Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Agama Islam Kelas XI Merdeka Belajar oleh Rahman Dan Kawan

Buku dengan judul BUKU PANDUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI merupakan Buku Sekolah Elektronik Yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan pada Tahun 2021. BUKU PANDUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI adalah buku panduan untuk TENAGA PENDIDIK atau Guru pada mata pelajaran PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) kelas XI (Sebelas). Buku dengan judul BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI telah menggunakan kurikulum Merdeka Belajar yang dibuat oleh Abd. Rahman, dan Hery Nugroho, dan telah ditelaah oleh Fatah Syukur, dan Ahmad Zayadi. Buku dengan judul BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI juga telah diselaraskan oleh tim Supriyatno, Rohmat Mulyana Sapdi, E. Oos M. Anwas, Chundasah, dan Maharani Prananingrum

Buku Guru Agama Islam Kelas XI Merdeka Belajar oleh Rahman Dan Kawan
JUDUL BUKU
  • BUKU PANDUAN GURU PAI
[Baca Online]
KODE BUKU
  • ISBN 978-602-244-454-1 (no.jil.lengkap)
  • ISBN 978-602-244-691-0 (jil.1)
KELAS
  • XI (Sebelas)
PENULIS
  • Abd. Rahman
  • Hery Nugroho

Sebelum mempelajari materi tentang Buku Guru Agama Islam Kelas XI Merdeka Belajar oleh Rahman Dan Kawan, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Buku Guru IPA Kelas X Merdeka Belajar oleh Puspitaningsih Dan Kawan, Buku Guru IPS Kelas X Merdeka Belajar oleh Oktafiana Dan Kawan, dan Buku Guru Agama Islam Kelas X Merdeka Belajar oleh Taufik Dan Kawan.

BUKU PANDUAN GURU PAI juga memiliki desain ilustrasi yang baik yang dikerjakan oleh Aji Mei Supiyanto, serta telah disunting oleh Agus Imam Kharomen. Buku ini juga telah diatur tata letaknya sedemikian rupa oleh Maspuq Muin.  

BUKU PANDUAN GURU PAI diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asiesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang berlokasi di Komplek Kemendikbud Jalan RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan, dengan kode ISBN 978-602-244-454-1 (no.jil.lengkap) dan ISBN 978-602-244-691-0 (jil.1).

Isi buku menggunakan tipe style Linux Libertine 12/16 pt., Philipp H. Poll. xxiv, yang terdiri dari 256 halaman, dengan ketebalan buku 17,6 x 25 cm.

Pada bagian daftar isi, BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) terdiri dari 10 bagian yang berisi materi tentang Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai IPTEK, Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain, Menghindari Perkelahian Pelajar, Minuman Keras, dan Narkoba, Menebarkan Islam dengan Santun dan Damai Melalui Dakwah, Khutbah, dan Tablig, Meneladani Jejak Langkah Ulama Indonesia yang Mendunia, Menguatkan Kerukunan Melalui Toleransi dan Memelihara Kehidupan Manusia, Menguatkan Iman dengan Menjaga Kehormatan, Ikhlas, Malu, dan Zuhud, Adab Menggunakan Media Sosial, Ketentuan Pernikahan dalam Islam, dan Peradaban Islam pada Masa Modern.

Baca Juga:

Latar Belakang:
 BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) merupakan saran penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengetahuan bagi para peserta didik di seluruh Indonesia. Salah satu permasalah utama yang terjadi pada masa otonomi daerah saat ini adalah ketersediaan bahan bacaan atau buku yang sesuai dengan standar nasional pendidikan Indonesia masih kurang, dan cenderung mahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dengan adanya BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS X (oleh Ahmad Taufik dan Nurwastuti Setyowati) diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan Indonesia saat ini.

BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) merupakan buku sekolah elektronik atau buku digital yang dibuat dengan cara mengkonversi file sumber cetak ke dalam format yang mampu dioptimalkan lebih baik untuk diunduh, dibaca, dan diambil dari database penyimpanan atau server, yang terdiri dari data kumpulan teks-teks dan gambar yang dibuat secara sistematis dan tidak digunakan untuk kepentingan cetak.

Meskipun BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah gratis, namun telah ada etika yang harus dipengang oleh pemilik buku, atau peserta didik (pembaca) dalam enggunakan buku digital tersebut, dimana salah satunya dalah tidak boleh mengklaim hasil karya tersebut sebagai hasil karya pribadi, karena hal itu termasuk dalam praktik pembajakan yang dapat dikenai sanksi.

Fungsi dari BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah sebagai media informasi digilta atau elektronik yang dapat dibagikan atau disebarluaskan tanpa perlu dipungut biaya apapun dari para pembacanya. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) juga memberikan ide-ide atau gagasan baru yang dapat digunakan untuk mengungkapkan suatu hal secara lebih mudah melalui media tulisan, serta membantu para peserta didik sebagai alat atau media pembelajaran yang dapat menggantikan peran atau fungsi dari buku konvensional yang dicetak melalui media kertas, yang dapat meningkatkan kemampuan literasi para peserta didik di seluruh Indonesia.

Catatan: Buku Sekolah Elektronik atau (BSE) dengan judul BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) merupakan buku digital yang disediakan oleh Pemerintah Republik Indonesia sesuai dengan amant UU No.3 Tahun 2017. Buku Sekolah Elektronik tidak hanya terdiri dari satu jenjang saja, melainkan semua jenjang pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) juga tersedia para portal unduh di penelitian.id.

Kelebihan Buku:
  1. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) merupakan buku digital yang sangat praktis untuk dibawa kemana saja karena pada dasarnya buku tersebut hanyalah untaian data digital yang tersimpan pada perangkat elektronik seperti smartphone atau komputer. Peserta didik hanya perlu membawa satu perangkat tersebut, dan BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) dapat dibawa dan dibawa dimana saja.
  2. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) tidak perlu ruang penyimpanan khusus, karena dokumen BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) dapat disimpan melalui media penyimpanan gratis seperti google drive, dropbox, dan lain sebagainya.
  3. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah gratis, karena pemerintah sudah membeli lisensi buku tersebut dari penerbit secara langsung dan membagikannya secara gratis kepada semua peserta didik yang ada di seluruh Indonesia.
  4. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah buku yang ramah lingkungan, karena mengurangi jumlah penggunaan kertas untuk mencetak buku tersebut.
  5. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) merupakan buku yang tahan lama, karena buku tersebut pada dasarnya tidak dicetak pada media kertas, melainkan hanya berupa data digital yang disimpan pada perangkat elektronik yang dapat dilakukan perawatan secara baik dan optimal.
  6. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah jenis buku digital yang dapat dikostumisasi pada perangkat. Hal ini dimungkinkan karena buku tersebut pada dasarnya adalah data digital yang dapat dimanipulasi penggunaannya, seperti dilakukan pembesaran ukuran huruf, diubah posisi bacanya dari posisi potrait menjadi posisi lanscape dan lain sebagainya, sehingga membuat peserta didik dapat menjadi lebih nyaman dalam membaca buku.
  7. BUKU PANDUAN GURU PAI KELAS XI (oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho) adalah buku yang bebas dari pembajakan, karena lisensi dari buku telah dibeli oleh pemerintah Indonesia untuk disebarluaskan secara gratis kepada seluruh peserta didik yang ada di Indonesia, bahkan seluruh dunia.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Rea Setya Wulandari, Refnita Jihan Hapsari, Reyhan Altair Pradana, Risky Dian Kurniati, dan Salma Alyafathina.

5 komentar untuk "Buku Guru Agama Islam Kelas XI Merdeka Belajar oleh Rahman Dan Kawan"

  1. Apa kesulitan mempelajari ilmu agama Islam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering menemukan siswa yang belajar pelajaran Agama Islam tapi tidak pernah bisa menerapkannya dikehidupan sehari-hari.

      Hapus
    2. Di sekolah ku ada seorang guru agama cewek, tapi IQ nya lemot, jadi bikin males belajar agama.

      Hapus
  2. Gue mau tanya? emg yang disekolahnya dapat nilai agama islam 100 pasti masuk surga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak pasti, karena disekolah yang diajari adalah ilmu agama, bukan ilmu keimanan, keimanan itu hanya Allah yang bisa menentukan, bahkan iblis yang ilmunya sudah mahatinggi pun tidak bisa menjamin dirinya tetap abadi di surga Allah.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -