Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Entitas Reserved HTML dan Fungsinya

HTML menyediakan beberapa method untuk menampilkan reserved karakter. Reserved karakter adalah karakter yang tersembunyi untuk HTML atau tidak ditampilkan pada papan keyboard dasar.



Sebelum mempelajari materi tentang Entitas Reserved HTML dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi SVG pada HTML, Penggunaan Canvas pada HTML, dan Elemen Kode Komputer HTML dan Fungsinya.

Entitas Reserved dalam HTML merujuk pada karakter-karakter tertentu yang memiliki makna khusus dalam bahasa markup HTML. Karakter-karakter ini sebenarnya digunakan untuk keperluan sintaksis HTML itu sendiri, dan jika pengembang ingin menampilkan karakter-karakter ini di dalam dokumen HTML, maka pengembang harus menggunakan entitas HTML.


Entitas Reserved umumnya digunakan untuk mencegah karakter-karakter tersebut ditafsirkan oleh browser sebagai bagian dari sintaks HTML. Ketika browser menemukan karakter-karakter ini di dalam konten HTML, yang bisa saja dianggap sebagai kode HTML atau menyebabkan masalah dalam tampilan halaman web.

Contoh: Karakter '<' adalah karakter tersembunyi pada bahasa HTML. Terkadang karakter tersebut jika ditampilkan pada halaman website dapat menciptakan ambiguitas pada pembuatan halaman website, sehingga karakter-karakter tersebut yang jarang sekali ditampilkan pada papan keyboard ( £, ¥, €, ©, dan lain sebagainya ). 

HTML menyediakan entitas nama dan entitas angka untuk digunakan sebagai simbol pengganti dari reserved karakter tersebut, karena entitas angka sangatlah mudah untuk dipelajari dan ditampilkan pada halaman website tanpa menimbulkan permasalahan yang serius pada program. Berikut ini beberapa entitas angka dan entitas nama seperti diperlihatkan pada tabel 1 sebagai berikut:

Tabel 1 Entitas Karakter Reserved
NotasiSimbolNama EntitasNomor Entitas
 non-breaking space&nbsp;

 
<kurang dari&lt;

<
®registered trademark&reg;

®
©copyright&copy;

©
euro&euro;

¥yen&yen;

¥
£pound&pound;

£
¢cent&cent;

¢
"tanda petik ganda&quot;

"
&ampersand&amp;

&
>lebih dari&gt;>



partial differential&part;∂<


terdapat&exist;


set kosong&empty;
nabla&nabla;

elemen dari&isin;

bukan elemen dari&notin;

himpunan bagian&#&ni;

8715
N-ARY PRODUCT&prod;

N-ARY SUMMATION&sum;

ΑAlpha&Alpha;

Α
ΒBeta&Beta;

Β
ΓGamma&Gamma;

Γ
Δdelta&Delta;

Δ
ΕEpsilon&Epsilon;Ε
ΖZeta&Zeta;

Ζ
BLACK HEART SUIT&hearts;

BLACK CLUB SUIT&clubs;

BLACK SPADE SUIT&spades;

panah ke bawah&darr;

panah ke kanan&rarr;

panah ke atas&uarr;

panah ke kiri&larr;

TRADEMARK&trade;

BLACK DIAMOND SUIT

°derajat&deg;

°
tak terhingga&infin;

per-mille&permil;

titik perkalian&sdot;

±kurang lebih&plusmn;±
hermitian&dagger;

&mdash;

¬&not;

¬
µMicro (mu)&micro;

µ
falsum&perp;

paralel&par;


Baca Juga:
Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

HTML Entities

</title>

</head>

 

<body>

<p>

Menampilkan simbol euro €

</p>

 

<p>

Menampilkan simbol cent ¢

</p>

 

<p>

Menampilkan simbol Copyright ©

</p>

 

<p>

Menampilkan simbol BLACK DIAMOND SUIT

</p>

 

<p>

Menampilkan simbol TRADEMARK ™

</p>

</body>

 

</html>

Output:

Menampilkan simbol euro €

Menampilkan simbol cent ¢

Menampilkan simbol Copyright ©

Menampilkan simbol BLACK DIAMOND SUIT ♦

Menampilkan simbol TRADEMARK ™


Berikut beberapa contoh Entitas Reserved yang sering digunakan, beserta penggunaannya dalam HTML:
  • &lt; dan &gt; - Entitas &lt; digunakan untuk merepresentasikan karakter "kurang dari" (<) dan &gt; digunakan untuk merepresentasikan karakter "lebih dari" (>). Ini sangat penting saat ingin menampilkan kode HTML di dalam dokumen HTML tanpa membuat browser menganggapnya sebagai tag HTML sebenarnya. Contoh: <p>Contoh penggunaan entitas &lt;p&gt; dalam HTML.</p>.
  • &amp; - Entitas &amp; digunakan untuk merepresentasikan karakter ampersand (&). Ini diperlukan ketika ingin menampilkan teks yang mengandung karakter ampersand tanpa membuat browser memperlakukannya sebagai awal dari entitas HTML. Contoh: <p>Cara menambahkan simbol &amp; pada dokumen HTML.</p>.
  • &quot; dan &apos; - Entitas &quot; digunakan untuk merepresentasikan tanda kutip ganda (") dan &apos; digunakan untuk merepresentasikan tanda kutip tunggal ('). Ini berguna ketika ingin menulis string dalam atribut HTML yang sudah menggunakan tanda kutip. Contoh: <p>Atribut <code>title</code> dapat menggunakan entitas &quot;untuk tanda kutip&quot;.</p>.
  • &nbsp; - Entitas &nbsp; digunakan untuk merepresentasikan spasi non-breaking. Ini berguna ketika ingin memasukkan spasi yang tidak diizinkan untuk dipecah oleh browser. Contoh: <p>Membuat &nbsp;kata&nbsp; tanpa spasi diantaranya.</p>, yang digunakan untuk menampilkan dua kata tanpa spasi.

Entitas Reserved dalam HTML memiliki beberapa kelebihan yang sangat penting dalam mengembangkan dokumen web yang bersih, dapat diinterpretasikan dengan benar, dan kompatibel dengan berbagai browser. Berikut adalah beberapa kelebihannya:
  • Keterbacaan dan Kejelasan Kode: Penggunaan Entitas Reserved memungkinkan pengembang untuk menampilkan karakter khusus, seperti tanda kurung, tanda kutip, atau simbol-simbol lainnya dalam dokumen HTML tanpa membingungkan browser. Ini membantu dalam mempertahankan keterbacaan kode HTML dan menghindari kesalahan interpretasi oleh browser.
  • Kompatibilitas Cross-Browser: Setiap browser web memiliki cara sendiri dalam menafsirkan karakter khusus. Dengan menggunakan Entitas Reserved, pengembang dapat memastikan bahwa karakter-karakter ini ditampilkan secara seragam di berbagai browser. Hal ini membantu mencegah perbedaan tampilan atau masalah kompatibilitas antar-browser.
  • Menghindari Konflik dengan Kode HTML: Beberapa karakter memiliki makna spesial dalam kode HTML, seperti simbol "less than" (<) atau "greater than" (>). Dengan menggunakan entitas HTML seperti &lt; dan &gt;, pengembang dapat memasukkan karakter-karakter ini dalam teks HTML tanpa membuat browser menganggapnya sebagai tag HTML. Ini menghindari konflik dan kesalahan dalam interpretasi kode.
  • Membuat Konten Lebih Aman dan Terlindungi: Dalam keamanan web, entitas HTML penting untuk menghindari serangan XSS (Cross-Site Scripting). Dengan menggunakan entitas Reserved, pengembang dapat mencegah pengguna yang jahat menyisipkan kode skrip berbahaya dengan memanipulasi karakter khusus dalam dokumen HTML.
  • Kemampuan Menampilkan Spasi Non-Breaking: Penggunaan entitas &nbsp; memungkinkan pengembang untuk menampilkan spasi non-breaking. Ini berguna ketika ingin mempertahankan hubungan erat antara dua kata atau elemen tanpa membiarkan browser memotong spasi di antaranya.
  • Fleksibilitas dalam Penggunaan Karakter Khusus: Dengan Entitas Reserved, pengembang dapat menampilkan karakter-karakter yang tidak mudah dikenali atau diinterpretasikan oleh browser dalam konteks HTML, termasuk simbol matematika, simbol mata uang, atau karakter bahasa lainnya.

Entitas Reserved adalah kumpulan karakter yang memiliki makna khusus dalam HTML. Penggunaannya penting untuk menghindari konflik atau kesalahan interpretasi dalam tampilan dokumen HTML. Dengan menggunakan entitas ini, pengembang dapat menampilkan karakter-karakter ini secara tepat dan aman dalam konten HTML tanpa mempengaruhi struktur dasar HTML.

Tidak hanya itu, Entitas Reserved dalam HTML adalah alat penting yang membantu pengembang dalam menyajikan karakter khusus secara tepat, mempertahankan keterbacaan dan kejelasan kode, serta menghindari konflik dan masalah kompatibilitas cross-browser. Dengan memahami dan menggunakan entitas Reserved secara tepat, dokumen HTML dapat ditampilkan dengan konsistensi dan keamanan yang lebih baik di berbagai platform dan perangkat.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Bagas Adi Pamungkas, Delyana Sukahar, Dwi Pratiwiningrum, Fahrunisa Rahma Dewi, dan Heru Prasetyo.

5 komentar untuk "Entitas Reserved HTML dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan entitas HTML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entitas HTML merupakan potongan teks atau string yang dimulai dengan tanda amperstand "&" dan diakhiri dengan tanda titik koma ";". Entitas digunakan untuk menampilkan karakter yang dipesan atau yang akan diinterpretasikan sebagai kode HTML, dan karakter yang tidak terlihat seperti karakter spasi.

      Hapus
    2. Karakter entitas merupakan konstruksi SGML yang merepresentasikan kumpulan karakter-karakter dokumen. Nama entitas diambil dari lampiran SGML yang didefinsikan pada standar ISO8879.

      Hapus
  2. Apa perbedaan antara emoji dan entitas pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emoji adalah ikon atau karakter digital yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau emosi tertentu. Emoji telah menjadi media komunikasi halus dalam beberapa dekade terakhir, sedangkan entitas adalah simbol khusus yang terdapat dalam standar ISO dan bukan bentuk ungkapan dari ekspresi apapun.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -