Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Static Bahasa C dan Penjelasannya

Pada Pemrograman Bahasa C, suatu fungsi diatur ke tipe global secara default. Untuk melakukan perubahan tipe fungsi, maka dapat menggunakan keyword "static" yang diletakkan sebelum nama fungsi itu sendiri.

Fungsi Static Bahasa C dan Penjelasannya
Fungsi Static Bahasa C

Sebelum memahami materi tentang Fungsi Static Bahasa C dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi Overloading Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik]Pengembalian Nilai Fungsi Ganda Bahasa C [klik], dan Peran Fungsi Prototype Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik].

Berikut adalah contoh penggunaan fungsi static fun() menggunakan pemrograman bahasa C.

Sintak:
static int fun(void)
{
printf("I am a static function ");
}


Tidak seperti fungsi global pada bahasa C, akses ke fungsi static adalah sangat dibatasi ke dalam filenya, sehingga untuk mengakses file dibutuhkan suatu bentuk deklarasi. Jika pengembang ingin membatas akses ke fungsi, maka fungsi tersebut dapat dibuat menjadi tipe static. Tujuan membuat suatu fungsi pada bahasa C menjadi static adalah untuk penggunaan lang dari fungsi itu sendiri dengan nama file yang sama tapi pada file yang berbeda.

Baca Juga:

Contoh: Jika ingin dilalakukan penyimpanan program pada satu file file1.c.

/* Inside file1.c */

static void fun1(void)

{

puts("fun1 called");

}


Contoh: Selanjutnya dilakukan penyimpanan program pada file lain dengan nama file2.c.

/* Inside file2.c */

int main(void)

{

fun1();

getchar();

return 0;

}


Jika file dilakukan kompilasi pada kode program "gcc file2.c file1.c", maka akan didapatkan pesan error berupa "undefined reference to 'fun1'". Hal ini terjadi karena fungsi fun1() dideklarasikan dalam tipe static pada file file1.c, yang mengakibatkan file file2.c tidak dapat mengaksesnya.

Artikel ini didedikasikan kepada: Belannisa Qonitah, Dexza Angga Mahendra, Diah Ayu Gusti Arianti, Dzikru Robby Ar Rofiqi, dan Endang Rusniwati.

5 komentar untuk "Fungsi Static Bahasa C dan Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi static pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi static pada bahasa C adalah fungsi yang digunakan untuk membatasi akses ke file yang sama dimana file tersebut didefinisikan.

      Hapus
    2. Secara default fungsi pada bahasa C diatur ke tipe global, namun tipe tersebut dapat diubah menjadi static untuk membatasi akses ke fungsi dengan cara menggunakan keyword static sebelum nama fungsi.

      Hapus
    3. Fungsi static merupakan suatu metode yang didefinisikan sebagai anggota object tetapi dapat diakses langsung dari konstructor object, bukan dari intance object yang dibuat melalui konstruktor.

      Hapus
    4. Tidak seperti fungsi globah pada bahasa C, akses ke fungsi static dibatasi hanya pada file pada lokasi yang telah dideklarasikan. Oleh karena itu, ketika ingin membatasi akses ke funsi, maka fungsi tersebut dapat diubah ke tipe static.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -