Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator Koma Sebagai Nilai I pada Bahasa C

Menggunakan hasil dari operator koma sebagai nilai I adalah tidak valid pada bahasa C. Tetapi pada C++, hasil dari operator koma dapat digunakan sebagai nilai I jika operand pada bagian kiri dari operator koma adalah nilai I.


Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Operator Koma Sebagai Nilai I pada Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Operator Koma Bahasa C dan Fungsinya [klik], Mengukur Nilai Variabel Bahasa C Menggunakan Operator Sizeof [klik], dan Memeriksa Ukuran Variabel Bahasa C Menggunakan Sizeof [klik].

Jika dilakukan kompilasi program dalam bahasa C++, maka program tersebut dapat berjalan dengan baik dan dapat mencetak nilai b=30. Dan jika dilakukan kompilasi program dengan bahasa C, maka akan memberikan pesan error dalam proses kompilasi progrram.

Contoh:

#include<stdio.h>

 

int main()

{

int a = 10, b = 20;

(a, b) = 30

// Karena variabel b adalah

// l-value, maka statement

// tersebut adalah bernilai

// valid pada C++, namun tidak

// pada bahasa C.

 

printf("b = %d", b);

getchar();

 

return 0;

}

Output:
b = 30

5 komentar untuk "Operator Koma Sebagai Nilai I pada Bahasa C"

  1. Masih kurang paham tentang maksud dari materi pada artikel ini..

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan l-value pada artikel ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. L-value: "l-value" adalah istilah yang mengacu pada lokasi memori yang mengidentifikasi suatu objek dalam bahasa pemrograman. l-value dapat muncul sebagai sisi kiri atau sisi kanan dari operator assignment (=). l-value selring direpresentasikan sebagai suatu identifier dalam bahasa pemrograman. l-value yang dapat dimodifikasi tidak boleh memiliki tipe nilai dalam bentuk array, tipe tidak lengkap, atapun tipe dengan atribut konstanta.

      Hapus
    2. l-value dan r-value mengacu pada sisi kiri dan siskanan dari operator assignment. Konsep l-value mengacu pada persyaratan bahwa nilai operan pada sisi kiri operator assignment dapat dimodifikasi, yang biasanya berupa nilai variabel.

      Hapus
  3. l-value itu maksudnya left value, tak kira apa -__-

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -