Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Teks Turun Seperti Tombol Enter Menggunakan Tag BR HTML

Tag <br> pada HTML digunakan untuk memberikan line break tunggal (baris enter). Tag ini adalah tag kosong yang tidak mengandung tag akhiran.


Cara Membuat Teks Turun Seperti Tombol Enter Menggunakan Tag BR HTML
Ilustrasi Tag BR HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Cara Membuat Teks Turun Seperti Tombol Enter Menggunakan Tag BR HTML, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Pengaturan Tag Body pada HTML [klik], Cara Mengubah Arah Cetak Teks Menggunakan Tag Blockquote HTML [klik], dan Cara Membuat Ukuran Huruf Menjadi Besar Menggunakan Tag Big HTML [klik].

Baris-baris teks yang terdapat pada halaman web tidak akan terpisahkan otomatis antara satu kata dengan yang lainnya meskipun penulisannya dibuat secara secara terpisah. Untuk dapat memisahkan baris-baris teks dalam halaman html maka digunakan Tag <Br>. Br merupakan singkatan dari  Break, atau pada komputer dapat dipahami seperti tombol ENTER yang digunakan untuk memisahkan baris pada untaian kalimat atau teks.

Sintak:
<br>


Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

tag br

</title>

 

<style>

body 

{

text-align:center;}

 

h1 

{

color:green;}

</style>

</head>

 

<body>

<h1>

ElfanMauludi

</h1>

 

<h2>

Tag br

</h2>

 

<!-- tag br digunakan disini -->

<p>

BloTIK: <br> Portal Ilmu Komputer

</p>

</body>

 

</html>

Output:

ElfanMauludi

Tag br

BloTIK:
Portal Ilmu Komputer


Artikel ini didedikasikan kepada: Eka Rahma Anisa, Febrian Tika Woro Sukmana, Ferdida Zohanda Yulio, Haris Wahyu Darmawan, dan Husna Niswatan Afifah.

10 komentar untuk "Cara Membuat Teks Turun Seperti Tombol Enter Menggunakan Tag BR HTML"

  1. Apa fungsi dari tag br pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen line break atau < br > merupakan elemen yang digunakan untuk menghasilkan jeda baris dalam teks pada dokumen html. Elemen ini berguna untuk menulis puisi atau alamat, dimana pembagian baris signifikan diperlukan pada penulisan dokumen tersebut.

      Hapus
    2. Pada html, tag < br > digunakan untuk jeda baris. Tag ini adalah tag kosong yang tidak memerlukan penambahan tag akhir.

      Hapus
  2. Apakah penggunaan tag br secara berlebihan pada dokumen html akan berdampak buruk pada pembuatan dokumen atau teks tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membuat paragraf teks terpisah menggunakan tag < br > bukan hanya praktik yang buruk, tetapi juga akan bermasalah bagi orang yang bernavigasi dengan bantuan teknologi screen reading.

      Hapus
  3. Apa fungsi tag br html pada situs?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen BR atau Break HTML adalah elemen yang berfungsi menghasilkan jeda baris dalam teks (carriage-return). Tag ini berguna dalam penulisan paragraf untuk menghasilkan karya-karya berbentuk sastra seperti puisi atau juga seperti penulisan alamat rumah, yang pada tahap proses penulisannya sangat membutuhkan pembagian baris.

      Hapus
    2. Dalam html, tag BR digunakan untuk membuat baris barus. Tag ini juga adalah tag kosong yang artinya tag tersebut tidak memerlukan penambahan akhiran tag pada proses penulisannya.

      Hapus
  4. Bagaimana karakteristik dari tag BR pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi berdasarkan beberapa hal yang telah dibahas sebelumnya, dapat dipahami bahwa tag br memeiliki beberapa karakteristik, yaitu:

      1. Berfungsi untuk membuat baris baru pada teks dalam dokumen html.
      2. Penggunaan tag br lebih tepat jika digunakan pada pembuatan puisi atau alamat. Tag br tidak boleh digunakan untuk membuat spasi vertikal antara dua bagian teks atau konten.
      3. Elemen br tidak boleh berisi konten apapun dengan sendirinya.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -