Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menentukan Bahasa Konten HTML Menggunakan Atribut Lang

Atribut lang pada html digunakan untuk menentukan bahasa dari elemen konten. Beberapa contoh dari bahasa yang ditentukan tersebut adalah Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, dan lain sebagainya.

8 Elemen yang Digunakan untuk Penerapan Atribut Lang pada HTML
Ilustrasi Atribut Lang HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Menentukan Bahasa Konten HTML Menggunakan Atribut Lang, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Menentukan Nilai Identitas Unik Elemen HTML Menggunakan Atribut ID [klik], Menentukan Bahasa Link HTML Menggunakan Atribut Hreflang [klik], dan Cara Menentukan Rentang HTML Menggunakan Atribut High [klik].

Sintak:
<element lang = "language_code">

Value Atribut: atribut ini mengandung value tunggal yaitu language_code yang digunakan untuk menentukan konten dari bahasa.

Baca Juga:

Perbedaan antara HTML4.1 dan HTML5: Pada HTML5, atribut lang dapat digunakan dengan elemen HTML apapun. Sedangkan pada HTML4.1 atribut lang hanya dapat digunakan pada elemen:
  • <base>
  • <br>
  • <frame>
  • <frameset>
  • <hr>
  • <iframe>
  • <param>
  • <script>

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

atribut lang

</title>

 

<style>

body 

{

text-align:center;}

 

h1 

{

color:green;}

</style>

</head>

 

<body>

 

<h1>

Blog Elfan

</h1>

 

<h2>

Atribut lang

</h2>

 

<

lang = "en">

A computer science portal

</p>

 

</body>

 

</html>

Output:

Blog Elfan

Atribut lang

A computer science portal


Artikel ini didedikasikan kepada: Fajarini Dewi Saputri, Fernando Fikri Dhiasepta, Hasna Nur Fathin, Istiana Setiawati, dan Iwan Budianto.

6 komentar untuk "Menentukan Bahasa Konten HTML Menggunakan Atribut Lang"

  1. Apa yang dimaksud dengan atribut lang pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut lang pada HTML digunakan untuk mengidentifikasi bahasa konten teks pada website. Informasi tersebut kemudian digunakan mesin pencari untuk mengembalikan hasil spesifik dari bahasa yang digunakan, dan juga dimanfaatkan oleh user untuk mengganti profil bahasa guna memberikan akses dan pengucapan yang benar.

      Hapus
  2. Apa fungsi atribut lang pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut lang atau disebut juga xml:lang digunakan untuk menentukan bahasa alami dari konten website. Atribut lang pada tag html digunakan untuk mengatur bahasa pada semua teks halaman.

      Hapus
  3. Apakah penggunaan atribut lang pada dokumen html bersifat penting?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut lang merupakan komponen penting dalam struktur dasar dokumen html. Atribut lang penting karena digunakan untuk pendefinisian bahasa dan memengaruhi banyak aspek dari user.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -