Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pointer Near, Far, dan Huge Bahasa C Beserta Penjelasannya

Terdapat konsep lama yang digunakan pada arsitektur intel 16 bit pada masa penggunaan MS DOS, namun hal ini sudah tidak terlalu banyak berguna lagi pada masa pemrograman modern saat ini.


Pointer Near, Far, dan Huge Bahasa C Beserta Penjelasannya
Pointer Near, Far, dan Huge Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Pointer Near, Far, dan Huge Bahasa C Beserta Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Pointer Ke Fungsi Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik], Pointer NULL Bahasa C Beserta Fungsi dan Penjelasannya [klik], dan Pointer Void Bahasa C Beserta Fungsi dan Penjelasannya [klik].

Beberapa konsep tersebut adalah sebagai berikut:
  • Near Pointer: merupakan pointer yang digunakan untuk menyimpan alamat dengan ukuran 16 bit, yang bermakna bahwa suatu alamat saat ini akan disimpan pada mesin komputer dengan kapasitas 16 bit, dengan kata lain hanya bisa dilakukan akses sebesar 16kb dari data dalam satu kali proses program dijalankan.
  • Pointer Far: merupakan konsep pointer 32 bit yang dapat digunakan untuk mengakses memori diluar dari segmen saat ini. Untuk menggunakan pointer far, kompilator harus mengalokasikan sebuah segmen register untuk menyimpan segmen alamat, dan register lainnya untuk dilakukan proses penyimpanan di dalam segmen saat ini.
  • Pointer Huge: juga merupakan bentuk dari pointer yang membutuhkan alokasi memori 32 bit dan dapat diakses di luar dari segmen. Pada pointer far, sebuah segmen adalah bernilai tetap. Pada pointer far, segmen bagian tidak dapat dimodifikasi, tetapi dapat digunakan dalam ukuran besar.

Artikel ini didedikasikan kepada: Ulil Amri, Wahyu Isnaini Hutami, Adam Yanuar Rizky, Agus Wulansari, dan Ahmad Choirul Umam.

5 komentar untuk "Pointer Near, Far, dan Huge Bahasa C Beserta Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan pointer near pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pointer near pada bahasa C merupakan pointer yang digunakan untuk alamat bit hingga 16 bit pada bagian tertentu dari memori komputer yang diaktifkan sebesar 16 bit. Pointer ini hanya dapat mengakses data berukuran kecil sekitar 64 kb dalam periode waktu tertentu, yang merupakan kelemahan utama dari pointer ini.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan pointer far pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pointer far merupakan pointer berukuran 32 bit, yang dapat digunakan untuk mengakses informasi yang berada di luar memori komputer dalam segmen tertentu.

      Hapus
    2. Pointer far dapat digunakan dengan cara mengalokasikan register sektornya untuk menyimpan alamat data pada segmen tersebut dan juga register sektor lain harus disimpan di dalam sektor terbaru tersebut.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -