkan komentar yang bermakna menunjukkan keterlibatan dan meningkatkan peluang mendapatkan respon.

      Hapus
  7. Bagaimana blogwalking dapat mendukung pembangunan jaringan dan peluang bisnis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogwalking dapat membuka peluang untuk berkenalan dengan sesama blogger, membangun hubungan, dan menciptakan peluang kolaborasi atau promosi bersama, mendukung pertumbuhan bisnis secara online.

      Hapus
  8. Apa tips untuk menjaga keseimbangan antara blogwalking dan kehidupan nyata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapkan waktu khusus untuk blogwalking, tetapkan batasan waktu, dan pastikan untuk tetap terlibat dalam kegiatan offline yang seimbang.

      Hapus
  9. Bagaimana mengelola risiko terkait komentar negatif atau kurang menyenangkan selama blogwalking?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertahankan sikap positif, tanggapi secara konstruktif, dan jika perlu, hindari terlibat dalam diskusi yang dapat merugikan atau tidak produktif.

      Hapus
  10. Apa saja langkah-langkah untuk menghindari kecanduan blogwalking?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetapkan waktu yang terbatas untuk blogwalking, fokus pada kegiatan lainnya, dan pertimbangkan untuk mengatur pengingat waktu untuk menghindari kecanduan.

      Hapus
  11. Apa harus yang berbahasa Indonesia saja?
    Sebab blog saya pake bahasa Inggris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa, sebagian besar sumber dari blog saya juga berasal dari blog-blog bahasa inggris yang saya rewrite. :D

      Hapus
    2. Oya mksh sudah memasukan blog2 saya di daftar atas... meski msh ada yg blm msk... 😁

      Hapus
  12. Gak capek mas nulis sepanjanh ini? Hehe... 😁 intinya sih blogwalking itu penting bagi blogger. Ibarat kata... tanpa blogwalking bagai masakan kurang bumbu.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -