Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Komentar Dengan HTML

Tag komentar digunakan untuk menambahkan komentar pada kode program HTML. Komentar tidak akan ditampilkan pada browserTag komentar dapat digunakan untuk memberikan penjelasan pada kode program, yang dapat membantu ketika melakukan edit kode program pada pengembangan selanjutnya. Tag komentar sangat efektif digunakan untuk membantu memberikan penjelasan pada program yang terdiri dari banyak baris kode program.


Sebelum mempelajari materi tentang cara Membuat Komentar Dengan HTML, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Pembagian Layout pada HTML dan CSS, Cara Menggunakan File Path pada HTML, dan Cara Membuat Iframe pada HTML.

Komentar merupakan elemen penting dalam pengembangan web yang memungkinkan pengembang untuk menyisipkan catatan atau penjelasan di dalam kode HTML tanpa memengaruhi tampilan halaman web. Komentar tidak akan ditampilkan pada halaman web saat dirender oleh browser, namun, mereka bermanfaat bagi pengembang untuk memberikan keterangan atau instruksi kepada pembaca kode.

Menambah Komentar dalam Kode HTML

Komentar dalam HTML dimulai dengan <!-- dan diakhiri dengan -->. Berikut adalah cara menambahkan komentar dalam kode HTML:
<!-- Ini adalah contoh komentar dalam HTML. -->
<p>Konten paragraf yang terlihat di halaman web.</p>

Komentar tersebut tidak akan ditampilkan pada halaman web saat di-render oleh browser. Komentar hanya akan terlihat saat melihat kode sumber (View Source) halaman web.

Contoh:
<!--This is a comment. Comments are not displayed in the browser-->
<p>This is a paragraph.</p>

Dukungan browser, yaitu:
  • Google Chrome,
  • Internet explore,
  • Mozilla Firefox,
  • Opera, dan lain sebagainya.

Perbedaan antara HTML 4.01 dan HTML5 pada penggunaan tag komentar adalah tidak ada sama sekali.

Catatan: dapat juga menggunakan tag komentar untuk menyembunyikan kode program dari browser tanpa bantuan dari skrip, sehingga hasilnya tidak ditampilkan sebagai plain teks.

// <script type="text/javascript">

// <!--

// function displayMsg() {

// alert("Hello World!")

// }

// -->

// </script>

// /*catatan : harus tanda '//', kemudian jalankan */


Catatan: dua garis slash '//' pada bagian akhir dari komentar adalah simbol komentar JavaScript. Hal ini mencegah JavaScript untuk mengeksekusi tag '-->'.

Standar atribut
Tag komentar tidak mendukung penggunaan atribut standar apapun pada tag tersebut.

Fungsi komentar dalam pembangunan halaman web:
  • Penjelasan Kode: Komentar memungkinkan pengembang untuk menambahkan catatan yang menjelaskan fungsi atau tujuan spesifik dari suatu bagian kode. Ini membantu pengembang lain atau diri sendiri di masa depan untuk memahami maksud dan logika dibalik kode tersebut.
  • Debugging dan Pemeliharaan: Dalam proses pemecahan masalah atau debugging, komentar dapat memberikan petunjuk atau informasi yang berguna tentang bagaimana suatu bagian kode seharusnya bekerja atau mengapa kode tertentu ditulis.
  • Kolaborasi Tim: Komentar juga memainkan peran penting dalam kolaborasi tim. Mereka memungkinkan anggota tim untuk berbagi informasi atau pesan yang relevan dengan komponen-komponen tertentu dalam proyek.
  • Dokumentasi: Komentar juga bisa digunakan sebagai bagian dari dokumentasi kode. Mereka membantu dalam menyajikan informasi yang relevan tentang struktur atau fungsi dari suatu proyek bagi pengembang baru atau tim yang terlibat.

Baca Juga:
Best practice dalam penggunaan komentar:
  • Komentari dengan Jelas: Pastikan komentar yang ditambahkan memberikan penjelasan yang jelas dan berguna tentang kode yang dijelaskan.
  • Hindari Komentar yang Berlebihan: Terlalu banyak komentar yang tidak perlu dapat membuat kode menjadi tidak rapi dan sulit dibaca.
  • Perbaharui Komentar: Saat melakukan perubahan pada kode, pastikan untuk memperbarui komentar yang relevan agar tetap akurat.

Dengan memahami penggunaan komentar dalam HTML, pengembang dapat meningkatkan pemeliharaan kode, kolaborasi tim, dan pemahaman atas struktur serta fungsi dari kode yang ditulis. Komentar merupakan alat yang berguna dalam pembangunan halaman web yang rapi, terdokumentasi dengan baik, dan mudah dipelihara.

Komentar adalah elemen penting dalam pengembangan web yang memungkinkan para pengembang untuk menyisipkan catatan atau penjelasan di dalam kode HTML tanpa memengaruhi tampilan pada halaman web. Meskipun tidak terlihat oleh pengguna saat halaman web di-render, komentar memiliki sejumlah kelebihan dalam proses pengembangan:
  • Penjelasan Kode yang Lebih Baik: Komentar memungkinkan pengembang untuk memberikan penjelasan yang lebih baik tentang bagaimana suatu bagian kode seharusnya berfungsi. Ini membantu dalam memahami logika atau tujuan di balik kode tertentu, membantu para pengembang saat membaca atau memodifikasi kode di masa depan.
  • Kolaborasi Tim yang Lebih Efektif: Dalam situasi kolaborasi tim, komentar menjadi kunci untuk berbagi informasi dan pengetahuan antara anggota tim. Mereka membantu dalam memahami pemikiran atau alasan di balik setiap baris kode, memfasilitasi proses diskusi dan pemecahan masalah bersama.
  • Dokumentasi yang Lebih Lengkap: Komentar membantu dalam dokumentasi kode yang lebih lengkap. Mereka merupakan bagian penting dari dokumentasi proyek, membantu pengembang lain atau diri sendiri di masa depan untuk memahami cara kerja kode dan mempercepat adaptasi terhadap proyek yang sudah ada.
  • Memudahkan Debugging dan Pemeliharaan: Komentar dapat menjadi panduan yang berguna saat proses debugging. Informasi yang disertakan dalam komentar dapat membantu pengembang dalam menemukan dan memperbaiki bug atau masalah yang mungkin muncul dalam kode.
  • Meminimalkan Ketidaktahuan: Dalam situasi dimana pengembang atau tim mungkin tidak ada di tempat selama periode waktu tertentu, komentar membantu mengurangi ketidaktahuan terhadap kode. Mereka membuat kode menjadi lebih jelas dan dapat dipahami oleh orang lain yang mungkin harus melanjutkan atau memodifikasi proyek tersebut.
  • Meningkatkan Efisiensi Pengembangan: Dengan adanya komentar yang jelas dan terorganisir, pengembang dapat bekerja lebih efisien. Penjelasan yang tepat pada bagian kode tertentu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memahami fungsi atau tujuan dari kode tersebut.
  • Mendukung Pemeliharaan Kode yang Lebih Baik: Komentar yang baik membantu dalam pemeliharaan kode yang lebih baik. Dalam jangka panjang, kode dengan komentar yang informatif lebih mudah dipelihara, diperbarui, atau dimodifikasi tanpa mengganggu fungsionalitas keseluruhan proyek.

Penggunaan komentar dalam HTML merupakan praktik yang sangat dianjurkan dalam pengembangan web. Dengan menyediakan penjelasan yang jelas dan bermanfaat dalam kode, pengembang dapat menciptakan kode yang lebih terdokumentasi, mudah dimengerti, dan efisien bagi diri mereka sendiri dan anggota tim yang lain.

Meskipun komentar bisa dianggap kurang relevan atau berpotensi membingungkan jika tidak ditulis dengan baik, sebenarnya mereka adalah bagian penting dalam pengembangan kode.

Komentar dalam HTML bertujuan untuk memberikan penjelasan tambahan tentang struktur atau fungsi dari kode tanpa memengaruhi tampilan halaman web. Hal ini membantu pengembang dan tim untuk memahami dan memelihara kode dengan lebih baik, serta memudahkan proses debugging dan kolaborasi.

Sementara itu, dalam beberapa kasus, kekurangan yang mungkin terjadi dari penggunaan komentar adalah jika komentar menjadi terlalu banyak, tidak relevan, atau tidak teratur, dapat mempersulit pembacaan atau memahami kode secara keseluruhan. Namun, pada umumnya, komentar yang ditulis dengan jelas dan relevan akan memberikan manfaat besar dalam pengembangan kode.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Adzraa Faradila Avilia Natasya Setiawan, Alvira Vita Listyandani, Andi Pebriyanto, Anisa Nurul Firdaus, dan Ardima Miftaqul Aini.

5 komentar untuk "Membuat Komentar Dengan HTML"

  1. Apa fungsi tag komentar pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar adalah beberapa teks atau kode tertentu yang ditulis dalam kode program HTML yang digunakan untuk memberikan penjelasan tentang kode program yang telah dibuat tersebut dan tidak akan dieksekusi oleh browser. Komentar apapun yang ditulis pada tag Komentar akan selalu diabaikan oleh browser, sehingga komentar tidak akan terlibat dalam proses tampilhan HTML pada halaman website.

      Hapus
    2. Tag komentar digunakan untuk memasukkan komentar dalam kode sumber program pada halaman html. Komentar tidak ditampilkan pada browser. User dapat menggunakan komentar untuk menjelaskan kode program yang dibuat pada HTML, dan dapat membantu ketika melakukan edit kode program dari sumber lainnya.

      Hapus
  2. Apakah ada fungsi lain dari tag komentar pada html, selain memberikan penjelasan terhadap kode program?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga digunakan untuk mencadangkan kode program yang belum ingin dihapus pada laman html.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -