Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Banjir Akibat Sampah

Sampah merupakan salah satu permasalahan di Indonesia yang tiada hentinya sampah yang berada di pinggir jalan lebih banyak daripada sampah yang berada di tempat sampah. Banyak sampah yang tidak terurus berserakan dan menjadi masalah yang sangat besar. Banjir dimana-mana, banyak polusi udara, pencemaran tanah, dan masih banyak lagi. 

Sebelum mempelajari materi tentang Banjir Akibat Sampah, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Kendala Penggunaan Energi Terbarukan dan Penjelasannya, Cara Menghilangkan Cegukan dan Penjelasannya, dan Asam Urat Beserta Penjelasan Medis dan Gejalanya.

Tidak hanya itu, masih banyak dari kita yang bungkam dan tidak peduli terhadap sampah. Banyak lingkungan yang sudah tercemar oleh sampah, banyak pula bencana alam yang sudah orang lain rasakan karena sampah. Hewan pun telah menjadi korban dari ulah manusia, jadi apa sih yang masih membuat Kamu membuang sampah sembarangan apasih susahnya membuang sampah pada tempatnya. Apakah sulit hanya dengan mengantongi sampah dan membawanya ke tempat sampah, padahal itu mah gampang banget dan bisa memberikan efek yang besar bagi orang lain, lingkungan, bahkan diri kita sendiri. Nanti juga ada yang ngambil, ada yang ngebersihin, kalau model pikiran seperti itu, cuman kamu yang punya dimuka bumi ini sih masih nggak papa, Coba bayangin kalau ada 1000 orang atau lebih yang berpikiran seperti itu? apa nggak mungkin bakal terjadi bencana dimana-mana. Oh saya mah buang sampah karena nggak ada tempat pembuangan sampah, makanya saya buang sampah di kali. Zaman sekarang udah canggih ibu-ibu bapak-bapak segera lapor ke pihak setempat jika tidak ada tempat pembuangan sampah atau langsung aja lapor ke media sosial yang menyediakan pengaduan sampah seperti yang sudah tertera. Jadi, sudah tidak ada lagi ya alasan untuk membuang sampah sembarangan.

Mulai sekarang, Ayo tanamkan niat bahwa kapanpun dimanapun dan bagaimanapun situasi dan kondisinya aku harus membuang sampah pada tempatnya. Saat ini juga sudah banyak loh orang-orang yang tergerak hatinya dan mulai peduli akan sampah seperti pandawara group dan teman-teman kita yang lain, oke Guys. 

Kita bisa belajar dari pihak tersebut bahwa kita tidak harus seperti itu juga. Tidak apa-apa, setidaknya kamu menjaga sampahmu sendiri ayo jadilah warga negara yang bijak dan peduli terhadap sampah. Tidak hanya sampah yang berada dilingkungan kalian sendiri, tapi juga dilingkungan luar kalian, jadi stop buang sampah sembarangan. 

Banjir ialah keadaan dimana suatu daerah dataran yang terendam oleh air. Penyebabnya yaitu karena meningkatnya volume air, curah hujan yang tinggi, dan masih banyak lagi. Banyak sekali penyebab-penyebab banjir, salah satunya yaitu meluapnya air sungai karena sampah. Kita sebagai manusia masih sering melakukan hal-hal yang merusak lingkungan, contohnya ialah membuang sampah sembarangan, menebang pohon secara sembarangan tanpa melakukan tebang pilih, penghijauan hutan, dan mencuci pakaian disungai dengan menggunakan sabun detergen. Tidak hanya itu, masih ada juga beberapa penduduk yang mandi di sungai. Nah, dampak-dampak dari itu semua adalah dapat menyebabkan banjir, saat hujan deras air sungai akan meluap karena banyaknya sampah, sehingga membuat saluran tersumbat sampah hingga akhirnya terjadilah banjir. Penyakit yang akan muncul yaitu diare, karena air banjir sudah terkontaminasi oleh kandungan urine tikus, kucing, dan sampah yang menumpuk. Tempat yang kotor sudah pasti makanan yang ada ditempat tersebut ikut terkontaminasi oleh bakteri. Bakteri tersebutlah yang akan menyebabkan diare. Demam, kurangnya air bersih dan toilet kotor menyebabkan demam karena pada toilet yang kotor sudah pasti tercemar virus dan bakteri dari feses manusia. Influenza, udara yang tercemar akibat pembakaran sampah, asap kendaraan bermotor, dan asap dari cerobong pabrik dapat menjadi salah satu faktor terjadinya influenza. Yang terakhir adalah Asma, asma dapat terjadi juga karena kondisi udara yang kotor dan tercemar. Penebangan hutan secara liar juga dapat menyebabkan bencana banjir karena fungsi dari pohon sendiri ialah menyerap air, jika manusia terus-terusan menebang pohon tanpa melakukan penanaman kembali, maka akan terjadilah banjir karena kurangnya tempat resapan air. Dampak dari sabun detergen juga membuat sungai menjadi tercemar karena adanya kandungan sabun detergen yang membuat makhluk hidup seperti ikan yang hidup disungai menjadi mati. Seperti kejadian pada tahun lalu, yakni pada bulan Oktober tahun 2022 di Mangkang, Semarang terjadi banjir cukup parah di dua kelurahan, yaitu kelurahan Mangkang dan Wonosari. Banjir yang terjadi itu disebabkan oleh banyaknya sampah yang menumpuk dan curah hujan yang sangat tinggi sehingga menyebabkan air hujan meluap cukup tinggi dari sungai Beringin. Selain curah hujan yang tinggi, di Jembatan Wonosari juga terdapat banyak sekali tumpukan-tumpukan sampah sehingga menyebabkan penyumbatan saluran air. Lingkungan yang banyak sampah juga berakibat menebarkan berbagai macam penyakit, baunya yang tidak sedap, serta rusaknya estetika suatu tempat. Maka dari itu kita sebagai manusia hendaknya selalu menjaga kebersihan lingkungan agar dapat menciptakan lingkungan yang indah, sehat, dan bersih. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih hal utama yang perlu dilakukan yaitu membuang sampah pada tempatnya karena itu sangat banyak berpengaruh terhadap keadaan lingkungan.

Baca Juga:

Berikut upaya siswa untuk menjaga kebersihan sekolah, antara lain:
  • Membiasakan siswa-siswi untuk tidak membuang sampah sembarangan. Melainkan membuang sampah ditempat yang sudah tersedia. Sampah berwarna hijau untuk sampah jenis organik (daun kering, kulit buah, dan lain-lain). Sampah berwarna kuning untuk jenis sampah anorganik (botol plastik, plastik dari jajanan ringan, minuman kaleng, dan lain-lain). Dan sampah berwarna merah untuk jenis sampah B3 (baterai yang sudah tidak terpakai, bohlam lampu, dan lain-lain).
  • Siswa sebaiknya membawa tempat minum sendiri dari rumah karena dengan cara ini sangat berpengaruh terhadap berkurangnya limbah sampah di sekolah dan air minumpun juga terjamin kebersihannya.
  • Membawa kotak bekal, selain mengurangi sampah plastik, membawa bekal dari rumah juga dapat menjamin kebersihan dan kesehatan makanan.
  • Adanya sosialisasi dan kampanye kesadaran lingkungan kepada siswa tentang dampak membuang sampah sembarangan.
  • Siswa dapat membuat kerajinan dari barang bekas contohnya cermin yang diberi hiasan cangkang kerang, lampion mini dari stik ice cream, tempat pensil dari botol bekas, pot bunga dari botol plastik yang diberi cat warna-warni, membuat figura dari stik ice cream, dan lain-lain.
  • Melaksanakan jadwal piket secara teratur, karena kelas yang bersih juga berpengaruh terhadap kondisi saat pembelajaran menjadi lebih tenang.

Tidak hanya itu, upaya lain dari warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, antara lain:
  • Adanya kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan cara membuang sampah pada tempatnya.
  • Tidak membakar sampah karena asap dari sampah mengandung banyak polutan beracun, sehingga dapat menganggu pernafasan.
  • Membawa tote bag saat berbelanja di pasar.
  • Mengelolala sampah dengan cara pembuatan bank sampah.
  • Rumah tangga dapat mengolalah kembali sampah menjadi pupuk
  • Membuat ecobrick menggunakan botol bekas yang diisi dengan sampah plastik bekas minuman. Ecobrick yang sudah terkumpul banyak dapat dijadikan sebagai bangku aesthetic untuk dipajang di rumah.
  • Membuat kerajinan menarik dari barang bekas sehingga barang tersebut memiliki nilai harga tinggi dan dapat dijual.

Ditulis oleh: Aulia Nissa Rohma, Tugas Perbaikan Nilai.

Referensi Tambahan:

5 komentar untuk "Banjir Akibat Sampah"

  1. Sampah itu sebenarnya cuma masalah sudut pandang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, dimana orang yang tidak membutuhkannya, maka barang-barang sisa yang sudah tidak dipakai akan disebut sampah.

      Hapus
    2. Sementara bagi yang lain, yang bisa melihat peluang, sisa barang yang sudah tidak dipakai lagi itu disebut material, karena jika diolah kembali akan menghasilkan barang baru dengan nilai guna dan nilai juga yang berbeda.

      Hapus
  2. Apakah cara terbaik menghilangkan sampah plastik adalah dengan proses pembakaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, namun butuh pengondisian khusus agar sisa bakaran tidak menjadi polutan dan tetap mencemari lingkungan.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -