Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Fungsi HTTP HTML Menggunakan Atribut Method

Atribut method pada html digunakan untuk menentukan method http yang digunakan untuk mengirim data ketika melakukan pengiriman formulir. Ada dua macam tipe http, yaitu GET dan POST. Atribut method dapat digunakan dengan menggunakan elemen <form>.

2 Value Utama pada Penggunaan Atribut Method HTML
Ilustrasi Atribut Method HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Membuat Fungsi HTTP HTML Menggunakan Atribut Method, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Menentukan Nilai Panjang Maksimal HTML Menggunakan Atribut Maxlength [klik], Menentukan Batas Bawah Nilai Pengukuran HTML Menggunakan Atribut Low [klik], dan Membuat Daftar Data HTML Menggunakan Atribut List [klik].

Value Atribut:
  • GET: pada method GET, setelah melakukan pengiriman form, nilai form akan terlihat dibilah alamat tab browser baru. Value get memiliki ukuran terbatas sekitar 3000 karakter. Value ini hanya berguna untuk data yang bersifat umum, bukan untuk jenis data yang bersifat sensitif.
  • POST: pada method POST, setelah melakukan pengiriman form, nilai form tidak akan terlihat pada bilah alamat tab browser baru seperti yang terlihat pada method GETValue ini menambahkan data form ke dalam badan request httpValue post tidak memiliki batasan ukuran dan tidak mendukung bookmark hasil.

Sintak:
<form method="get|post">


Contoh: Ilustrasi penggunaan atribut method.

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body style="text-align:center;">

 

<h1 

style="color:green;">

Blog Elfan

</h1>

 

<h2>

HTML Atribut Method

</h2>

 

<form 

id="users"

action="#"

method="GET"

target="_blank">

 

Nama Awalan:

<input 

type="text"

name="fname"

value="Sultan">

 

<br>

 

Nama Terakhir:

<input 

type="text"

name="lname"

value="Sriwijaya">

 

<br>

 

<input 

type="submit"

value="Submit">

 

</form>

 

<p>

Setelah melakukan submit form,

nilai input akan ditampilkan pada address bar.

</p>

 

</body>

 

</html>

Output:

Blog Elfan

HTML Atribut Method

Nama Awalan:
Nama Terakhir:

Setelah melakukan submit form, nilai input akan ditampilkan pada address bar.


Artikel ini didedikasikan kepada: Iwan Budianto, Melani Cahaya Putri, Merita Putri Handayani, Mohamad Risky Abdullah, dan Muhammad Dhukha Khoirur Rokhim.

7 komentar untuk "Membuat Fungsi HTTP HTML Menggunakan Atribut Method"

  1. Apa yang dimaksud dengan atribut method pada file html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut method digunakan untuk menentuk cara pengiriman data form atau data formulir yang dikirim ke halaman website yang telah ditentukan dalam atribut action pada file html.

      Hapus
  2. Apa fungsi atribut method pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut method digunakan untuk menentukan cara pengiriman data yang telah ditentukan oleh atribut action yang dapat dikirimkan sebagai variabel URL dengan method GET, atau sebagai transaksi posting http dengan method POST.

      Hapus
  3. Atribut mehotd pada elemen form digunakan untuk memberitahukan web browser cara untuk pengiriman data formulir ke server.

    BalasHapus
  4. Apa fungsi value POST pada atribut Method dalam suatu elemen form pada HTML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nilai atau value yang digunakan atribut method adalah POST, berarti browser akan mengirimkan data ke server untuk melakukan pemrosesan yang diperlukan ketika melakukan penambahan data ke database, atau ketika melakukan pengiriman informasi sensitif seperti kata sandari dan lain sebagainya.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -