Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengukur Nilai Variabel Bahasa C Menggunakan Operator Sizeof

Pada artikel ini akan dijelaskan cara mengukur nilai variabel Bahasa C menggunakan operator sizeof beserta fungsi dan penjelasannya.



2 Cara Penggunaan Operand untuk Operator Sizeof pada Bahasa C
Ilustrasi Operand Sizeof Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Mengukur Nilai Variabel Bahasa C Menggunakan Operator Sizeof, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Memeriksa Ukuran Variabel Bahasa C Menggunakan Sizeof [klik], Tanda Koma Bahasa C dan Fungsinya [klik], dan Evaluasi dari Operand Bahasa C [klik].

Operator sizeof bekerja dengan beberapa operand  yang memiliki fungsi tertentu pada program bahasa C yang dijelaskan sebagai berikut.

satu, type-name: type-name harus ditentukan dalam parentheses.
sizeof (type-name)

dua, Eskpresi: eskpresi dapat ditentukan dengan atau tanpa parentheses.
sizeof expression

Baca Juga:

Ekspresi hanya digunakan untuk tipe dari operand dan tidak untuk evaluasi. Contoh, berikut adalah contoh program dengan nilai variabel i adalah 5.

Contoh:

#include <stdio.h>

 

int main()

{

int i = 5;

int int_size = sizeof(i++);

printf("\n ukuran dari i = %d", int_size);

printf("\n nilai dari i = %d", i);

 

getchar();

 

return 0;

}

Output:
ukuran dari i = depends on compiler
nilai dari i = 5

6 komentar untuk "Mengukur Nilai Variabel Bahasa C Menggunakan Operator Sizeof"

  1. Operator sizeof() umumnya digunakan dalam bahasa pemrograman C. Fungsi dari operator ini adalah untuk menentukan ukuran ekspresi atau tipe data yang ditentukan dalam jumlah unit penyimpanan burukuran karakter. Operator sizeof() berisi operan tunggal yang bisa berupa eskpresi ataupun typecast data dimana cast-nya adalah tipe data yang diapit dalam tanda kurung.

    BalasHapus
  2. Sizeof adalah operator unary dalam bahasa pemrograman C dan C++. Operator ini digunakan untuk menghasilkan ukuran penyimpanan ekspresi atau tipe data tertentu, yang diukur dalam jumlah unit berukuran karakter. Sehingga, ukuran construct sizeof (char) dipastikan akan bernilai 1.

    BalasHapus
  3. Apa yang dimaksud dengan sizeof array dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator sizeof pada sebuah array adalah operator sizeof yang mengembalikan total memori yang ditempati oleh array dalam satuan byte. Untuk menentukan jumlah elemen dalam array, caranya adalah dengan membagi total memori yang ditempati oleh array dengan ukuran dari setiap elemen.

      Hapus
  4. Apa yang dimaksud dengan operator unary dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Operator unary adalah jenis operator yang mengambil satu nilai operan atau argumen yang digunakan untuk melakukan suatu operasi. Operasi unary adalah bentuk operasi dengan hanya melibatkan satu operan saja. Operan ini datang sebelum atau sesudah dari nilai operator. Selain itu, operaty unary tidak dapat dilakukan override, sehingga fungsionalitasnya dapat terjamin.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -