Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menghapus File Bahasa C Menggunakan Fungsi Remove

Fungsi remove pada bahasa C merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk menghapus sebuah file dalam suatu direktori penyimpanan dokumen pada komputer. Fungsi remove akan mengembalikan nilai 0 jika file telah berhasil dihapus secara sukses, jika tidak maka akan mengembalikan nilai non-zero.


Mengahpus File Bahasa C Menggunakan Fungsi Remove
Mengahpus File Bahasa C Menggunakan Fungsi Remove


Sebelum mempelajari materi tentang Menghapus File Bahasa C Menggunakan Remove, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi FSEEK Bahasa C dan Penjelasannya [klik]Fungsi FTELL Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik], dan Fungsi LSEEK Bahasa C dan Penjelasannya [klik].

Contoh:

#include<stdio.h>


int main()

{

if (remove("abc.txt") == 0)

printf("Deleted

 successfully");


else

printf("Unable to delete the

 file");


return 0;

}


Dengan menggunakan fungsi remove() pada bahasa C, maka dapat dibuat sebuah program yang dapat digunakan untuk menghancurkan dirinya sendiri setelah proses kompilasi program dieksekusi.

Penjelasan: Proses penghapusan file dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi remove pada bahasa C. Perlu diperhatikan, bahwa proses penghapusan file ini dilakukan di dalam lingkungan Linux. Jadi, fungsi remove diberi parameter pertama dalam suatu argumen baris perintah yaitu file yang dapat dieksekusi, yang dibuat setelah kompilasi program. Oleh karena hal tersebut, maka program yang digunakan untuk membuka suatu file selanjutnya dapat digunakan untuk memusnahkan suatu file.

Baca Juga:

Contoh:

#include<stdio.h>

#include<stdlib.h>


int main(int c, char *argv[])

{

printf("By the time you will

 compile me I will be

 destroyed \n");


// Pointer array untuk

// memerintah baris argumen.

remove(argv[0]);


// Catatan: argv[0] akan

// mengandung file eksekusi.

return 0;

}

Output:
By the time you will compile me I will be destroyed

Setelah pesan peringatan tersebut muncul pada layar monitor, maka file telah berhasil dihapus dari direktori penyimpanan.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: ListianingsihLovioleta Rifani Putri AzzahraLuqman Nur AlifLutfiatur Rohmah, dan Maerena Tia Amanda.

5 komentar untuk "Menghapus File Bahasa C Menggunakan Fungsi Remove"

  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi remove pada Bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi remove merupakan fungsi yang terdapat dalam pemrograman bahasa C yang digunakan untuk menghapus file tertentu.

      Hapus
    2. Fungsi remove merupakan fungsi bahasa C yang termasuk ke dalam file pustaka header standar C studio H.

      Hapus
  2. Kenapa suatu file harus dihapus menggunakan fungsi remove pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada hal yang dapat berjalan sempurna di muka bumi ini, termasuk file yang baru dibuat oleh seseorang ketika menjalan suatu program menggunakan bahasa C, dan guna mengantisipasi kesalahan membuatan tersebut, maka digunakanlah fungsi hapus untuk menghapus kesalahan yang tanpa sengaja tersimpan ke dalam file atau dokumen.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -