Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Const dan #define Bahasa C dan Fungsinya

Keuntungan terbesar dari const terhadap #define adalah tipe pemeriksaan. Programmer juga dapat melakukan pointer menuju ke variabel const, melewatkan nilai variabel const, melakukan typecast dan banyak hal lainnya,  sama seperti halnya pada variabel normal. Salah satu kerugiannya adalah ruang ekstra atau exstra space untuk nilai variabel yang tidak digunakan selama optimisasi selesai dilakukan oleh kompilator yang akan memberatkan kinerja dari komputer selama proses dari program tersebut berjalan.


Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Const dan #define Bahasa C dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Makro Prediksi Cabang pada GCC dan Fungsinya [klik], Makro Offset Bahasa C dan Fungsinya [klik], dan Makro Multibaris Bahasa C dan Fungsinya [klik].

Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara #define dan const pada bahasa pemrograman C.
  • #define adalah preprosesor direktif. Hal-hal yang didefinsikan oleh #define digantikan oleh preprosesor sebelum kompilasi tersebut dimulai dimulai.
  • const adalah variabel nilai aktual seperti halnya variabel normal lainnya.

Secara umum, const adalah pilihan yang lebih baik jika kita ingin membuat sebuah instruksi pilihan pada sebuah program. Terdapat situasi dimana #define tidak bisa diganti oleh const. Contoh, #define dapat menggunakan parameter sementara const tidak. #define juga dapat digunakan untuk mengganti beberapa teks program dengan teks program lainnya tetapi tidak untuk const.

Artikel ini didedikasikan kepada: Ali Barokah, Ananda Fama Laudza Dwi Anjani, Anis Setyaningrum, Annas Bhakti Aditama, dan Bayu Permana Putra.

5 komentar untuk "Const dan #define Bahasa C dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan #define pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. #define adalah preprosesor direktif pada bahasa C yang digunakan untuk mendefinisikan makro.

      Preprosesor direktif adalah sebuah statement program yang sebelum dipanggil sebelum dilakukan proses kompilasi program. Sebenarnya, setiap baris yang diikuti dengan karakter # adalah preprosesor, dimana hal ini termasuk juga direktif itu sendiri. Preprosesor direktif digunakan untuk memberikan instruksi umum atau memberikan data yang dibutuhkan untuk digunakan dalam suatu program.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan const pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'const' dalam bahasa pemrograman C menunjukkan nilai dari sebuh konstanta.

      Jika sebuah variabel dideklarasikan sebagai suatu kosntanta menggunakan keyword 'const', maka jika dilakukan perubahan nilai terhadap nilai variabel tersebut sifatnya adalah ilegal.

      Hapus
  3. Variabel dapat dideklarasika sebagai suatu nilai dari konstanta dengan menggunakan keyword 'const' sebelum tipe data tersebut digunakan sebagai nilai variabel. Variabel kosntanta hanya dapat diinisialisasi satu kali saja.

    Nilai default variabel konstanta adalah nol, dan sebuah program yang mendemonstrasikan deklarasi variabel konstanta dalam bahasa C adalah menggunakan keyword 'const'.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -