Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengembalikan URL HTML Menggunakan Referrer DOM

Properti referrer DOM pada HTML digunakan untuk mengembalikan URL dari halaman yang terhubung dengan halaman saat ini. Jika pengguna diarahkan ke halaman secara langsung atau melalui bookmark, maka nilai properti ini akan bernilai string kosong.

Cara Penggunaan Properti referrer DOM pada HTML
Ilustrasi referrer DOM HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Mengbalikan URL HTML Menggunakan Referrer DOM, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Memeriksa Status Loading HTML Menggunakan readyState DOM [klik], querySelector DOM HTML dan Fungsinya [klik], dan Membuka Output Stream HTML Menggunakan Open DOM [klik].

Sintak:
document.referrer

Return Values: merupakan string yang merepresentasikan URL dari dokumen yang melakukan loading dokumen saat ini, yang mengembalikan keseluruhan nilai URL termasuk juga nilai protokol http://. Jika dokumen saat ini tidak terbuka sepanjang link, maka nilai yang dikembalikan adalah nilai string kosong.

Baca Juga:

Berikut adalah ilustrasi program penggunaan properti referrer pada HTML:

Contoh: terdapat tiga halaman yang terhubung menggunakan link satu sama lain dan ditentukan nilai properti referrer-nya sebagai berikut.
  • page1.html
  • page2.html
  • page3.html

Artikel ini didedikasikan kepada: Dewi Destina Rahmawati, Dhea Camelia Okta Shilla, Dian Novita Wulansari, Didan Asri Majid, dan Dika Aryadi.

5 komentar untuk "Mengembalikan URL HTML Menggunakan Referrer DOM"

  1. Jenis browser apa saja yang dapat digunakan untuk mengaktifkan properti referrer pada dom html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenis browser berikut dapat digunakan untuk mengaktifkan properti pada dom html:
      1. Chrome
      2. Internet Explorer
      3. Firefox
      4. Opera
      5. Safari

      Hapus
  2. Apa fungsi properti referrer pada dom html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Properti referrer atau properti pengarah pada DOM HTML berfungsi untuk mengembalikan URL dari dokumen yang memuat dokumen saat ini.

      Hapus
    2. Referrer berisi alamat absolut atau sebagian dari halaman yang membuat permintaan. Referrer memungkinkan server untuk mengidentifikasi halaman yang akan dikunjungi oleh user. Dimana data yang didapat dari referrer tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan analitik, logging, cache yang dioptimalkan, dan masih banyak lagi.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -