Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya

Fungsi rename() pada Bahasa C merupakan fungsi yang digunakan untuk mengubah nama dari file atau direktori yang berasal dari old_name ke new_name tanpa melakukan perubahan konten tampilan pada file. Fungsi rename bahasa C menambil nama dari file sebagai nilai argumenya.

Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya
Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi FSETPOS Bahasa C dan Penjelasannya [klik], File Handling Bahasa C dan Penjelasannya [klik], dan Fungsi FGETS dan GETS Bahasa C dan Penjelasannya [klik].

Jika new_name pada fungsi rename bahasa C adalah nama dari file yang sudah ada dalam folder yang sama, maka fungsi akan menghasilkan proses yang gagal atau mengalami override terhadap file yang sudah ada, namun bergantung pada sistem spesifik dan implementasi pustaka yang digunakan.

Sintak: int rename (const char *old_name, const char *new_name);

Parameter Fungsi Rename Bahasa C
  • old_name: nama dari file yang sudah ada yang akan dilakukan rename nama file.
  • new_name: nilai string yang mengandung nama file baru dari suatu file.

Nilai Return: Fungsi rename mengembalikan tipe dari fungsi sebagai sebuah nilai integer. Jika nilai file yang dilakukan rename berhasil, maka akan mengembalikan nilai zero, sebaliknya, jika proses gagal, maka akan mengembalikan nilai nonzero.

Asumsikan bahwa sebuah file teks memiliki nama "bonbon.txt", dengan beberapa konten. Selanjutnya akan dilakukan rename terhadap file tersebut menggunakan program bahasa C pada folder yang sama dimana file tersebut ditampilkan.

Baca Juga:

Contoh:

// Program bahasa C untuk

// mendemonstrasikan

// penggunaan fungsi rename().

#include<stdio.h>


int main()

{


// Nama file lama

char old_name[] = 

"bonbon.txt";


// String apapun

char new_name[] =

"makandanmakan.txt";

int value;


// Nama file mengalami

// perubahan

value = rename(old_name,

 new_name);


// Cetak hasil

if(!value)

{printf("%s", "File name

 changed successfully");}


else

{perror("Error");}


return 0;

}

Output:
Jika file berhasil rename: File name changed successfully
Jika file tidak berhasil rename: Error: No such file or directory

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Jessica Juliana PatenuJuan Zerlinda ElvaretthaKhairun NisaKhoirunnisa Nabila, dan Krisna Putra Sani.

5 komentar untuk "Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi rename pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi rename bahsa C merupakan fungsi yang digunakan untuk mengganti nama file dari suatu file lain yang telah tersedia pada direktori penyimpanan program bahasa C.

      Hapus
  2. Apa manfaat fungsi rename bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat fungsi rename pada bahasa C adalah untuk mengganti nama file yang telah dibuat sebelumnya dengan nama file baru pada direktori penyimpanan yang sama.

      Hapus
    2. Fungsi rename itu gunanya untuk ganti nama file, misal sebuah file telah tercipta dari proses program bahasa C, namun namanya kurang tepat, jadi untuk mengganti nama file yang telah diciptakan menggunakan bahasa C tersebut, maka fungsi yang dapat digunakan untuk proses tersebut adalah fungsi rename bahasa C.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -