Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi TMPFILE Bahasa C dan Penjelasannya

Pada bahasa pemrograman C, fungsi tmpfile() merupakan fungsi yang digunakan untuk menghasilkan sebuah file sementara pada komputer. Fungsi tmpfile() didefinisikan pada file header "stdio.h". Fungsi tersebut menciptakan sebuah file sementara yang secara otomatis akan dihapus setelah program dimatikan. Fungsi tmpfile() akan membuat file dalam mode pembaruan biner atau pada mode wb+.

Fungsi TMPFILE Bahasa C dan Penjelasannya
Fungsi TMPFILE Bahasa C dan Penjelasannya

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Fungsi TMPFILE Bahasa C dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi Rename Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik], Fungsi FSETPOS Bahasa C dan Penjelasannya [klik], dan File Handling Bahasa C dan Penjelasannya [klik].

Sintak Fungsi tmpfile(): FILE *tmpfile(void)

Fungsi tmpfile() pada bahasa C akan selalu mengembalikan sebuah pointer setelah pembuatan file ke file tipe sementara. Jika pada suatu kondisi tertentu ternyata file sementara tidak bisa dibuat, maka fungsi tmpfile() akan mengembalikan nilai pointer NULL.

Baca Juga:

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// mendemonstrasikan cara

// kerja fungsi tmpfile().

#include <stdio.h>


int main()

{

char str[] = "Hello Jumanji";

int i = 0;


FILE* tmp = tmpfile();


if (tmp == NULL)

{

puts("Unable to create temp

 file");

return 0;

}


puts("Temporary file is

 created\n");


while (str[i] != '\0')

{

fputc(str[i], tmp);

i++;

}


// Fungsi rewind() berfungsi

// untuk mengatur file pointer

// pada bagian awal stream.

rewind(tmp);


while (!feof(tmp))


putchar(fgetc(tmp));

}

Output:
Temporary file is created
Hello Jumanji

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Juan Zerlinda ElvaretthaKhairun NisaKhoirunnisa NabilaKrisna Putra Sani, dan Kukuh Raharjo.

6 komentar untuk "Fungsi TMPFILE Bahasa C dan Penjelasannya"

  1. Kenapa TMP file harus dihapus pada program bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu banyak file sementara atau tmp file pada program bahasa C dapat mengakibatkan habisnya ruang penyimpanan file yang terdapat pada komputer.

      Hapus
    2. File-file sementara atau tmp file pada program bahasa C yang belum dihapus akan terakumulasi dari waktu ke waktu dan dapat memengaruhi memori yang tersedia untuk komputer yang digunakan ketika menjalankan suatu proses atau program pada bahasa C.

      Hapus
    3. File tmp harus dipertimbangkan untuk dihapus pada memori komputer ketika ruang penyimpanan telah penuh dan dapat menghambat performa dari komputer itu sendiri ketika memproses suatu program dalam bahasa C.

      Hapus
  2. Apa fungsi dari tmp file pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi tmpfile adalah untuk membuat file sementara dan mengembalikan nilai pointer ke suatu stream pada program bahasa C. File sementara yang dibuat pada komputer akan disimpan pada bagian direktori root, dimana untuk membuat file sementara tersebut digunakan fungsi tmpfile(). Juga, ketika proses pembuatan file sementara tersebut gagal, maka akan mengembalikan nilai pointer NULL pada program.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -