Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Array Shalow Copy Bahasa C dan Fungsinya

Pada bahasa C dan C++ array dapat membuat variabel struct menuju ke variabel lainnya dengan tipe data yang sama. Ketika diciptakan variabel struct menuju ke semua anggota dari variabel, maka variabel tersebut akan diduplikasikan ke variabel struct lainnya. 


2 Contoh Program Penggunaan Array Shalow Copy pada Bahasa C
Ilustrasi Array Shalow Copy Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Array Shalow Copy Bahasa C dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Menentukan Ukuran Variabel Array Bahasa C [klik], Sizeof untuk Parameter Array Bahasa C [klik], dan Menyimpan Tulisan Bahasa C Menggunakan String [klik].

Pada program C++ berikut variabel struct st1 mengandung pointer ke alokasi memori dinamis. Ketika st1 diarahkan menuju ke st2, maka pointer str dari st2 juga akan menuju ke lokasi memori yang sama. Bentuk duplikasi ini disebut dengan istilah shallow copy.


Contoh:

# include <iostream>

# include <string.h>

using namespace std;

 

struct test

{char *str;};

 

int main()

{

struct test st1, st2;

st1.str = new char[20];

strcpy(st1.str, "MakanNasiPadang");

 

st2 = st1;

st1.str[0] = 'X';

st1.str[1] = 'Y';

 

// Karena proses copy yang

// dangkal (shallow), maka

// kedua nilai string adalah

// sama

cout << "st1's str = " << st1.str << endl;

cout << "st2's str = " << st2.str << endl;

return 0;

}

Output:
st1’s str = XYkanNasiPadang
st2’s str = XYkanNasiPadang

Dari contoh program sebelumnya, hal yang perlu diingat adalah array tidak bisa melakukan shallow copiy, sehingga kompilator secara otomatis akan melakukan deep copy untuk anggota array. Pada program berikut struct test mengandung anggota array str[]. Ketika st1 diarahkan menuju ke st2, maka st2 akan memiliki duplikat baru dari array. Sehingga st2 tidak mengalami perubahan ketika str[] berubah dari posisi awal st1.

Contoh:

# include <iostream>

# include <string.h>

using namespace std;

 

struct test

{char str[20];};

 

int main()

{

struct test st1, st2;

strcpy(st1.str, "MakanNasiPadang");

 

st2 = st1;

st1.str[0] = 'X';

st1.str[1] = 'Y';

 

// Karena proses copy yang

// dalam (deep), maka nilai

// kedua array berbeda.

cout << "st1's str = " << st1.str << endl;

cout << "st2's str = " << st2.str << endl;

 

return 0;

}

Output:
st1’s str = XYkanNasiPadang
st2’s str = MakanNasiPadang


Oleh karena itu, untuk class pada C++, tidak perlu ditulis konstruktur salinan, juga operator penugasan yang digunakan untuk anggota array, karena sifat default-nya adalah deep copy ke array.

Artikel ini didedikasikan kepada: Ria Dwi Cristanti, Rosa Damayanti, Sebastianus Ferdian Aji Putra Pradana, Shania Putri Harlyyanti, dan Siska Rahma Sari.

5 komentar untuk "Array Shalow Copy Bahasa C dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan shallo copy pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shallow copy atau copy-an dangkal dalam konteks khusus berarti user melakukkan proses copy "referensi" baik itu berupa pointer, atau apapun datanya, ke dalam suatu objek, dan menyimpan dukungan referensinya atau pointer tersebut secara identik, pada lokasi yang sama dalam memori yang sama.

      Hapus
    2. Shallow copy adalah salinan yang berasal dari suatu object pada bahasa H. Object baru yang telah di-copy tersebut memiliki salinan yang sama persis dari nilai-nilai object aslinya. Jika salah satu bidang object tersebut adalah referensi ke object lain, maka hanya alamat referensinya saja yang disalin, yaitu berupa alamat memori.

      Hapus
  2. Apa perbedaan antara shallow copy dan deep copy pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shallow copy membangun object gabungan yang baru dan kemudian menyisipkannya ke referensi dalam object aslinya. Sedangkan deep copy membangun object gabungan baru dan secara rekursif menyisipkan salinan object tersebut ke lokasi aslinya secara mendalam (deep).

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -