Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Judul HTML Menggunakan Atribut Title HTML

Atribut title pada html digunakan untuk menentukan informasi ekstra dari suatu elemen. Ketika mouse digerakkan ke elemen tersebut, maka atribut title akan menampilkan informasi yang telah diatur sebelumnya.

Menambahkan Informasi Ekstra Menggunakan Atribut Title HTML
Ilustrasi Atribut Title HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Membuat Judul HTML Menggunakan Atribut Title HTML, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Membuat Label Teks HTML Menggunakan Tag Label [klik], Membuat Huruf Input Keyboard HTML Menggunakan Tag KBD [klik], dan Membuat Garis Bawah Teks HTML Menggunakan Tag INS [klik].

Sintak:
<element title = "text">

Value Atribut: mengandung value tunggal berupa teks yang digunakan sebagai teks tooltip untuk elemen yang menggunakan atribut title, dimana title tersebut berasosiasi dengan semua elemen html.


Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

Atribut Title

</title>

 

<style>

body 

{

text-align: center;}

 

h1 

{

color: green;}

</style>

</head>

 

<body>

 

<h1>

Blog Elfan

</h1>

 

<h2>

Atribut Title

</h2>

 

<

title="Blog Elfan: merupakan portal ilmu komputer">

Jumanji.com

</p>

 

 

</body>

 

</html>

Output:

Blog Elfan

Atribut Title

Jumanji.com


Artikel ini didedikasikan kepada: Eka Nurul Istiqomah, Faradian Salsabella Fasaytri, Fiman Hadit Muttaqin, Hana Wandari, dan Hibatullah Nabil Gustiananda.

5 komentar untuk "Membuat Judul HTML Menggunakan Atribut Title HTML"

  1. Apa yang dimaksud dengan atribut title pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut title pada html digunakan untuk menentukan informasi tambahan tentang suatu elemen. Informasi dari atribut title paling sering ditampilkan sebagai teks tooltip ketika mouse digerakkan pada suatu elemen. Atribut title dapat digunakan pada elemen apapun pada html.

      Hapus
    2. Jika ingin melihat keterangan pada suatu elemen dengan cara menggeser mouse, maka penggunaan atribut title adalah salah satu cara yang tepat karena memberikan keterangna sesuai dengan yang diatur oleh pengembang web.

      Hapus
  2. Elemen apa yang paling sering menggunakan atribut title pada elemen html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut title adalah atribut yang dapat digunakan pada jenis elemen apapun pada html, namun paling sering digunakan pada elemen link dan gambar. Atribut title memungkinkan user untuk memberikan informasi tambahan tentang link atau gambar ketika mouse digerakkan ke elemen tersebut.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -