Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Input Output Dasar C++ dan Penjelasannya

Bahasa pemrograman C++ juga disertai dengan beberapa pustaka yang dapat menyediakan berbagai cara untuk menampilkan nilai input dan output. Pada C++, nilai input dan output ditampilkan pada form dari sebuah urutan byte atau lebih umum dikenal dengan istilah stream atau aliran data.

Sebelum mempelajari materi tentang Input Output Dasar C++ dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Membuat Program C++ dan Penjelasannya, Perbedaan Void Main dan Main C++ Beserta Penjelasannya, dan Tipe Data C++ dan Penjelasannya.

Pada setiap program komputer terutama C++, beberapa komputer data diambil sebagai nilai input atau masukkan dan menghasilkan data yang selesai diproses sebagai bentuk output atau keluaran yang mengikuti siklus input > proses > output. Oleh karena hal tersebut, maka sangat penting untuk dapat mengetahui bagaimana cara untuk menyediakan data sebagai bentuk input dan kemudian menyajikan data hasil dalam bentuk yang diinginkan atau nilai output. C++ mendukung serangkaian fungsi dan operasi I/O, input output, untuk melakukan hal tersebut, karena fungsi-fungsi yang dimiliki merupakan bentuk fitur-fitur yang canggih, dimana program perlu juga mengetaui bahwa banyak dari program itu sendiri sebelum dilakukan implementasi pada jenis program apapun, terutama C++. 

Catatan: bahaw C++ mendukung semua bentuk rangkaian fungsi input output I/O, yang jumlahnya sangat banyak pada C. 

Stream C++
C++ IO penggunaannya didasarkan pada stream, urutan byte yang mengalir masuk dan keluar dari program. Sistem input output pada C++ dirancang untuk bekerja dengan berbagai jenis perangkat, termasuk perangkat terminal, disk penyimpanan data, dan tape drive. Sistem input-output menyuplai nilai antarmuka ke program yang tidak bergantung pada perangkat aktual yang diakses. Antar muka tersebut kemudian dikenal sebagai aliran atau stream. Aliran adalah urutan byte yang bertindak baik sebagai sumber darimana data tersebut diperoleh atau sebagai tujuan kemana data output akan dikirim. Stream atau aliran sumber yang menyediakan data ke program disebut sebagai aliran input atau stream input, dan aliran yang tujuan akhirnya adlah menerima nilai keluaran dari program disebut sebagai stream output. 

Input Stream: jika arah dari aliran byte berasal dari perangkat seperti keyboard, maka aliran data tersebut akan diteruskan ke memori utama dan kemudian akan diproses, yang dikenal dengan istilah proses input.

Output Stream: jika arah dari aliran byte data adalah berkebalikan dari input stream, dimana alirannya berasal dari memori utama ke perangkat tampilan seperti monitor, maka proses tersebut dikenal dengan istilah proses output.

File header yang tersedia pada C++ untuk operasi Input dan Output adalah sebagai berikut:
  • iostream: iostream merupakan singkatan dari standar "input-output stream", dimana file header ini mengandung definisi dari objek seperti cin, cout, cerr, dan lain sebagainya.
  • iomanip: iomanip merupakan singkatan dari "input-output manipulators", dimana method yang dideklarasikan pada file ini akan digunakan untuk manipulasi stream. File ini mengandung definisi dari setw, setprecision, dan lain sebagainya.
  • fstream: File header ini umumnya mendeskripsikan file stream pada C++. File header ini digunakan untuk menangani data yang akan dibaca dari sebuah file sebagai nilai input atau data yang akan ditulis ke file output.

Dua buah instance pada C++ yaitu cout dan cin dari class iostream lebih sering digunakan untuk mencetak nilai output dan mengambil nilai input secara bergantian. Dua nilai instance tersebut merupakan method dasar yang sering digunakan untuk mencetak nilai dan mengambil nilai pada C++. Penggunaan cin dan cout pada C++ harus menyertakan file header iostream pada program yang akan digunakan.

Standar Output Stream (cout): Umumnya perangkat standar output digunakan untuk menampilkan nilai output pada layar monitor, dimana statement C++ cout statement merupakan bentuk instance dari class ostream, yang biasa digunakan untuk menghasilkan nilai output pada perangkat standar output yang umumnya digunakan untuk menampilkan nilai pada layar monitor. Data yang dibutuhkan untuk menampilkan nilai pada layar akan dimasukkan pada standar output stream (cout) menggunakan operator insertion (<<).

Contoh:

#include <iostream>


using namespace std;


int main()

{

char sample[] = "Makan";

cout << sample 

<< " dan Makan";


return 0;

}

Output:
Makan dan Makan

Pada contoh program sebelumnya, operator insertion (<<) memasukkan nilai dari contoh variabel string yang diikuti dengan string "Makan dan Makan" dalam standar output stream cout yang kemudian akan menampilkan nilainya pada layar monitor.

Standar Input Stream (cin): Umumnya perangkat input pada sebuah komputer yang digunakan adalah keyboard, dimana statement C++ merupakan sebuah instance dari class istream, dan digunakan untuk membaca nilai input dari perangkat standar input yang umumnya berupa perangkat keyboard.

Operator Ekstraksi (>>): Merupakan operator yang digunakan bersamaan dengan object cin untuk membaca nilai input. Operator ekstraksi akan mengekstrak data dari objek cin yang dimasukkan menggunakan perangkat keyboard.

Contoh:

#include <iostream>


using namespace std;


int main()

{

int age;


cout << "Enter your age:";

cin >> age;


cout << "\nYour age is: " 

<< age;


return 0;

}

Input:
18

Output:
Enter your age:
Your age is: 18


Pada contoh program sebelumnya ditanyakan sebuah input nilai kepada user berupa nilai usia. Object cin pada program terhubung ke perangkat input, dimana nilai usia atau age kemudian dimasukkan oleh user dari operator cin menggunakan operator ekstrasi (>>) dan kemudian melakukan ekstrak data yang disimpan pada variabel age yang ditampilkan pada bagian sisi kanan dari operator ekstraksi.

Un-buffered Standar Error Stream (cerr): Operator C++ cerr merupakan stream standar error yang digunakan untuk output nilai error, yang biasa disebut juga sebagai instance dari class iostream. Instance cerr pada C++ merupakan instance un-buffered, yang digunakan ketikan dibutuhkan untuk menampilkan pesan error secepatnya pada program yang sedang dijalankan. Instance ini tidak memiliki nilai buffer apapun untuk disimpan pada pesan error dan akan ditampilkan kemudian setelah dipanggil.

Perbedaan utama antara cerr dan cout pada C++, adalah ketika ingin menampilkan nilai ouput secara langsung menggunakan "cout" yang akan mendapatkan nilai yang berasal dari file, sedangkan jika menggunakan "cerr", maka pesan error tidak akan disimpan pada file yang sedang dijalankan.

Contoh:

#include <iostream>


using namespace std;


int main()

{

cerr << "An error occurred";


return 0;

}

Output:
An error occurred

Buffered Standar Error Stream (clog): merupakan instance dari class ostream class dan digunakan untuk menampilkan pesan error pada program, tetapi tidak seperti instance cerr, dimana pada clog pesan error pertama akan dimasukkan pada sebuah buffer dan akan disimpan pada memori sampai buffer tersebut sudah tidak terpenuhi lagi nilainya, atau ketika buffer secara eksplisit melakukan flushed menggunakan fungsi flush(). Pesan error pada clog akan ditampilkan pada layar monitor ketika instance tersebut digunakan.

Contoh:

#include <iostream>


using namespace std;


int main()

{

clog << "An error occurred";


return 0;

}

Output:
An error occurred

Artikel ini didedikasikan kepada: Alfonsus Dhimas Arai Bimasakti, Aliza Shamita, Amalia Lutfiana, Aniza Alaziz, dan Choirul Niken Khasanah.

5 komentar untuk "Input Output Dasar C++ dan Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan standar input dan ouput pada C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Library standar C++ merupakan pustaka yang menyediakan serangkaian kemampuan bagi proses input dan ouput yang bersifat ekstensif pada program C++.

      Hapus
    2. Pada C++, terjadi suatu aliran pada proses input dan ouput berupaka urutan byte memori pada komputer.

      Hapus
    3. Jika byte mengalir dari perangkat seperti keyboar, disk drive, atau koneksi lainnya.

      Hapus
    4. Input dan output pada C++ berfungsi untuk mengambil dan menampilkan data para perangkat komputer yang sedang digunakan, input berkaitan dengan proses mengambilan data dari perangkat seperti komputer, sedang output biasanya berkaitan dengan perangkat monitor.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -