DAFTAR LABEL POPULER PENELITIAN.ID
DAFTAR LABEL POPULER PENELITIAN.ID
Tampilkan selengkapnya
Tampilkan lebih sedikit
Jangan Buka Artikel Ini!
DAFTAR ARSIP POSTING PENELITIAN.ID
DAFTAR ARSIP POSTING PENELITIAN.ID
Sistem Penamaan Bahasa Pemrograman Java
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Tata cara penamaan dalam bahasa pemrograman Java merupakan tata aturan yang harus diikuti dalam proses pengembangan perangkat lunak agar program aplikasi mudah dibaca dan muda dilakukan perawatan terhadap kode program yang telah dikembangkan tersebut. Bahasa pemrograman Java menggunakan tata tulis CamelCase sebagai praktik penulisan methods, variabel, classes, packages, dan konstanta. Fungsi konvensi penamaan (oracle.com) atau sistem penamaan pada Java membuat program yang dikembangkan dalam bahasa Java menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami oleh para pengembang. Konvensi penamaan ini juga memberikan informasi tentang fungsi dari identifier, baik itu konvensi penamaan pada konstanta, package, dan class yang akan sangat membantu dalam memahami kode program yang telah dibuat.
Camel case dalam bahasa pemrograman Java : tata tulis Camel case dalam bahasa Java mengandung kata atau frase dimana setiap kata atau singkatan dimulai dengan huruf kapital (uppercase dan lowercase).
Camel case dalam bahasa pemrograman Java : tata tulis Camel case dalam bahasa Java mengandung kata atau frase dimana setiap kata atau singkatan dimulai dengan huruf kapital (uppercase dan lowercase).
Penamaan suatu kelas pada Java harus menggunakan kata benda atau nouns, dalam kasus penggunaan kata campuran, maka disertakan dengan huruf pertama dari setiap internal huruf berupa huruf kapital. Usahakan untuk memberikan nama class yang sederhana dan mendeskripsikan isi dari class yang akan didefinisikan tersebut pada Java. Gunakan seluruh kata dan hindari penggunaan akronim atau singkatan, ataupun istilah khusus kecuali singkatan tersebut sudah dikenal secara umum atau luas dan juga sudah digunakan dalam jangka waktu yang sudah relatif lama, seperti URL atau HTML.
Contoh:
class MointainBike implements Bicycle;
class MointainBike implements Bicycle;
class MointainBike implements Bicycle;
class Football implements Sport;
class Football implements Sport;
class Raster;
class ImageSprite;
interfaces:
Interface atau antar muka program; Pembuatan nama interface harus diawali dengan huruf kapital seperti halnya penamaan pada nama class. Contohnya; interface RasterDelegate;, interface Storing;, dan lain sebagainya.
Interface atau antar muka program; Pembuatan nama interface harus diawali dengan huruf kapital seperti halnya penamaan pada nama class. Contohnya; interface RasterDelegate;, interface Storing;, dan lain sebagainya.
Contoh:
interface RasterDelegate;
interface RasterDelegate;
interface Storing;
Baca Juga:
Method:
Sistem penamaan method harus menggunakan kata kerja (verbs) dengan huruf pertama diawali dengan huruf kapital kecil (lowercase) dan setiap kata selanjutnya pada kata internal diawali dengan huruf kapital besar (uppercase).
Contoh:
Void changeGear (int newValue);
void speedUp (int increment);
void applyBrakes (int decrement);
Void changeGear (int newValue);
void speedUp (int increment);
void applyBrakes (int decrement);
void run();
void runFast();
void getBackground();
Variabel:
Sistem penamaan variabel harus menggunakan kata dan makna yang sederhana seta penulisan yang singkat.
Contoh:
/* variabel untuk class MountainBike */
int speed = 0;
int gear = 1;
Sistem penamaan variabel harus menggunakan kata dan makna yang sederhana seta penulisan yang singkat.
- Penamaan variabel tidak boleh dimulai atau diawali dengan underscore ( _ ) atau tanda dollar ( $ ) meskipun penggunaan kedua karakter tersebut diperbolehkan pada sistem penamaan variabel pada Java. Pemilihan nama variabel sifatnya harus gampang agar lebih mudah diingat, dan para pengguna atau pengembang dapat memahami maksud dari penamaan variabel tersebut serta penggunaannya.
- Ditulis dengan kata yang singkat dan serta memiliki makna tertentu yang mudah untuk diingat, nama dirancang untuk menyampaikan maksud dari penggunaannya kepada para pengembang.
- Hindari penggunaan nama variabel yang hanya terdiri dari satu karakter, kecuali untuk jenis variabel yang digunakan sementara.
- Penggunaan variabel sementara biasanya menggunakan huruf i, j, k, m, dan n untuk variabel bilangan bulat atau integer dan huruf c, d, dan e untuk variabel dengan tipe karakter atau char.
/* variabel untuk class MountainBike */
int speed = 0;
int gear = 1;
int i;
char c;
float myWidth;
Variabel konstanta :
- Nama yang digunakan untuk menyatakan nilai class konstanta dan ANSI konstanta semuanya harus menggunakan huruf kapital besar (uppercase) yang tiap katanya dipisah dengan underscore ( _ ). Juga, Penggunaan konstanta ANSI harus dihindari pemakaiannya, gunanya untuk mempermudah proses pencarian debug.
- ada beberapa jenis konstanta yang digunakan untuk predefinisi class seperti Float, Long, String, dan lain sebagainya.
Contoh:
static final int MIN_WIDTH = 4;static final int MAX_WIDTH = 888;
static final int GET_THE_GPU = 13;
/* beberapa jenis konstanta yang menggunakan predefinisi Float class */
public static final float INFINIT_POSITIF = 1.0f / 0.0f;
public static final float INFINIT_NEGATIF = -1.0f / 0.0f;
public static final float TIDAK_TERDEFINISI = 0.0f / 0.0f;
Packages:
/* beberapa jenis konstanta yang menggunakan predefinisi Float class */
public static final float INFINIT_POSITIF = 1.0f / 0.0f;
public static final float INFINIT_NEGATIF = -1.0f / 0.0f;
public static final float TIDAK_TERDEFINISI = 0.0f / 0.0f;
- Kata awal atau prefix pada packages adalah kata yang bersifat unik dan selalu ditulis dengan kapital kecil (lowercase) sesuai standar ANSI dan harus menjadi nama top level domain, seperti .com, .edu, .gov, .mil, .net, .org, atau salah satu dari dua kode dalam bahasa Inggris yang mengidentifikasikan suatu negara dalam Standard ISO 3166, 1981.
- Komponen subsequent dari nama package bervariasi bergantung dari nama konvensi atau kesepakatan penamaan dari organisasi internalnya masing-masing. Seperti contoh, suatu konvensi bisa saja mengelompokkan nama direktori saat ini ke dalam suatu divisi, department, project, nama tipe mesin, atapun juga nama login user.
com.sun.eng
com.apple.quixktime.v2
edu.cmu.bovik.cheese
/* java.lang package pada JDK */
java.lang
Referensi Tambahan:
- 3 Perbedaan Antara JDK JRE dan JVM pada Java [klik]
- Cara JVM Menciptakan Objek dari Main Class pada Java [klik]
- 4 Tahap Eksekusi Platform Independent Java [klik]
- 3 Fungsi Utama JDBC Drivers pada Java [klik]
- Menjalankan Program Tanpa Method Main pada Bahasa Pemrograman Java [klik]
- 4 Contoh dan Mitos Nama Kelas File Pada Java [klik]
- 7 Langkah Menjalankan Class File pada Direktori Java [klik]
Menggunakan Blog Sebagai Sarana Hobi Menulis.
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar
Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2514-6106
Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.
Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.
~ Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya ~
Postingan populer dari blog ini (30 Hari)
Leger Nilai Peserta Didik Angkatan Tahun Masuk 2021 2022 - 2023 2024
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Leger Nilai Peserta Didik Angkatan Tahun Masuk 2020 2021 - 2022 2023
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Penggunaan fflush(stdin) Bahasa C dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Pengertian Asosiasi Komposisi dan Agregasi Java
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Enkapsulasi Java dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Enkapsulasi didefinisikan sebagai pembungkusan data dalam satu buah unit. Enkapsulasi adalah mekanisme yang mengikat code program dan data yang dimanipulasi secara bersamaan pada bahasa pemrograman Java. Cara lain untuk berpikir mengenai enkapsulasi adalah upaya untuk melindungi atau sebagai perisai proteksi yang mencegah data untuk diakses oleh pihak luar.
Specifier %d dan %i Bahasa C dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Sebuah format specifier adalah urutan sekuensial oleh inisial tanda persen (%) yang mengindikasikan sebuah format specifier , yang digunakan untuk menentukan tipe dan format dari data untuk diambil dari stream dan menyimpannya menuju lokasi yang ditunjuk oleh argumen tambahan. Singkatnya, hal ini memberitahukan tipe dari data mana yang akan disimpan dan tipe data apa yang akan dicetak.
Membuat Rumus Matematika Bahasa C Menggunakan Library Math.h
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
4 Kesalahan Umum yang Sering Terjadi pada PTK
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Ciri khas PTK adalah adanya tindakan secara nyata dan konkret yang dilakukan oleh peserta didik atas dasar instruksi dari guru. Tindakan tersebut tidak boleh sembarangan, tetapi harus dapat dibenarkan secara teoretis. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah, bahwa tindakan tersebut harus sesuai dengan tugas profesional seorang guru, dan juga tindakan tersebut tidak boleh mengubah situasi alamiah pembelajaran yang telah ada.
7 Paradigma Penelitian pada Statistika Penelitian
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Pada kegiatan penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada sebuah asumsi kejadian yang tidak dapat diklasifikasikan, serta korelasi kejadian yang bersifat kausal sebab akibat, maka seorang peneliti dapat memfokuskan kegiatannya pada pengamatan beberapa variabel saja . Korelasi pola pada setiap variael yang diamati tersebut selanjutnya akan dikenal sebagai paradigma penelitian atau model penelitian .
Cara Membuat Drag and Drop pada HTML
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Drag dan drop adalah sebuah konsep interaktif yang yang memudahkan user dalam menggerakkan object dari satu lokasi ke lokasi yang lain dengan cara menyeretnya ( drag ). Hal ini memungkinkan user untuk melakukan klik dan menahan klik mouse tersebut kemudian membawa elemen yang diseret menuju ke lokasi yang lain, kemudian melepaskan tombol klik mouse untuk menjatuhkan ( drop ) elemen yang diseret tersebut ( drag ). Pada HTML 5 drag dan drop lebih mudah untuk membuat bentuk programnya dan juga lebih mudah untuk digunakan.
Postingan populer dari blog ini (All Time)
Cara Menggunakan Method Overloading Java dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Overloading memungkinkan berbagai method yang berbeda untuk memiliki nama yang sama, tetapi dengan signature yang berbeda pada bahasa pemrograman Java. Signature dapat berbeda oleh angka dari input parameter atau tipe dari input parameter atapun juga keduanya. Overloading juga berkaitan dengan compile time (atau static ) polymorphism .
Enkapsulasi Java dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Enkapsulasi didefinisikan sebagai pembungkusan data dalam satu buah unit. Enkapsulasi adalah mekanisme yang mengikat code program dan data yang dimanipulasi secara bersamaan pada bahasa pemrograman Java. Cara lain untuk berpikir mengenai enkapsulasi adalah upaya untuk melindungi atau sebagai perisai proteksi yang mencegah data untuk diakses oleh pihak luar.
Acces Modifier Java dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Menerima Turunan Program Java Menggunakan Inheritance
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
Operator Relasi dan Logika Bahasa C dan Fungsinya
Dipublikasikan Oleh
elfanmauludi
mo tanya, emang ada konvensi penamaan yang digunakan untuk nama proyek dan nama kelas di Java?
BalasHapusIya, setiap aturan penamaan punya konvesi dalam pembuatan aturannya masing-masing, tapi sifatnya tidak tidak baku, tergantung juga dari IDE yang digunakan, beberapa jenis IDE juga ada yang mengacuhkan sistem penamaan tersebut.
HapusContoh, SUN menggunakan PascalCase untuk project penamaannya. Eclipse berpendapat lebih baik menggunakan semua jenis lowercase dalam sistem penamaan, ada juga yang menggunakan camelCase. Yang jelas, tidak atau aturan yang benar-benar baku dalam penulisan project selama sistem penamaan tersebut sifatnya konsisten dan tidak menyulitkan pengguna lain dalam membaca program dan tidak mengalami conflict dengan nama class.
Ga masalah, jika nama project dicocokkan dengan nama class. Klo gw pakenya Shiva PascalCase untuk penamaan project.
HapusPernah dengar dari mastah, nama project itu bisa dibuat menggunakan aturan apa saja seperti camelCase, PascalCase, hypen, underscore pada awal kata, yang jelas artifak harus selalu dalam lowercase dengan underscore atau tanda hubung.
HapusBaru belajar Java seminggu terakhir, awalnya kode yang dibuat masih aman. Tapi, lama-lama mulai bermasalah sama sistem penamaan Java. Kalo dilihat di tutorial nama kelas harus diawali dengan huruf besar. Tapi klo dilihat kode yang udah ditulis, rata-rata nama kodenya dibuat dengan huruf kecil:
BalasHapusimport java.io.*;
import java.util.*;
class orange implements Comparator {
public int mango(...) {
}
}
class jason {
public static void main(String args[]) throws java.io.IOException {
{
//content here
}
}
}
Seperti yang dilihat, nama program dimulai dengan huruf kecil. Trus pas di compile n dijalankan, semua tetap bisa jalan ternyata. Agak khawatir soalnya kebiasan kayak gini kira-kira bakal buat kode program jadi error ga nantinya?
Kode program dijalankan menggunakan OpenJDK/Iced Tea.
Programmer yang baik seharusnya mengikuti aturan dari konvensi penamaan khususnya dalam setiap bahasa pemrograman, tujuannya agar kode program yang dibuat lebih rapi dan lebih efektif dibaca pengguna lain.
HapusKonvensi penamaan aslinya cuma aturan kesepakan aja bukan aturan baku dari sebuah sistem penamaan. Bahasa Java tidak mempedulikan aturan penamaan tersebut. Tapi, jika kode program dibuat tidak sesuai dengan standar aturan penamaan, kemungkinan nanti kode program yang sudah dibuat tersebut bakalan sulit untuk dibaca ataupun dipahami oleh orang lain.
HapusDAFTAR RUJUKAN
BalasHapushttps://www.oracle.com/java/technologies/javase/codeconventions-namingconventions.html