Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuis Informatika Materi Array C++

Berikut ditampilkan form pengiriman jawaban dari pertanyaan kuis yang diberikan pada mata pelajaran informatika.

Sebelum mengerjakan Kuis Informatika Materi Array C++, peserta didik juga dapat mempelajari materi tentang: Periksa Data Pokok Peserta Didik SMAN 8 Semarang, SNBP 2024 Syarat dan Ketentuannya, dan Kuis Informatika Materi Operator Input Output C++.

Petunjuk Pengerjaan:

  • Peserta didik diberikan salah satu dari 36 jenis pertanyaan oleh guru SECARA ACAK.
  • Setelah mendapatkan soal, peserta didik mengerjakan soal tersebut di perangkat komputer masing-masing.
  • Setelah selesai, silahkan menunggu konfirmasi dari guru yang bersangkutan.
  • Jika ada yang tidak jelas, dapat ditanyakan kepada guru melalui kolom komentar.

Catatan:
  • Pastikan menyertakan nama dan kelas ketika mengirimkan jawaban pada kolom komentar, biar guru tidak bingung dalam mengoreksi jawaban.
  • Jawaban yang sudah dikirimkan tidak dapat direvisi kembali. Namun, bisa menyertakan koreksi kembali bila salah, dengan cara mengirimkan pesan lanjutan pada kolom komentar.

Kuis Yang Dikerjakan: 

Pilih salah satu dari soal berikut, dimana soal akan ditentukan oleh guru secara acak.
  • Soal 01: Buatlah program C++ untuk menyimpan 20 nilai dalam variabel array yang menampilkan hasil penjumlahan dari ke-20 nilai tersebut.
  • Soal 02: Buatlah program C++ untuk menyimpan 20 nilai dalam variabel array yang menampilkan hasil rata-rata dari ke-10 nilai tersebut.
  • Soal 03: Buatlah program C++ untuk menyimpan 20 nilai dalam variabel array yang menampilkan hasil potongan diskon sebesar 5% dari total ke-10 nilai tersebut.
  • Soal 04: Buatlah program C++ untuk menyimpan 20 nilai dalam variabel array yang menampilkan hasil perkalian dari ke-10 nilai tersebut.
  • Soal 05: Buatlah program C++ untuk menciptakan 3 buah variabel array untuk tiga orang siswa, dimana setiap variabel array tersebut terdiri dari 3 indeks nilai, dimana setiap indeks nilai tersebut berfungsi untuk menyimpan data dari siswa yang terdiri dari nomor absen, tinggi badan, dan berat badan, dan kemudian menampilkannya dalam hasil output.
  • Soal 06: Barisan aritmatika adalah urutan bilangan dimana setiap suku berbeda dari suku sebelumnya dengan selisih tetap. Pola ini dapat dijelaskan dengan rumus umum an = a1 + (n-1)d, di mana an dalah suku ke-n, aadalah suku pertama, n adalah indeks suku, dan d adalah selisih antara suku-suku berturut-turut. Berdasarkan persamaan tersebut, maka buatlah sebuah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 20 barisan suku aritmatika pertama dari nilai input a1 = 2, dan d = 3 (Catatan: outputnya adalah 2, 5, 8, 11, 14, ..., suku ke-20)
  • Soal 07: Barisan aritmatika adalah urutan bilangan dimana setiap suku berbeda dari suku sebelumnya dengan selisih tetap. Pola ini dapat dijelaskan dengan rumus umum an = a1 + (n-1)d, di mana an dalah suku ke-n, aadalah suku pertama, n adalah indeks suku, dan d adalah selisih antara suku-suku berturut-turut. Berdasarkan persamaan tersebut, maka buatlah sebuah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 19 barisan suku aritmatika pertama dari nilai input a1 = 1/2, dan d = 1/4 (Catatan: outputnya adalah 1/2, 3/4, 1, 5/4, 3/2, ..., suku ke-19. Nilai boleh dalam bentuk berkoma).
  • Soal 08: Barisan aritmatika adalah urutan bilangan dimana setiap suku berbeda dari suku sebelumnya dengan selisih tetap. Pola ini dapat dijelaskan dengan rumus umum an = a1 + (n-1)d, di mana an dalah suku ke-n, aadalah suku pertama, n adalah indeks suku, dan d adalah selisih antara suku-suku berturut-turut. Berdasarkan persamaan tersebut, maka buatlah sebuah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 17 barisan suku aritmatika pertama dari nilai input a1 = 100, dan d = -5 (Catatan: outputnya adalah 100, 95, 90, 85, 80, ..., suku ke-17).
  • Soal 09: Barisan aritmatika adalah urutan bilangan dimana setiap suku berbeda dari suku sebelumnya dengan selisih tetap. Pola ini dapat dijelaskan dengan rumus umum an = a1 + (n-1)d, di mana an dalah suku ke-n, aadalah suku pertama, n adalah indeks suku, dan d adalah selisih antara suku-suku berturut-turut. Berdasarkan persamaan tersebut, maka buatlah sebuah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 21 barisan suku aritmatika pertama dari nilai input a1 = -2, dan d = -3 (Catatan: outputnya adalah -2, -5, -10, -17, -16, ..., suku ke-21).
  • Soal 10: Barisan aritmatika adalah urutan bilangan dimana setiap suku berbeda dari suku sebelumnya dengan selisih tetap. Pola ini dapat dijelaskan dengan rumus umum an = a1 + (n-1)d, di mana an dalah suku ke-n, aadalah suku pertama, n adalah indeks suku, dan d adalah selisih antara suku-suku berturut-turut. Berdasarkan persamaan tersebut, maka buatlah sebuah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 18 barisan suku aritmatika pertama dari nilai input a1 = -4, dan d = -4 (Catatan: outputnya adalah -4, -8, -12, -16, -20, ..., suku ke-18).
  • Soal 11: Buatlah program C++ yang mengonversi input mata uang Rupiah (Indonesia) ke ouput Dollar (Amerika), Yen (Jepang), Rupe (India), Peso (Argentina), dan Won (Korsel) yang nilainya disimpan dalam satu variabel array.
  • Soal 12: Buatlah program C++ yang mengonversi input suhu celcius ke output Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin yang nilainya disimpan dalam satu variabel array.
  • Soal 13: Buatlah program C++ yang mengonversi input satuan waktu detik ke output menit, jam, dan hari yang nilainya disimpan dalam satu variabel array.
  • Soal 14: Buatlah program C++ yang mengonversi input satuan milimeter ke output centimeter, desimeter, meter, dekameter, hektometer, dan kilometer yang nilainya disimpan dalam satu variabel array.
  • Soal 15: Buatlah program C++ yang mengonversi input satuan mililiter ke output kiloliter, hektoliter, dekaliter, liter, desiliter, dan centiliter yang nilainya disimpan dalam satu variabel array.
  • Soal 16: Barisan geometri adalah suatu barisan bilangan dimana setiap suku diperoleh dari suku sebelumnya dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio (r). Rumus umum suku ke-n dalam suatu barisan geometri adalah an = a1 × r^(n−1), dimana an adalah suku ke-n, a1 adalah suku pertama, r adalah rasio, dan n adalah indeks suku. Berdasarkan persamaan tersebut, buatlah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 21 barisan geometri pertama dari nilai input a1 = 2, dan r = 3 (Catatan: ouputnya adalah 2, 6, 18, 54, 162, ..., suku ke-21).
  • Soal 17: Barisan geometri adalah suatu barisan bilangan dimana setiap suku diperoleh dari suku sebelumnya dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio (r). Rumus umum suku ke-n dalam suatu barisan geometri adalah an = a1 × r^(n−1), dimana an adalah suku ke-n, a1 adalah suku pertama, r adalah rasio, dan n adalah indeks suku. Berdasarkan persamaan tersebut, buatlah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 20 barisan geometri pertama dari nilai input a1 = 3, dan r = 1/2 (Catatan: ouputnya adalah 3, 3/2, 3/4, 3/8, 3/16, ..., suku ke-20).
  • Soal 18: Barisan geometri adalah suatu barisan bilangan dimana setiap suku diperoleh dari suku sebelumnya dengan mengalikan suku sebelumnya dengan suatu bilangan tetap yang disebut rasio (r). Rumus umum suku ke-n dalam suatu barisan geometri adalah an = a1 × r^(n−1), dimana an adalah suku ke-n, a1 adalah suku pertama, r adalah rasio, dan n adalah indeks suku. Berdasarkan persamaan tersebut, buatlah program menggunakan C++ untuk menyimpan nilai output dalam variabel array untuk 20 barisan geometri pertama dari nilai input a1 = -4, dan r = -2 (Catatan: ouputnya adalah −4, 8, −16, 32, −64, ..., suku ke-20).

Mengenal dan Menguasai Array dalam Pemrograman C++

Penggunaan array adalah salah satu aspek fundamental dalam pengembangan perangkat lunak, dan dalam bahasa pemrograman C++, array menjadi struktur data yang kuat dan fleksibel. Artikel ini akan membahas pengertian array, cara deklarasinya, operasi yang dapat dilakukan, dan contoh implementasinya dalam C++.

Pengertian Array

Array adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan kumpulan data sejenis secara terorganisir dalam satu variabel. Dalam C++, array dapat berupa tipe data dasar seperti int, float, char, atau bahkan tipe data yang lebih kompleks seperti class.

Deklarasi dan Inisialisasi Array

Deklarasi array di C++ dilakukan dengan menyebutkan tipe datanya, diikuti dengan nama array dan jumlah elemennya dalam kurung siku. Contoh:
int angka[5];  // Mendeklarasikan array angka dengan 5 elemen bertipe int

Array dapat diinisialisasi saat deklarasi atau setelahnya:
int angka[5] = {1, 2, 3, 4, 5};  // Inisialisasi array saat deklarasi

Akses Elemen Array

Elemen-elemen array diakses menggunakan indeks. Penting untuk diingat bahwa indeks array dimulai dari 0. Contoh:
int nilai = angka[2];  // Mengakses nilai elemen ketiga (indeks 2) dari array angka

Berikut adalah contoh program sederhana menggunakan array dalam bahasa pemrograman C++. Program ini mendeklarasikan, menginisialisasi, dan mencetak elemen-elemen array.

Contoh:

#include <iostream>

int main() {

// Deklarasi dan 

// inisialisasi array

int angka[5] = {10, 20, 30, 40, 50};


// Menampilkan 

// elemen-elemen array

std::cout << "Elemen-elemen array: ";


std::cout << angka[0] << " ";

std::cout << angka[1] << " ";

std::cout << angka[2] << " ";

std::cout << angka[2] << " ";

std::cout << angka[4] << " ";

return 0;

}

Output:
Elemen-elemen array: 10 20 30 40 50 

Program yang diperlihatkan sebelumnya hanya contoh sederhana, namun mencakup beberapa aspek penting dalam penggunaan array, seperti deklarasi, dan inisialisasi. Peserta didik dapat memodifikasi dan memperluas program ini sesuai kebutuhan untuk menjelajahi lebih lanjut konsep array dalam C++.

Berikut adalah contoh program C++ yang menggunakan std::cin untuk meminta input dari pengguna untuk mengisi elemen-elemen array:

Contoh:

#include <iostream>


int main() {

int angka[4];


// Meminta input dari

// pengguna untuk mengisi

// elemen-elemen array

std::cout  << "Masukkan angka:\n";


std::cout << "Angka ke-0: ";

std::cin  >> angka[0];

std::cout << "Angka ke-1: ";

std::cin  >> angka[1];

std::cout << "Angka ke-2: ";

std::cin  >> angka[2];

std::cout << "Angka ke-3: ";

std::cin  >> angka[3];


// Menampilkan 

// elemen-elemen array 

// yang telah diisi

std::cout << "\nElemen-elemen array yang dimasukkan:\n";


std::cout << "Angka ke-0: " 

<< angka[0] << "\n";

std::cout << "Angka ke-1: " 

<< angka[1] << "\n";

std::cout << "Angka ke-2: " 

<< angka[2] << "\n";

std::cout << "Angka ke-3: " 

<< angka[3] << "\n";


return 0;}


Program ini memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengisi elemen-elemen array sesuai dengan panjang yang ditentukan. Jika ingin mengubah panjang array atau melakukan operasi lainnya, peserta didik dapat mengadaptasi program ini sesuai kebutuhan.

43 komentar untuk "Kuis Informatika Materi Array C++"

  1. Balasan
    1. Array dalam C++ adalah struktur data yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data sejenis dalam satu variabel.

      Hapus
  2. Bagaimana cara mendeklarasikan array dalam C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array dideklarasikan dengan menentukan tipe datanya, diikuti oleh nama array dan jumlah elemennya, seperti int angka[5];.

      Hapus
  3. Apakah indeks array dimulai dari 0 atau 1 dalam C++?

    BalasHapus
  4. Apa perbedaan antara array satu dimensi dan array dua dimensi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array satu dimensi memiliki satu set elemen, sedangkan array dua dimensi memiliki dua dimensi, seperti baris dan kolom.

      Hapus
  5. Bagaimana cara mengakses elemen tertentu dalam array?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen-elemen array diakses menggunakan indeks, misalnya, angka[3] untuk mengakses elemen keempat.

      Hapus
  6. Mengapa penting untuk mengetahui panjang array dalam program C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang array penting untuk menghindari akses elemen di luar batas array yang dapat menyebabkan undefined behavior.

      Hapus
  7. Bagaimana cara menginisialisasi nilai awal untuk setiap elemen dalam array?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array dapat diinisialisasi saat deklarasi dengan menyediakan nilai awal, misalnya, int angka[] = {1, 2, 3};.

      Hapus
  8. Apa yang dimaksud dengan array statis dan array dinamis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array statis memiliki ukuran yang tetap pada saat kompilasi, sedangkan array dinamis ukurannya dapat diubah selama runtime.

      Hapus
  9. Bagaimana cara menggunakan loop untuk mengakses dan memanipulasi elemen array?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loop dapat digunakan untuk mengakses dan memanipulasi elemen array, seperti dalam loop for atau while.

      Hapus
  10. Bagaimana cara mencari nilai maksimum dalam array?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencari nilai maksimum melibatkan pengecekan setiap elemen array dan membandingkannya dengan nilai maksimum sementara.

      Hapus
  11. Jelaskan konsep array bersarang (nested array)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array bersarang adalah array yang berada di dalam array lain, membentuk struktur data dua dimensi atau lebih.

      Hapus
  12. Apa itu array of pointers dalam C++ dan bagaimana cara menggunakannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array of pointers adalah array yang berisi alamat memori dari variabel-variabel lain.

      Hapus
  13. Bagaimana cara menggabungkan dua array menjadi satu array baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dua array dapat digabungkan dengan menggabungkan elemennya atau dengan membuat array baru dan menyalin elemen-elemen dari kedua array.

      Hapus
  14. Bagaimana menghitung rata-rata nilai dalam array?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata nilai dalam array dihitung dengan menjumlahkan semua elemen dan membaginya dengan jumlah elemen.

      Hapus
  15. Apa yang dimaksud dengan array string dalam C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array string adalah array karakter yang digunakan untuk menyimpan dan memanipulasi string dalam C++.

      Hapus
  16. Bagaimana cara mencari panjang string dalam array string?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang string dalam array string dapat dihitung dengan menggunakan fungsi strlen atau dengan melakukan iterasi sampai menemui karakter null ('\0').

      Hapus
  17. Jelaskan konsep array sebagai parameter dalam fungsi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array dapat digunakan sebagai parameter dalam fungsi dengan menyertakan tipe data array dan ukurannya dalam definisi fungsi.

      Hapus
  18. Apa itu array multidimensi dan berikan contoh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array multidimensi adalah array yang memiliki dua atau lebih dimensi, seperti array dua dimensi yang merepresentasikan matriks.

      Hapus
  19. Bagaimana cara mengalokasikan memori untuk array dinamis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memori untuk array dinamis dapat dialokasikan menggunakan operator new atau fungsi malloc dalam C++.

      Hapus
  20. Bagaimana cara mengurutkan elemen array dalam urutan menaik (ascending) menggunakan algoritma pengurutan sederhana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Array dapat diurutkan secara menaik menggunakan berbagai algoritma pengurutan, seperti algoritma pengurutan gelembung atau pengurutan penyisipan.

      Hapus
  21. Pusing aku pak guru kalo soal Aray C++ dan sejenisnya. Aku tahunya hanya menulis saja lalu publish.😂

    BalasHapus
  22. Duh, sedih saya. Karena sudah lama tidak berjumpa pelajaran apapun. Tak ada yang ingat suatuateri pun

    BalasHapus
  23. Duh , jadi ingat masa sekolah dulu. Jujur, Sekarang tiada satu pun materi pelajaran ini yang ngangkut di memori saya. Hehe

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -