Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Program Java pada HTML Menggunakan Tag Applets

Tag <applet> pada HTML digunakan untuk melakukan embed Java applets menuju ke dokumen HTML. Tag <applet> bersifat deprecated pada HTML 4.0, dan didukung secara penuh dan sudah tidak didukung lagi penggunaanya semenjak dikeluarkannya tipe terbaru dari HTML yaitu HTML5. Sebagai alternatif pengganti dari tag ini maka diganti dengan tag <embed> dan tag <object>.

11 Atribut Utama untuk Membuat Applets pada HTML
Ilustrasi Applets HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Cara Membuat Program Java pada HTML Menggunakan Tag Applets, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Cara Membuat Teks dengan Format Alamat Menggunakan Tag Address HTML [klik], Cara Membuat Singkatan HTML Menggunakan Tag Acronym [klik], dan Cara Membuat Singkatan HTML Menggunakan Tag Abbr [klik].

Sintak:
<applet attribute1 attribute2....>
<param parameter1>
<param parameter2>
....
</applet>

Atribut: Tag <applet> mengambil sejumlah atribut, dengan salah satu atribut yang penting adalah atribut code. Atribut code digunakan untuk membuat link menuju Java applet dan terhubung terhadap dokumen HTML. Atribut ini menentukan nama file dari Java applet.


<!DOCTYPE html>

<html>

 

<applet 

code="HelloWorld" 

width=200 

height=60>

</applet>

 

</html>


Disini dibuat program HelloWorld pada file class yang mengandung applet. Ukuran atribut width dan height menentukan ukuran lebar dan panjang dari applet dalam satuan pixel ketika atribut dibuka pada browser. Atribut yang tersedia dapat digunakan dalam konjungsi dengan tag <applet> yang diperlihatkan pada tabel 1 berikut:

Tabel 1 Atribut Tag Applet
NAMA ATRIBUTVALUEREMARK
alignleftMenentukan posisi ratan dari applet
right
top
bottom
middle
baseline
alttextMenentukan teks alternatif untuk applet
archiveURLMenenetukan lokasi dari file arsip
borderpixelsMenentukan border sekitar panel applet
codebaseURLMenentukan URL base relatif untuk applet tertentu pada atribut kode
heightpixelsMenentukan panjang dari applet
hspacepixelsMendefinisikan spasi horizontal sekitar applet
mayscriptNilai arbitary apapunMengindikasikan apakah applet Java diizinkan untuk mengakses object   script dari website atau tidak
namenameMendefinisikan nama untuk applet untuk digunakan pada script.
vspacepixelsMendefinisikan spasi vertikal sekitar applet
widthpixelsMenentukan lebar dari applet

Parameter: Pada argumen perintah baris menyiapkan jalur untuk melalui informasi menuju applet setelah parameter mulai dijalankan. Semua informasi yang tersedia untuk applet sebelum dimulai berstatus hard-code. Parameter membuat kemungkinan untuk melakukan generate dan menggunakan data selama runtime pada applet.

Sintak:
<param name=parameter_name value=parameter_value>

Nama ditentukan untuk nama atribut dari tag parameter yang digunakan oleh kode applet sebagai sebuah variabel menuju akses nilai parameter yang ditentukan dalam nilai atribut. Pada solusi ini, applet mampu berinteraksi dengan laman HTML ketika telah di-embed, dan dapat bekerja pada nilai yang disediakan untuk parameter oleh laman selama waktu runtime.

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<applet 

code="HelloWorld" 

width=200 

height=60>

 

<param 

name="message" 

value="HelloWorld">

 

</applet>

 

</html>


Pada penggalan kode program sebelumnya, file applet HelloWorld dapat menggunakan pesan nama variabel untuk mengakses nilai yang tersimpan didalamnya.

Catatan: Masih terdapat beberapa browser yang mendukung penggunaan tag <applet> dengan bantuan plug-in tambahan agar applet tersebut dapat bekerja. Internet Explorer 11 dan versi sebelumnya dapat digunakan dengan bantuan pemasangan plug-in.

6 komentar untuk "Cara Membuat Program Java pada HTML Menggunakan Tag Applets"

  1. Apa fungsi tag applet pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag applet pada html digunakan untuk menyematkan applet Java ke dalam dokumen HTML apapun. Artibut kode pada tag applet digunakan untuk menautkan applet pada html dan juga digunakan untuk menentukan nama file applet Java.

      Hapus
  2. Bagaimana cara menjalankan applet pada halaman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menjalankan applet pada browser atau JDK applet viewer, maka applet perlu ditambahkan ke halaman html dengan menggunakan tag < applet >. User kemudian menentukan URL halaman html ke browser atau ke applet viewer.

      Hapus
  3. Apa fungsi atribut applet pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. CODE, CODEBASE, dan lain sebagainya merupakan atribut dari tag applet. Atribut tersebut digunakan untuk memberikan informasi browser tentang applet. Satu-satunya atribut wajih yang harus digunakan adalah CODE, WIDTH, dan HEIGHT.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -