Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instance Variabel Hiding Java dan Fungsinya

Artikel ini menjelaskan tentang Instance Variabel Hiding pada Program Java beserta contoh dan penjelasan fungsi-fungsinya.


Instance Variabel Hiding pada Java
Ilustrasi Variabel Hiding Java


Pada Java, jika variabel lokal dalam method dengan nama yang sama sebagai variabel instance, maka variabel lokal akan menyembunyikan variabel instance. Jika ingin mencerminkan perubahan yang dibuat ke variabel instance, maka dapat dilakukan dengan bantuan referensi berikut ini.


Contoh:

class Test 

// Variabel Instance atau

// anggota variabel.

private int value = 10

 

void method(){ 

// Variabel lokal

// menyembunyikan variabel

// instance. 

int value = 40

 

System.out.println("Nilai "

+"dari variabel instance :"

+this.value); 

System.out.println("Nilai "

+"dari variabel lokal :"

+value);} 

 

class UseTest 

public static void main(String args[]

{Test obj1 = new Test(); 

obj1.method();} 

}

Output:
Nilai dari variabel instance :10
Nilai dari variabel lokal :40


Artikel ini didedikasikan kepada: Wijanarko Cahyo Kristiawan, Yunisa Asfarina, Abad Gandang Azhari, Abraham Dwi Wicaksono, dan Adnan Ghiffari.

5 komentar untuk "Instance Variabel Hiding Java dan Fungsinya"

  1. Jika superclass dan subclass memiliki variabel instance dengan nama yang sama, maka user dapat mengaksesnya menggunakan object subclass, dimana instance dari subclass akan menyembunyikan variabel instance dari superclass terlepas dari tipenya apapun yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java.

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan variabel instance pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Instance variabel adalah variabel yang dideklarasikan pada class tetapi berada di luar dari constructor, method, ataupun block pada Java. Variabel instance dibuat ketika sebuah object telah diciptakan instancenya, dan dapat diakses oleh semua constructor, method, ataupun block pada class.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan variabel hiding pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Variabel hiding terjadi ketika dilakukan pendefinisian variabel dalam child class dengan nama yang sama dengan parent class. Child class dapat mendeklarasikan variabel dengan nama yang sama sebagai variabel yang diwariskan dari parent class, sehingg dapat menyembunyikan variabel yang diwariskan.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -