Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencetak Nilai Operator Matematika HTML Menggunakan MO MathML

Tag MO MathML pada HTML5 merupakan tag HTML yang digunakan untuk mencetak nilai operator diantara elemen. Segala jenis operator matematika dapat digunakan dengan menggunakan tag MO pada MathML HTML5.

Mencetak Nilai Operator Matematika HTML Menggunakan MO MathML
Tag MO MathML pada HTML5

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Mencetak Nilai Operator Matematika HTML Menggunakan MO MathML, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Tag MN MathML pada HTML5 Beserta Fungsinya [klik], Membuat Matriks Matematika HTML Mmultiscripts MathML [klik], dan Properti Mlabeledtr MathML HTML5 Beserta Fungsinya [klik].

Sintak:
<mo> operator </mo>

Atribut: tag MO dapat digunakan untuk menggunakan beberapa bentuk atribut yang diperlihatkan sebagai berikut.
  • accent: atribut ini digunakan untuk menentukan apakah suatu operator harus diperlakukan sebagai sebuah aksen atau tidak.
  • class | id | style: atribut ini digunakan untuk menampung nilai style dari elemen child.
  • href: atribut ini digunakan untuk menampung segala jenis hyperlink apapun dari sebuah URL spesifik.
  • fence: atribut ini digunakan untuk menentukan apakah operator adalah fence atau bukan.
  • form: atribut ini digunakan untuk menentukan role dari operator pada kondisi normal seperti +, namun untuk operator – tidak diperlukan pada atribut ini. nilai yang mungkin digunakan pada atribut ini adalah prefix, infix, dan postfix.
  • largeop: operatir ini digunakan untuk mendefinisikan apakah operator harus ditampilkan lebih besar dari ukuran normalnya ketika nilai atribut diatur ke tipe "true".
  • lspace: atribut ini digunakan untuk menampung nilai dari panjang ruang sebelum operator nilai default thickmathspace (4.32px).
  • rspace: atribut ini digunakan untuk menampung nilai dari panjang ruang setelah nilai operator default adalah thickmathspace (4.32px).
  • mathbackground: atribut ini digunakan untuk menampung nilai dari warna background ekspresi matematika.
  • mathcolor: atribut ini digunakan untuk menampung nilai warna dari ekspresi matematika.
  • dir: atribut ini digunakan untuk menampung nilai tipe dua arah dari nilai arah yang diterima seperti LTR (Left To Right) dan RTL (Right To Left).
  • mathsize: atribut ini digunakan untuk menampung nilai dari ukuran untuk suatu konten. Nilai yang mungkin untuk digunakan pada atribut mathsize adalah small, medium, dan big.
  • mathvariant: atribut ini digunakan untuk menampung variasi nilai tipografi seperti font-family.
  • separator: atribut ini digunakan untuk menampung nilai pemisah untuk setiap untaian string atau apapun yang ini dipisahkan dari hal apapun.
  • stretchy: atribut ini digunakan untuk mendefinisikan apakah operator akan mengalami regangan dari ukurannya atau tidak.
  • maxsize: jika nilai stretch adalah true, maka atribut ini akan berfungsi untuk menampung nilai maksimum dari suatu operator. Nilai yang mungkin digunakan pada atribut ini adalah infinity atau any length unit.
  • minsize: jika nilai stretch diatur ke tipe true, maka atribut ini akan berfungsi untuk menampung nilai ukuran terkecil dari suatu operator. Nilai yang mungkin digunakan pada atribut ini adalah infinity, atau any length unit.
  • symmetric: Jika nilai stretch diatur ke tipe true, maka atribut ini akan berfungsi untuk menentukan apakah operator harus simetris vertikal pada sumbu matematika imajiner atau tidak.


Berikut adalah ilustrasi contoh dari penerapan konten penggunaan tag <mo> MathML pada HTML5.

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>


<head>

<title>

Tag MO MathML pada HTML5

</title>

</head>


<body 

style="text-align:center;">


<h1 

style="color:green">

Blog Elfan

</h1>


<h3>

Tag mo MathML pada HTML5

</h3>


<math>


<mrow>


<mrow>


<msup>

<mi>x</mi>

<mn>2</mn>

</msup>


<mo>+</mo>


<msup>

<mi>y</mi>

<mn>2</mn>

</msup>


</mrow>


<mo>=</mo>


<msup>

<mi>z</mi>

<mn>2</mn>

</msup>


</mrow>


</math>


</body>


</html>

Output:

Blog Elfan

Tag mo MathML pada HTML5

x2+y2=z2

Artikel ini didedikasikan kepada: Amelia Novita Sari, Anantha Devyn Savira Putri Anlis, Andi Putri Varellita, Andito Ghazy Hierro, dan Angela Merici Arvisca Rianneta.

5 komentar untuk "Mencetak Nilai Operator Matematika HTML Menggunakan MO MathML"

  1. Jenis browser apa saja yang dapat digunakan oleh ratu Elizabeth untuk mengatifkan tag MO MathML pada HTML5?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berikut ini diperlihatkan dua contoh yang dapat digunakan oleh ratu Elizabeth untuk mengaitkfna tag MO MathML pada HTML5:
      a. Firefox
      b. Safari

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan tag MO MathML pada HTML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen atau Tag MO pada MathML merupakan elemen yang mewakili nilai operator dalam arti yang luas, selain memiliki makna sebagai operator dalam matematis yang ketat, elemen MO juga memiliki menyertakan makna Operator sebagai tanda kurung, pemisah seperti tanda koma dan titik koma, atau juga sebagai tanda nilai absolut.

      Hapus
    2. Elemen MO mewakili nilai perator atau apapun yang dapat direnderi sebagai nilai operator matematika pada halaman HTML.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -