Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menampilkan Tipe Return Secara Implisit pada Bahasa C

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang tipe return implisit integer menggunakan Bahasa C.


Menampilkan Tipe Return Secara Implisit pada Bahasa C
Tipe Return Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Menampilkan Tipe Return Secara Implisit pada Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi EXIT, ABORT, dan ASSERT Bahasa C [klik], Fungsi Static Bahasa C dan Penjelasannya [klik], dan Peran Fungsi Prototype Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik].

Contoh: Perkirakan nilai output dari program bahasa C berikut.

#include <stdio.h>


fun(int x)

{

return x*x;

}


int main(void)

{

printf("%d", fun(10));


return 0;

}

Output: 
100


Catatan:
Meskipun tidak terdapat tipe return untuk fungsi fun(), program akan tetap dikompilasi dan dijalankan secara baik pada sebagian besar kompilator bahasa C. Pada bahasa C, jika tidak ditentukan nilai tipe return pada suatu fungsi, maka kompilator akan mengasumsikan secara implisit tipe return tersebut adalah nilai integer. Namun demikian, pada standar C99 tipe return tidak boleh dihilangkan, bahkan jika nila tipe return tersebut adalah integer. Hal ini hanya diperbolehkan pada bahasa C yang lebih lama yaitu standar C89. Sedangkan pada C++, program tersebut adalah bernilai tidak valid, kecuali jika proses kompilasinya dilakukan pada kompilator C++ lama seperti Turbo C++, jika tidak maka semua fungsi harus ditentukan nilai tipe return-nya pada C++.

Artikel ini didedikasikan kepada: Doohan Legin, Endah Cahyo Ningrum, Fahrul Irawan, Farlian Sanjana, dan Faza Ulfiana.

5 komentar untuk "Menampilkan Tipe Return Secara Implisit pada Bahasa C"

  1. Apa yang dimaksud deklarasi implisit pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Deklarasi implisit pada Bahasa C memiliki makna bahwa deklarasi tersebut tidak ditampilkan secara langsung pada program, tapi selalu disertakan setiap kali program tersebut dikompilasi.

      Hapus
    2. Deklarasi implicit Bahasa C adalah bentuk deklarasi yang berkebalikan dari deklarasi eksplisit yang harus dibuat atau disertakan pada program jika ingin deklarasi tersebut dieksekusi.

      Hapus
  2. Kenapa kucing dirumah ku suka memberikan makna implisit kepada kucing sebelah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kucing tersebut adalah kucing oyen.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -