Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cita-cita Zakiyah Nabighah Ufairah

Halo..! Perkenalkan nama saya Zakiyah Nabighah Ufairah. Saya biasa dipanggil Ufa. Ayah saya, Herry Soebono bekerja sebagai Wiraswasta. Dan ibu saya, Iin Nurbayyinah bekerja sebagai guru TK di TK Cinta Ananda Mijen. Saya mempunyai satu adik perempuan yang duduk di kelas 4 SD. Kami adalah 2 saudara. Saya tinggal di Bukit Beringin Lestari blok B no 50A RT 10 RW 14 Ngaliyan, Semarang.

Cita-cita Zakiyah Nabighah Ufairah
Cita-cita Zakiyah Nabighah Ufairah

Sebelum membaca tentang Cita-cita Zakiyah Nabighah Urairah, terlebih dahulu baca tentang: Cita-cita Salwa Kireina Fawwaz, Cita-cita Sanitya Gandari Novriyani, dan Cita-cita Shafira Angelina.

Motto hidup yang membuat saya tetap berjuang sampai sekarang adalah "Biarlah otakmu berimajinasi dan tubuhmu melakukan hal yang terbaik". Yang menjadikan saya sebagai manusia yang tak menyerah menggapai impian saya, karena dalam menggapai suatu impian tak hanya dengan berangan-angan, tapi juga harus melakukan hal tersebut untuk menggapai semua mimpi.

Saat SD, saya bersekolah di SDN Ngaliyan 01 Semarang. Di kelas 1 dan 2 adalah masa terakhir saya mengikuti banyak event lomba fashion show di luar sekolah. Selanjutnya saya berhenti karena orang tua mengharapkan agar fokus pada sekolah. Saat saya kelas 3, saya sempat mendapat penghargaan kecil berupa hadiah karena menang lomba Kartinian. Di kelas 6 juga, saya terpilih mengisi RRI karena saya mengikuti ekstrakurikuler paduan suara. Prestasi saya saat SD hanya sedikit dan tak pernah mendapat juara apapun. Namun saya tidak menyerah dan mengembangkan beberapa bakat saya di jenjang SMP. Setelah lulus, saya melanjutkan pendidikan saya di Pabelan Boarding School yang terletak di Mungkit, Magelang. Alasan saya melanjutkan pendidikan disana adalah adanya motivasi dari saudara saya yang merupakan alumni pondok tersebut. Disana, karakter kami dibentuk untuk menjadi lebih baik. Karena merupakan pondok bahasa, disana dianjurkan menggunakan bahasa asing (Inggris atau Arab) sebagai bahasa sehari-hari semampu para santri. Di kelas 7, saya mendapat penghargaan akhir tahun sebagai Miss Language, Santri Tersemangat Olahraga, juga menang juara 3 Pidato bahasa Indonesia dalam pondok diacara akhir tahun. Saya juga mengikuti kegiatan Video Conference (VC) sebanyak 4 kali dalam pondok. Acara tersebut adalah acara bertukar pendapat dengan siswa negara lain dalam satu tema yang telah dipilih dan disepakati. Di kelas 9, saya mendapat juara 1 Story Telling Disney yang bertema Moana dalam pondok. Di pondok saya juga sering banyak kunjungan bule yang datang. Jadi, kami juga dipersilahkan untuk menyapa maupun berbincang sejenak dengan tamu tersebut.

Motivasi saya untuk melanjutkan pendidikan di SMAN 8 Semarang adalah agar dekat dengan rumah dan juga merupakan keinginan orang tua saya. Dimana orang tua saya mengharapkan agar saya lebih terpantau dan tetap aman.

Setiap manusia pastinya memiliki kekurangan, dan sayapun merasakan itu. Beberapa kekurangan saya adalah sebagai berikut:
  • Tak pandai bersosialisasi. Cara saya mengatasinya adalah dengan mengikuti kegiatan- kegiatan yang ada untuk mengenal satu sama lain dan memiliki pertemanan yang luas.
  • Kurang bisa mempercayai apa yang dikatakan orang lain. Saya harus memilah dan memilih semua yang orang katakan pada saya. Apakah itu benar fakta atau tidak.
  • Tidak pandai menuangkan isi pikiran dengan berbicara. Saya lebih suka menulis untuk menuangkan isi pikiran saya maupun berpendapat.
  • Memiliki rasa tidak enakan. Cara mengatasinya adalah dengan cara memberanikan diri saya untuk bersikap tegas pada orang lain.
  • Terkadang masih susah me-manage waktu. Saya lebih suka membuat planing agar waktu saya tertata dan tidak terburu-buru dalam mengerjakan suatu hal.
  • Suka memendam masalah sendirian atau tidak bisa terbuka dengan orang tua. Terkadang dalam memendam masalah saya sendiri, saya bisa sakit. Saya lebih lega untuk menulis di buku diary atau bisa disebut buku harian.
  • Kurang bisa mengontrol emosi diri. Seperti mengeluh pada suatu hal dan lain-lain. Cara terbaik saya adalah membaca buku self improvement dan juga menonton beberapa video yang sekiranya membuat saya terus berjuang dalam hal apapun.
  • Lupa akan diri sendiri. Karena saya lebih senang melihat orang lain bahagia ketimbang diri saya. Apakah diri saya sudah bahagia? Hal ini terselesaikan dengan mendengarkan podcast positif dan psikologi diri untuk membuat saya ingat akan diri saya.
  • Terkadang gengsi untuk melakukan beberapa hal. Walaupun hal baik, kadang saya masih gengsi untuk melakukan. Namun saya harus berpegang teguh pada kebaikan diri saya untuk melakukan hal-hal yang positif.
  • Terlalu percaya pada satu orang yang sudah dekat. Terkadang hal itu membuat saya tersakiti sendiri. Namun saya selalu mencoba untuk selalu memilah semua hal dari orang lain.

Orang yang menginspirasi hidup saya tentu saja orang tua saya. Namun saya juga memiliki idola yang saya kagumi. Yaitu Maudy Ayunda. Iya adalah seorang yang multitalenta dalam berbagai bidang. Bahkan Ia memiliki alur kisah pendidikan yang luas dan berhasil. Saya terinspirasi oleh banyak motivasi darinya. Karena hal itu sangat mendorong saya untuk maju dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dalam sepuluh tahun ke depan, saya berharap telah menjadi apa yang saya inginkan saat ini. Yaitu menjadi seorang jurnalis yang juga mengisi banyak acara sosialisasi baik didalam negeri maupun diluar negeri. Saya ingin menjadi pembicara dan juga menjadi aktivis Indonesia untuk membagi pengetahuan saya kepada khalayak agar merubah pola hidup dan mindset-nya menjadi lebih baik lagi. Dalam hal berkeluarga, saya ingin menetap di Indonesia. Karena saya ingin membagi semua ilmu yang telah saya dapatkan untuk anak-anak maupun khalayak umum disekitar saya. Ketika saya sukses, yang terpenting adalah orang tua saya. Saya ingin orang tua saya melihat saya dengan bangga yang apa yang telah saya dapatkan selama ini.

Langkah dan urutan saya untuk mencapai apa yang ingin saya raih sepuluh tahun ke depan antara lain:
  1. Belajar dengan giat.
  2. Banyak membaca.
  3. Mencari hal-hal yang belum dikuasai dan mempelajarinya.
  4. Menuliskan hal-hal penting untuk dibaca dan memahaminya.
  5. Menuliskan hal yang tidak diketahui lalu mencarinya.
  6. Mencari kegiatan yang sekiranya melatih cara bicara.
  7. Belajar menulis artikel-artikel diwebsite.
  8. Berlatih bicara didepan khalayak. Bisa dimulai dari bersosialisasi dengan masyarakat sekitar
  9. Ikut lomba atau kegiatan seperti public speaking, Story Telling, untuk melatih berbicara didepan umum.
  10. Tidak menjadi diri yang pemalu.
  11. Mempunyai pendirian dan goals yang teguh.
  12. Tidak mudah terpengaruh dengan perkataan orang lain.
  13. Tidak bergantung pada orang lain.
  14. Mandiri.
  15. Kerja keras.
  16. Membuat planning setiap hari untuk memudahkan kita melakukan kegiatan dihari tersebut.
  17. Tidak menunda pekerjaan.
  18. Tidak terlalu banyak istirahat atau istirahat secukupnya tanpa harus mengulur waktu lagi untuk menambah istirahat.
  19. Biasakan hidup rapi. Karena orang yang terbiasa hidup rapi, maka masa depannya pun rapi atau lancar.
  20. Selalu melakukan kewajiban.
  21. Tidak lupa dengan Allah.
  22. Melakukan sunah nabi.
  23. Biasakan bangun pagi mulai pukul 4 untuk beribadah dan belajar.
  24. Memiliki target nilai selama sekolah.
  25. Memiliki tujuan kuliah dan jurusannya.
  26. Tidak mudah bimbang.
  27. Tidak mengeluh.
  28. Jika merasa stres, beri ruang sejenak untuk merenung. Karena setelah merenung, pasti tumbuh perasaan positif dari dalam diri kita untuk kembali maju.
  29. Jangan mudah minder. Karena tujuan setiap orang pasti berbeda-beda.
  30. Bertanya dengan seseorang yang telah mencapai hal yang sama dengan kita atau alumni dan senior yang telah lulus.
  31. Banyak belajar dari kesalahan yang telah dilakukan.
  32. Melakukan diskusi dengan teman. Dengan diskusi, kita dapat bertukar opini dengan teman-teman kita.
  33. Saat mendapat tugas, segera mengumpulkan dan tidak telat.
  34. Mengikuti sosialisasi yang ada jika itu bermanfaat.
  35. Belajar trik menulis dan penulisan bahasa yang baik.
  36. Biasakan tersenyum saat bangun tidur. Hal tersebut membantu kita untuk menambah mood kita hari itu.
  37. Jangan ragu atas tujuan yang telah dipilih.
  38. Meminta pendapat orang tua sesekali, karena orang tua yang paham akan diri kita.
  39. Jangan suka menyebar masalah kita dan aib kita.
  40. Belajar bahasa internasional. Jika ingin mempelajari bahasa lain pun boleh. Namun kuasai dulu yang utama. Yaitu bahasa Inggris.
  41. Memahami skil diri sendiri.
  42. Memilih cita-cita dan jurusan sesuai kemampuan dan skil kita.
  43. Saat mengalami kegagalan, jangan langsung menyerah.
  44. Banyak membaca buku psikologi untuk membantu otak kita berkembang.
  45. Tidak mudah menyalahkan orang lain.
  46. Bela orang yang pantas dibela.
  47. Jangan berpura-pura tak peduli dengan sekitar.
  48. Aktif saat kuliah atau banyak bertanya banyak hal.
  49. Jangan memilih jurusan yang kita minati namun bukan skil kita.
  50. Berkelakuan baik dimana saja. Karena tingkah laku kita juga memengaruhi cara pandang orang lain.

Sekian atas biografi diri saya. Saya harap saya dapat meraih semuanya yang saya tulis di sini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan memotivasi para pembacanya. Sekian dari saya, Zakiyah Nabighah Ufairah. Maaf jika masih ada kesalahan kata dan bahasa.

5 komentar untuk "Cita-cita Zakiyah Nabighah Ufairah"

  1. Zakiyah Nabighah Ufairah apakah kamu sudah berhasil mewujudkan mimpimu?

    BalasHapus
  2. Zakiyah Nabighah Ufairah, tetap semangat meraih cita-citamu.

    BalasHapus
  3. Zakiyah Nabighah Ufairah, kendala apa saja yang sudah kamu temui dalam menggapai cita-citamu?

    BalasHapus
  4. Zakiyah Nabighah Ufairah apakah kamu masih berpegang pada motivasi dirimu saat ini?

    BalasHapus
  5. Zakiyah Nabighah Ufairah apakah kamu mengikuti strategi kesuksesan yang kamu buat pada tulisan ini?

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -