Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Teks Berformat pada HTML Menggunakan Tag PRE

Tag pre pada HTML digunakan untuk mendefinisikan block atau preformat teks yang merepresentasikan teks space, line break, tab, dan karakter format lainnya yang akan diabaikan oleh web browser. Teks pada elemen <pre> akan ditampilkan dalam bentuk huruf yang tetap, tetapi juga bisa dirubah dengan menggunakan kode CSS. Tag <pre> membutuhkan bagian awalan dan akhiran tag.

2 Contoh Program Penggunaan Tag Pre pada HTML
Ilustrasi Tag Pre HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Membuat Teks Berformat pada HTML Menggunakan Tag PRE, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Membuat Teks Frase HTML Menggunakan Tag Phrase yang Tersedia [klik], Membuat Parameter HTML Mengunakan Tag Param Untuk Plugin Object [klik], dan Membuat Output Dinamis HTML Menggunakan Tag Output [klik].

Sintak:
<pre> Konten... </pre>

Baca Juga: 

Contoh:

<html>

 

<head>

 

<title>

tag pre

</title>

 

</head>

 

<body>

 

<pre>

Blog Elfan, adalah blog tentang ilmu komputer.

</pre>

 

</body>

 

</html>

Output:
Blog Elfan, adalah blog tentang ilmu komputer.

Contoh:

<html>

 

<head>

 

<title>

Tag pre dengan CSS

</title>

 

<style>

pre 

{

font-family: Arial;

color: #009900;

margin: 25px;}

</style>

 

</head>

 

<body>

 

<pre>

Blog Elfan

portal ilmu komputer

</pre>

 

</body>

 

</html>

Output:
Blog Elfan portal ilmu komputer

Artikel ini didedikasikan kepada: Muhammad Fairuz Zahir, Nabilahusna Nurul Imani, Naviatul Fadilla Nurrohmah, Nur Rahma Martiyana, dan Nur Zain Sholeh.

5 komentar untuk "Membuat Teks Berformat pada HTML Menggunakan Tag PRE"

  1. Apa yang dimaksud dengan elemen pre pada dokumen HTML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Elemen HTML < pre > digunakan untuk mewakili teks yang telah diformat sebelumnya yang akan disajikan persis seperti yang tertulis dalam file HTML. Teks biasanya dirender menggunakan font non-proportional, atau "monospace".

      Hapus
    2. Tag < pre > mendefinisikan teks yang telah diformat sebelumnya pada dokumen HTML. Teks dalam elemen tersebut kemudian ditampilkan dalam font fixed-width dengan ukuran lebar yang tetap, dan teks juga akan mempertahankan spasi dan jeda baris.

      Hapus
  2. Apa perbedaan antara tag P dan tag PRE pada dokumen html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag P digunakan untuk mendefinisikan sebuah paragraf pada dokumen html. Dengan tag p, browser secara otomatis akan menambahkan beberapa spasi atau margin sebelum dan sesudah elemen < p >. Sedangkan tag PRE pada html digunakan untuk mendefinisikan teks yang telah diformat sebelumnya. Teks dalam elemen PRE akan ditampilkan dalam font, dan ukuran spasi yang tetap.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -