Pinned

Cara Menentukan Nilai Variabel Static Final Java dan Fungsinya

Pada artikel ini akan dijelaskan tentang cara menentukan nilai variabel static final Java beserta contoh dan penjelasan fungsi-fungsinya.

Cara Sederhana Menetapkan Nilai ke Variabel Static Final pada Java
Ilustrasi Nilai Variabel Static Final Java

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Cara Menentukan Nilai Variabel Static Final Java dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Static Method dan Instance Method Java dan Fungsinya [klik], Shadowing Fungsi Static Java dan Fungsinya [klik], dan Overloading dan Overriding Static Java dan Fungsinya [klik].

Variabel final non static dapat diberi nilai baik dalam constructor ataupun juga melalui deklarasi. Namun, variabel final static tidak dapat diberi nilai dalam constructor, variabel harus diberi nilai dengan deklarasinya sendiri dalam bahasa pemrograman Java. Contoh, perhatikan program berikut ini.

class Test { 
/* i dapat menetapkan sebuah nilai disini, dalam constructor, atau dalam block-nya sendiri */ 
final int i; 
Test() 

i = 10; 

/* komponen lain di dalam class */ 


Jika i sebagai final static maka harus menetapkan nilai menuju i dengan deklarasi.

class Test { 
/* Ketika i adalah static final, maka harus ditetapkan nilainya disini atau di dalam block static */
static final int i; 
static

i = 10; 

/* komponen lain dalam class */ 


Behavior secara jelas adalah static variabel yang dibagikan diantara semua object di dalam class, menciptakan object baru dapat mengubah variabel static yang sama yang tidak diperbolehkan jika variabel static adalah final.

5 komentar:

  1. Dapatkah memberikan sebuah nilai terhadap variabel static final pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ingin membuat variabel i ke dalam bentuk static final maka user harus memberikan nilai ke variabel i melalui suatu bentuk deklarasi. Perilaku tersebut dilakukan karena variabel static dibagikan diantara semua object class. Dengan membuat object baru akan mengubah variabel static yang sama yang tidak diijinkan jika variabel static sudah dalam bentuk final.

      Hapus
  2. Variabel final tidak lain adalah bentuk dari constance pada Java. User tidak dapat mengubah nilai variabel final setelah dilakukan inisialisasi. User hanya dapat menetapkan ilai saat itu juga pada proses pendeklarasian atau user dapat menetapkan nilai dalam constructor tetapi hanya dapat dilakukan satu kali saja.

    BalasHapus
  3. Dapatkah dilakukan perubahan nilai variabel static pada Java?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Static method dapat dipanggil tanpa perlu membuat instance class pada Java. Method static dapat mengakses anggota data static dan dapat mengubah nilainya pada bahasa pemrograman Java.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2514-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things come from small things -