Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tag Doctype HTML dan Penjelasannya

Doctype atau deklarasi tipe dokumen adalah instruksi yang memberitahukan web browser tentang markup language yang saat ini sedang dipergunakan pada browserDoctype bukanlah elemen ataupun tag. Fungsi dari doctype berguna untuk memberitahukan browser tentang versi atau standar dari HTML atapun markup language lainnya yang akan digunakan pada dokumen.


Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Tag Doctype HTML dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Cara Memecah Kalimat dengan Tag WBR HTML5 [klik], Membuat Kesimpulan Menggunakan Tag Summary HTML5 [klik], dan Membuat Teks Kecil di Tas Huruf Menggunakan Tag Ruby HTML5 [klik].

Deklarasi dari doctype: Deklarasi sebuah DOCTYPE muncul dibagian atas dari laman web sebelum elemen lainnya muncul. Menurut standar aturan HTML, setiap dokumen HTML dipersyaratkan untuk memunculkan tipe deklarasi untuk memastikan bahwa halaman web yang akan ditampilkan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan pada laman web.

Doctype untuk HTML5 bersifat case-insensitive dan dapat ditulis sebagai berikut:
< !DOCTYPE html >

Baca Juga: 

Pemakaian Doctype: pada versi HTML4.01 penggunaansecara penuh Standar Generalized Markup Language (SGML), maka penggunaan dari deklarasi DOCTYPE adalah untuk menciptakan referensi ke definisi tipe dokumen (DTD).

Definisi tipe dokumen atau Document Type Definition (DTD) bertanggungjawab untuk pengaturan spesifik dari Standar Generalized Markup Language (SGML) sehingga browser dapat memproses konten secara benar. Tetapi pada HTML5, penggunaan DOCTYPE bukanlah suatu keharusan untuk sebuah referensi definisi tipe dokumen (DTD), karena HTML5 tidak berbasis Standar Generalized Markup Language (SGML).

Pada HTML5, deklarasi DOCTYPE hanya dipersyaratkan untuk pengadaan mode standar dari penulisan dokumen. Berikut ini adalah contoh program HTML dengan deklarasi doctype:

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

HTML Doctypes

</title>

</head>

 

<body>

<p>

HTML is easy to learn.

</p>

</body>

 

</html>

Output:
HTML is easy to learn.

Berikut ini adalah daftar dari beberapa deklarasi doctype untuk versi berbeda dari HTML dan XHTML:

HTML5
<!DOCTYPE html>

HTML 4.01 Strict
Pada definisi tipe dokumen (DTD) HTML 4.01 Strict semua elemen dan atribut yang terlibat tidak akan muncul pada frameset dokumen.
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/strict.dtd">

HTML4.01 Tradisitional
Pada HTML 4.01 Tradisional definisi tipe dokumen (DTD) memungkinkan beberapa atribut dan PUBLIC lama yang sudah tidak dipakai lagi.

HTML4.01 Frameset
Pada HTML4.01 Frameset definisi tipe dokumen (DTD) dapat digunakan.
<!DOCTYPE HTML PUBLIC "-//W3C//DTD HTML 4.01 Frameset//EN"
"http://www.w3.org/TR/html4/frameset.dtd">

XHTML1.0 Strict
Pada XHTML1.0 Strict definisi tipe dokumen (DTD) tag lama atau usang sudah tidak digunakan lagi dan kode harus ditulis dalam bentuk XML.
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd">

XHTML1.0 Tradisional
Pada XHTML1.0 Tradisional definsi tipe dokumen (DTD) yang telah usang masih dapat digunakan.
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">

XHTML1.0 Frameset
Pada XHTML1.0 Frameset definisi tipe dokumen (DTD) dapat menggunakan frameset.
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Frameset//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-frameset.dtd">

XHTML1.1
Pada XHTML1.1 definisi tipe dokumen (DTD) memungkinkan untuk menambahan modul.
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.1//EN"
"http://www.w3.org/TR/xhtml11/DTD/xhtml11.dtd">

8 komentar untuk "Tag Doctype HTML dan Penjelasannya"

  1. Apa fungsi doctype pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deklarasi tipe dokumen HTML atau dikenal dengan istilah DOCTYPE, merupakan baris kode pertama yang diperlukan pada setiap dokumen HTML atau XHTML. Deklarasi tersebut merupakan instruksi ke browser HTML yang digunakan untuk mengetahui jenis atau tipe HTML apa yang digunakan dalam menulis program, serta definisi struktur dan elemen apa yang digunakan dari dokumen.

      Hapus
  2. Apakah deklarasi Doctype perlua pada setiap file html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua browser membutuhkan deklarasi doctype. Tanpa deklarasi tersebut maka browser akan secara paksa melakukan render dalam mode quirks. Deklarasi doctype merpakan deklarasi dari versi HTML sebelumnya yang lebih panjang karena bahasa HTML berbasis SGML dan oleh karena itu memerlukan referensi ke DTD.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan SGML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SGML adalah akronim dari Standard Generalized Markup Language yang merupakan bentuk bahasa untuk mendefinisikan bahasa markup seperti HTML dan jug adigunakan untuk menentukan aturan yang menandai elemen dalam suatu dokumen.

      Hapus
  4. Apa yang dimaksud dengan DTD?

    BalasHapus
    Balasan
    1. DTD merupakan akronim dari Document Type Definition. DTD digunakan untuk menetapkan aturan untuk bahasa markup, sehingga browser dapat membuat konten halaman yang sesuai dengan jenis bahasa yang digunakan.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -