Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logo Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang terdapat di Indonesia yang terletak pada posisi pulau Jawa Indonesia, dengan nama ibu kota provinsi tersebut adalah Semarang. Jawa Tengah juga dikenal sebagai provinsi utama dari "jantung" budaya jawa. Dipimpin oleh seorang gubernur, provinsi Jawa Tengah terdiri dari 29 kabupaten dan 6 kota yang berada dalam wilayah pemerintahannya. Sedangkan untuk administrasi pemerintahan kabupaten, provinsi ini terdiri dari 545 kecamatan dan 8490 desa dan kelurahan.

Gambar 1 logo provinsi Jawa Tengah
Gambar 1 logo provinsi Jawa Tengah

Sebelum memahami arti Logo Provinsi Jawa Tengah, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Cara Predefinisi Class Java Sebagai Class atau VariabelSejarah dan Keunggulan Bahasa C, dan Komponen HTML dan Fungsinya.

Logo Provinsi Jawa Tengah

Logo dari provinsi Jawa Tengah berbentuk sebuah kendi amerta atau juga bentuk cupu manik yang terdiri dari lima sisi atau segi lima yang diperlihatkan pada gambar 1. Di dalam logo tersebut, terdapat siluet dari candi borobudur magelang, laut biru, gunung kembar berwarna kuning, bambu runcing, bintang emas, padi, dan kapas. Dibagian bawah dari logo terdapat semboyan dari warga Jawa Tengah yang berbunyi "Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja" yang artinya adalah Janji akan bekerja keras membangun bangsa dan negara. Lebih jelas akan dipaparkan makna dari logo provinsi Jawa Tengah berikut ini:
  • Bentuk Kundi Amarta yang berbentuk segi lima, melambangkan bahwa dasar ideologi negara Indonesia yaitu Pancasila.
  • Laut biru bergelombang, melambangkan makna kehidupan seluruh warga Jawa Tengah yang dekat dengan laut.
  • Candi Borobudur Magelang, melambangkan kemampuan cipta dan kreasi dari budaya dan tradisi, baik itu nilai-nilai dan juga ciri khas kebudayaan dari seluruh warga masyarakat Jawa Tengah.
  • Gunung Emas, diambil dari bentuk dan struktur provinsi yang sebagian besar terdiri dari daerah pegunungan dan perbukitan yang melambangkan persatuan dari seluruh pemerintah daerah yang ada di Provinsi Jawa Tengah.
  • Latar belakang hijau yang terletak dibagian belakang gurung, melambangkan keadaan alam dari Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam kekayaan alam yang digunakan masyarakat sebagai sumber penghidupannya.
  • Bambu runcing, melambangkan sikap kepahlawanan dan jika satria dari masyarakat Jawa Tengah.
  • Bintang emas, melambangkan sikap dan kepercayaan terhadap tuhan Yang Maha Esa.
  • Padi dan Kapas, melambangkan makna kemakmuran dari seluruh rakyat Jawa Tengah.
  • Umbul-umbul merah putih, melambangkan makna dari lambang negara bendera merah putih, yang menyatakan bahwa seluruh warna Jawa Tengah juga merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Perpaduan antara Bintang, Padi, dan Kapas, melambangkan bahwa masyarakat Jawa Tengah adalah provinsi yang akan menuju suatu masyarakat yang Adil dan Makmur yang diridhoi dan dirahmati oleh Tuhan Yang Maha Esa.
  • Perpaduan antara jumlah bulir-bulir padi pada di sisi kiri sejumlah 17, bambu runcing pada posisi tengah yang memiliki ruas 8 (sepertinya 9??), dan jumlah ranting kapas yang berdaun 4 dan miliki buah sejumlah 5, melambangkan urutan angka dari waktu proklamasi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal "17 Agustus 1945".

Baca Juga:

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH merupakan logo yang dimiliki instansi PEMERINTAH JAWA TENGAH yang digunakan sebagai lambang instansi baik untuk keperluan komersial ataupun non komersial. 

Catatan: penyalahgunaan LOGO PROVINSI JAWA TENGAH oleh lembaga lain diluar dari instansi resmi yang menggunakannya merupakan tanggung jawab dari pengguna logo tersebut.

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH berfungsi untuk mewakili organisasi atau perusahaan tertentu melalui bentuk gambar visual yang dengan mudah dapat dipahami atau dikenali. 

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH umumnya melibatkan simbol, teks bergaya, atau keduanya. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dibuat oleh seorang seniman grafis dengan berkonsultasi melalui perusahaan atau pakar-pakar yang saling berkaitan dengan instansi tersebut.

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH merupakan bagian penting dari identitas organisasi PEMERINTAH JAWA TENGAH. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH mengkomunikasikan esensi merek dari sebuah perusahaan atau apa yang diwakili oleh organisasi tersebut. Hal ini menjadikan LOGO PROVINSI JAWA TENGAH sebagai bagian penting yang merupakan sebuah proses kreatif yang berat dalam proses penelitian dan konsultasinya. Tidak hanya itu, perbedaan budaya pada LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dan simbolisme atau asosiasi warna harus tipertimbangkan juga.

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dimaksudkan untuk menjelaskan atau secara langsung menjual perusahaan atau organisasi tersebut. Sebaliknya, tujuan utama dari penggunaan LOGO PROVINSI JAWA TENGAH adalah untuk mengidentifikasi perusahaan dengan cara yang mudah diingat dan familiar bagi masyarakat yang melihatnya. 

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang karena penggunaannya untuk mengakrapkan para klien dan mempromosikan loyalitas yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Oleh karena LOGO PROVINSI JAWA TENGAH merupakan ilustrasi yang jarang sekali mengalami perubahan.

LOGO PROVINSI JAWA TENGAH berfungsi sebagai sebuah wajah dari suatu perusahaan atau organisasi yang membantu audiens atau klien untuk mengenali diri organisasi tersebut dan apa yang dilakukan atau diperjuang oleh perusahaan atau organisasi tersebut. 

Dalam istilah sederhana, LOGO PROVINSI JAWA TENGAH adalah simbol yang terdiri dari kata, gambar, dan warna yang digunakan untuk mengidentifikasi merek dan produk.

TUJUAN LOGO PROVINSI JAWA TENGAH
Fungsi utama LOGO PROVINSI JAWA TENGAH adalah untuk membantu dan mengidentifikasi, serta beberapa hal lainnya sebagai berikut:
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH bertujuan untuk memberikan kesan pertama yang menarik. Seperti kata pepatah, anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik, dan LOGO PROVINSI JAWA TENGAH adalah sebuah simbol sempurna yang digunakan untuk membuat kesan yang mudah diingat yang dapat menarik perhatian orang lain guna membangkitkan minat dan ketertarikan individu pada perusahaan atau organisasi yang memiliki simbol tersebut. 
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH membantu orang lain untuk melihat anda atau organisasi anda. Dalam lautan keramaian atau bisnis publikasi lainnya, LOGO PROVINSI JAWA TENGAH yang unik adalah sesuatu yang tidak terlupakan untuk terlihat oleh orang lain yang sedang memerhatikannya. Hal ini sudah pasti dapat dicapai melalui proses penelitian dan pertimbangan terhadap bentuk-bentuk simbol lainnya yang terikat.
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH membantu memberikan bentuk identitas bagi organisasi PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH itu sendiri. Jika ingin memberikan tampilan yang berbeda dan kohesif, maka pemberikan logo atau simbol dapat memberikan sentuhan yang berbeda dan kohesif tersebut pada organisasi atau perusahaan itu sendiri. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH berfungsi sebagai identitas merek yang mengacu pada tampilan visual spesifik yang telah dikembangkan sebelumnya, yang berfungsi sebaga titik awal untuk membangung, dan menyelaraskan visi secar keseluruhan dari organisasi tersebut.
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH membantu membuat alat branding yang strategis. Dalam hal branding, LOGO PROVINSI JAWA TENGAH memiliki peranan penting dalam kepemilikan strategis yang terdefinisi dengan baik dan jelas untuk menguraikan nilai dan tujuan dari organisasi ataupun perusahaan. PROVINSI JAWA TENGAH bermakna seperti sebuah teka-teki, komponen instrinsik dari strategi tersebut yang dapat digunakan untuk mengomunikasikan pesan relevan dari seluruh bagian pemasaran atau branding dari organisasi tersebut, dan untuk melengkapi hal tersebut, maka LOGO PROVINSI JAWA TENGAH juga dipasang pada beberapa bagian seperti situs web organisasi, platform media sosial, kartu nama, paket pengemasan, lokasi fisik organisasi, dan masih banyak lagi.
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH membantu mempromosikan brand awareness. Ketika suatu organisasi atau perusahaan sudah mulai bertumbuh dan mendapatkan perhatian masyarakat luas, maka LOGO PROVINSI JAWA TENGAH juga ikut tumbuh bersamanya, menjadi lebih akrab bagi para audiens dan bahkan seluruh dunia. Semakin besar organisasi, maka semakin besar pula LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dapat dikenali oleh masyarakat yang dapat membantu menciptakan asosiasi yang kuat dibenak para pelanggan dan menumbuhkan rasa percaya dan loyalitas untuk logo tersebut.
  • LOGO PROVINSI JAWA TENGAH membantu memberikan penguatan pesan yang akan disampaikan kepada masyarakat. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH adalah suatu cara yang efektif untuk memberi tahu pelanggan tentang perusahaan tanpa perlu menggunakan banyak kata atau kalimat apapun. Dalam hitungan detik, simbol atau logo dari LOGO PROVINSI JAWA TENGAH dapat menunjukkan proses bisnis apa yang sedang dilakukan oleh organisasi atau perusahaan tersebut, jenis layanan apa yang ditawarkan, nilai apa yang dimiliki, dan membantu mengekspresikan keseluruhan organisasi atau perusahaan tersebut.

BAGIAN PENTING LOGO PROVINSI JAWA TENGAH
Ada beberapa bagian penting dari logo, yakni sebagai berikut:
  • WARNA, LOGO PROVINSI JAWA TENGAH didominasi warna hijau yang memberikan makna keteduhan.
  • GAMBAR, LOGO PROVINSI JAWA TENGAH merupakan sebuah simbol atau gambar yang memiliki makna lebih dari pada ribuah kata, yang membantu para masyarakat atau audiens untuk mengenali kegiatan organisasi PEMERINTAH JAWA TENGAH yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat.
  • TIPOGRAFI, pada LOGO PROVINSI JAWA TENGAH tipografi mengacu pada gaya font, tampilan, dan struktur yang digunakan dalam teks logo organisasi itu sendiri. Huruf dapat diatur secara berbeda, yang diletakkan dibagian atas satu sama lain, dibalik, atau diposisikan dengan banyak cara kreatif untuk membuat desain logo yang berdampak. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH, berbasis teks juga dapat disebut sebagai tanda huruf, jenis logo, dan monogram.
  • TAGLINE, biasanya berada dibagian bawah atau sekitar logo itu sendiri, dan merupakan kalimat sederhana, atau kumpulan kata yang menangkap inti atau semangat dari logo itu sendiri. LOGO PROVINSI JAWA TENGAH memiliki tagline "Gumregah Bareng Gayeng.".

Artikel ini telah dilihat oleh: Fajar Hendy Putra, Fajar Mubarok Zain, Fajril Izza Zulfan, Fanreza Diva Rizky Maulin, dan Farahdita Salma Zharifa.

14 komentar untuk "Logo Provinsi Jawa Tengah"

  1. Admin punya file tipe CDR nya? boleh saya minta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya boleh, silahkan menghubungi saya melalui kontak email yang sudah disediakan,,

      Hapus
  2. Ijin Kopas, berkat ini saya terbantu sekali untuk membuat kop surat yang ada diinstansi saya thx admin

    BalasHapus
  3. Setelah kuperhatikan memang iya ada beberapa makna simbol yang tidak sesuai dengan makna yang dijabarkan dalam artikel, koq bisa ya ??

    BalasHapus
  4. Resolusi gambarnya mantap, comot ahhh!!!

    BalasHapus
  5. Jawa tengah, provinsi 'anak emas' dari republik Indonesia.

    BalasHapus
  6. mboten korupsi, kadang ngapusi...

    BalasHapus
  7. logo pemrov jateng atau logo provinsi jawa tengah merupakan logo dengan kekuatan magis yang sangat berbahaya, dari dulu orang-orang menggunakan logo tersebut untuk melatih diri agar bisa berubah dirinya menjadi setingkat para dewa-dewa dikayangan.

    BalasHapus
  8. Logo pemrov jateng atau logo provinsi jawa tengah merupakan sebuah tanda kehormatan, lambang keabadian, simbol kemakmuran, dan juga nama bergaya yang digunakan untuk mengidenfikasi kekuatan dari provinsi jawa tengah. baik dalam hal organisasi, produk, atau pun merek dari logo pemrov jateng tersebut. Logo provinsi jawa tengah mungkin juga dalam bentuk desain yang lebih abstrak dan konfiguratif, atau mungkin juga dapat hadir sebagai versi bergaya dari sebuah provinsi jika memiliki pengenalan merek atau logo yang memadai.

    BalasHapus
  9. Pada tingkat paling dasar, logo Provinsi Jawa Tengah merupakan simbol yang terdiri dari teks dan gambar yang membantu seluruh warga untuk mengidentifikasi merek yang mereka sukai atau mereka kenal terhadap logo Pemrov Jateng tersebut.

    Namun lebih dari pada itu, logo Provinsi Jawa Tengah yang begitu bagus juga merupakan landasan dari sebuah merek.

    Logo Provinsi Jawa tengah membantu para warganya untuk memahami apa yang tesirat dari makna logo tersebut, apa yang mereka lakukan, dan siapa mereka, dan apa yang sedang mereka hargai. Logo Jrovinsi Jawa tengah atau logo Pemrov Jateng merupakan sebuah tanggung jawab besar untuk digunakan semaksimal mungkin sebagai lambang pembeda antara Provinsi Jawa Tengah dengan provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
  10. Bangga menjadi bagian dari warga Jawa Tengah, apalagi dengan Logo Provinsi Jawa Tengah yang sangat bagus.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -