Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator Koma Bahasa C dan Fungsinya

Pada bahasa C dan C++, tanda koma digunakan pada dua jenis konteks: sebagai pemisah dan sebagai operator untuk program.

2 Fungsi Utama Operator Koma dalam Bahasa C
Ilustrasi Operator Koma Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Operator Koma Bahasa C dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Mengukur Nilai Variabel Bahasa C Menggunakan Operator Sizeof [klik], Memeriksa Ukuran Variabel Bahasa C Menggunakan Sizeof [klik], dan Tanda Koma Bahasa C dan Fungsinya [klik].

Contoh: Perhatikan PROGRAM 1 dalam bahasa C berikut.

// PROGRAM 1

#include<stdio.h>

 

int main(void)

{

int a = 1, 2, 3;

printf("%d", a);

 

return 0;

}


Contoh: Program sebelumnya gagal melakukan kompilasi, tetapi program berikut (PROGRAM 2) dapat dikompilasi dengan baik dan mencetak 1.

// PROGRAM 2

#include<stdio.h>

 

int main(void)

{

int a;

a = 1, 2, 3;

printf("%d", a);

 

return 0;

}


Bagai mana dengan contoh PROGRAM 3? dan kenapa demikian?

Contoh:

// PROGRAM 3

#include<stdio.h>

 

int main(void)

{

int a;

a = (1, 2, 3);

printf("%d", a);

 

return 0;

}


Tanda koma bekerja sebagai pemisah program pada contoh PROGRAM 1 dan mendapati hasil kompilasi program yang error. Tanda koma pada PROGRAM 2 bekerja sebagai operator. Precedence dari operator koma bernilai paling kecil sesuai dengan tabel precedence. Sehingga, operator assignment mengambil alih kedudukan operator koma dan bentuk ekspresi "a = 1,2,3" menjadi ekuivalen dengan ekspresi "(a=1),2,3". Karena hal tersebut, maka nilai output dapat bernilai 1 pada contoh PROGRAM 2.

Pada program 3, tanda kurung (bracket) digunakan pada program, sehingga operator koma dieksekusi terlebih dahulu dan hasil output-nya  adalah bernilai 3.

5 komentar untuk "Operator Koma Bahasa C dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan separator atau pemisah dalam bahasa pemrograman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Separator atau pemisah digunakan untuk memisahkan satu lemen pemrograman dari elemen pemrograman yang lain. Dalam pemrograman bahasa C setiap eskpresi dipisahkan menggunakan karakter spasi, statement dipisahkan dari statement yang lain menggunakan tanda titik koma, Juga dapat digunakan sejumlah karakter spasi untuk memisahkan dua ekspresi dalam suatu bahasa pemrograman.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan operator tanda koma dalam bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa pemrograman C operator koma adalah tanda koma yang digunakan sebagai operator yang digunakan untuk mengevaluasi nilai operand pertama dan mengeluarkan hasilnya, setelah itu dilanjutkan untuk mengevaluasi operand kedua dan mengembalikan nilainya, dimana terdapat titik urutan pada tahap evaluasi proses tersebut.

      Hapus
  3. simptel tandanya, rumit pengoperasiannya, :(

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -