Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Program C++ dan Penjelasannya

Bahasa Pemrograman C++ secara umum digunakan untuk pemrograman berorientasi object atau OOP dan sangat mudah untuk digunakan.

Sebelum mempelajari materi tentang Membuat Program C++ dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Instalasi Compiler C++ dan PenjelasannyaCara Predefinisi Class Java Sebagai Class atau Variabel, dan Sejarah dan Keunggulan Bahasa C.

Program C++ merupakan program yang berasal dari kode bahasa pemrograman berorientasi objek atau OOP yang dipandang oleh banyak orang sebagai sebuah bahasa pemrograman terbaik untuk membuat aplikasi berskala besar. C++ merupakan bentuk superset dari bahasa C, dimana bahasa pemrograman ini juga berkaitan dengan Java, yang didasarkan pada C++ namun telah diotimalkan untuk distribusi objek program dalam jaringan seperti internet.

Program C++ merupakan bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk membangun perangkat lunak. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi object yang sudah banyak digunakan saat ini. Dengan kata lain, program C++ lebih menekankan penggunaan bidang data dengan atribut yang bersifat unik atau object ketimbang menggunakan logika dan fungsi pada program. Contoh umum suatu object pada C++ adalah akun pengguna pada situs web yang biasa digunakan untuk mengakses dapat pada sistem web itu sendiri.

Jika dibandingkan dengan Java, pada dasarnya Java memang lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan C++ dan memiliki karakteristik yang mampu memberikan keunggulan lain yang lebih baik dibandingkan dengan C++, meskipun kedua jenis bahasa pemrograman itu masih memerlukan banyak proses pembelajaran.

Bahasa C++ juga memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk dapat menentukan tipe data sendiri-sendiri secara mandiri dan memungkinkan untuk melakukan proses manipulasi fungsi dan method sesuai dengan kebutuhan program. Hal ini juga memungkinkan pemrograman tingkat rendah dan menyediakan akses ke memori, yang memungkinan untuk proses eksekusi kode program yang lebih cepat dan lebih efisien. Tidak hanya itu, bahasa program ini juga mendukung pemrograman yang bersifat generik yang menggunakan template tertentu, yang memungkinkan kode program untuk ditulis dalam bentuk umum dan digunakan kembali untuk tipe data yang berbeda, pada program yang berbeda pula.

Secara sederhana, proses mempelajari dan membuat program C++ terdiri dari beberapa tahapan berikut:
  • Buat kode program menggunakan teks editor dan simpan dengan file esktensi .CPP, .C, dan atau .CP.
  • Lakukan kompilasi program menggunakan sebuah kompilator atau IDE online.
  • Memahami terminologi dasar dari kode program yang dibuat.

Program C++ "Hello World" merupakan tahapan pertama atau tahapan dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman C++ dan juga merupakan salah satu program paling sederhana yang akan dipelajari. Yang perlu dilakukan pada tahapan ini adalah menampilkan pesan "Hello World" pada layar monitor setelah program dikompilasi dan dijalankan. Perhatikan contoh program berikut:

Contoh:

// Program C++ untuk

// menampilkan  "Hello World".


// File Header untuk fungsi

// input dan fungsi output.

#include <iostream>

using namespace std;


// Fungsi Main(): dimana

// proses eksekusi program

// dimulai.

int main()

{


// Mencetak hello world

cout << "Hello World";


return 0;

}

Output:
Hello World

Mari pahami setiap untaian baris pada contoh program beserta terminologinya:
  • // C++ program to display “Hello World”: Bari ini merupakan baris komentar, dimana sebuah komentar digunakan untuk menampilkan informasi tambahan tentang program yang sedang dibuat. Baris komentar tidak mengandung logika program apapun. Ketika sebuah komentar diperiksa oleh kompilator, maka secara sederhana kompilator akan melewatkan baris komentar tersebut dan menuju ke baris program setelahnya. Setiap baris program yang diawali dengan perintah '//' tanpa disertai tanda kutip atau setiap baris yang disertai dengan tanda /*…*/ pada C++ akan dianggap sebagai sebuah komentar.
  • #include: Pada C++, semua baris yang dimulai dengan tanda '#' disebuat sebagai direktif yang akan diproses oleh preprosesor yang merupakan sebuah program yang dipanggil oleh kompilator dari bagian file library. Direktif '#include' memberitahukan kompilator untuk memasukkan sebuah file, dan #include<iostream> akan memberitahukan kompilator untuk memasukkan file iostream yang mengandung deklarasi dari semua fungsi library standar input/output.
  • using namespace std: Baris perintah ini digunakan untuk mengimport semua std namespace ke namesspace saat ini dari program. Statement yang menggunakan namespace std umumnya merupakan bentuk praktik yang kurang baik dalam proses pembuatan kode program, karena ketika dilakukan proses import sebuah namespace, maka secara umum juga dilakukan proses pemenuhan semua tipe definisi ke satu scope fungsi program, dimana hal tersebut sudah pasti akan membebani memori komputer karena ukuran dari std namespace adalah sangat besar. Sebagai alternatif dari penggunaan statement tersebut, maka dapat dilakukan spesifikasi namespace terhadap identifier yang membutuhkan, dengan menggunakan operator operator '::' setiap kali dilakukan sebuah deklarasi tipe.
  • int main(): Baris kode program ini digunakan untuk mendeklarasikan sebuah fungsi dengan nama "main" yang akan mengembalikan data dengan tipe integer atau tipe bilangan bulat. Sebuah fungsi merupakan sekelompok statement yang dirancang untuk melakukan performa terhadap suatu tugas khusus. Eksekusi program dari program C++ selalu dimulai dari fungsi main() function, tidak peduli dimana posisi dari fungsi tersebut diletakkan pada baris program. Sehingga, setiap program C++ harus memiliki fungsi main() tersebut.
  • { and }: Tanda buka dan tutup kurung '{' mengindikasikan awalan dan penutupan dari fungsi main. Setiap program yang akan dieksekusi pada C++, dapat diletakkan diantara dua tanda tersebut pada fungsi main.
  • std::cout<<“Hello World”;: Baris program ini memberitahukan kompilator untuk menampilkan pesan "Hello World" pada layar monitor. Baris kode program ini disebut sebagai baris statement pada C++. Setiap statement bertugas untuk melakukan perintah tertentu pada program. Tanda semi-colon ';' digunakan untuk mengakhiri sebuah statement. Tanda Semi-colon pada bagian akhir dari statement digunakan untuk mengindikasikan bahwa statement telah berakhir pada bagian tersebut. Baris perintah std::cout digunakan untuk mengindentifikasi standar karakter perangkat output yang umumnya merupakan desktop screen. Setiap perintah yang diikuti dengan karakter "<<" akan ditampilkan pada perangkat output.
  • return 0;: Merupakan sebuah statement yang digunakan untuk mengembalikan sebuah nilai dari sebuah fungsi dan mengindikasikan bahwa sebuah fungsi telah selesai menjalankan tugasnya. Statement ini secara dasar digunakan pada fungsi untuk mengembalikan nilai hasil dari operasi dari sebuah fungsi.
  • Indentation: Berfungsi untuk membuat kode program untuk lebih mudah dibaca. Pada program C++ seperti "Hello World", program tersebut tidak perlu menampung banyak perubahan, namun ketika kode program yang dibuat menjadi lebih kompleks, maka penggunaan indentasi dapat mempermudah proses pembuatan kode program sehingga menjadi lebih mudah untuk dibaca, dan mengurangi error. Selalu gunakan indentasi dan komentar pada program yang dibuat, untuk mempermudah membaca kode program yang telah dibuat tersebut.

Catatan:
  • Selalu gunakan file header yang dibutuhkan untuk eksekusi fungsi secara lebih baik. Contoh, <iostream> disertakan untuk penggunaan use std::cin dan std::cout.
  • Eksekusi kode program C++ dimulai dari fungsi main().
  • Merupakan permulaan yang baik untuk menggunakan indentasi dan komentar pada program yang dibuat untuk mempermudah pemahaman kode program yang telah dibuat.
  • cout digunakan untuk mencetak statement dan cin digunakan untuk mengambil nilai input dari perangkat input, seperti keyboard.

Artikel ini didedikasikan kepada: Adi Guna Wibawa, Agusta Leoni Elfrida Purwasih, Aldi Febriyanto, Alfonsus Dhimas Arai Bimasakti, dan Aliza Shamita.

5 komentar untuk "Membuat Program C++ dan Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan program C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program C++ merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang berorientasi object yang memberikan struktur yang jelas pada program dan memungkinkan kode program untuk digunakan kembali, dan menurunkan biaya pengembangan yang biasa digunakan pada pembuatan program.

      Hapus
    2. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek atau OOP yang dipandang sebagai bahasa pemrograman terbaik untuk membuat aplikasi dalam skala besar.

      Hapus
    3. Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa pemrograman terbaik yang bertujuan untuk mengembangkan sistem operasi, browser, game, dan lain sebagainya.

      Hapus
    4. Program c++ merupakan program yang bertujuan untuk pengembangan umum, bersifat case sensitif, yang penggunaannya dapat didukung dalam skala bebas yang berorientasi objek, prosedural, dan generik.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -