Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Tag Frameset HTML dan Fungsinya

Tag <frameset> digunakan untuk mendefinisikan frameset. Tag ini dapat mengandung satu atau lebih dari elemen frame yang digunakan untuk menentukan jumlah baris dan kolom pada frameset dengan ukuran pixel. Setiap elemen pada tag ini dapat menampung berbagai dokumen yang berbeda pada frame.

5 Atribut Utama pada Penggunaan Tag Frameset HTML
Ilustrasi Tag Frameset HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Menggunakan Tag Frameset HTML dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Membuat Frame HTML Menggunakan 10 Atribut Utama dan Fungsinya [klik], Membuat Form HTML Menggunakan Tag Form [klik], dan Mengatur Gaya Huruf HTML Menggunakan Tag Font [klik].

Catatan: Tag <frameset> sudah tidak didukung lagi penggunaannya pada HTML5.

Baca Juga:

Sintak:
<frameset cols = "pixels|%|*">

Atribut, diperlihatkan pada daftar berikut:
  • cols: atribut cols digunakan untuk menciptakan frame vertikal pada web browser. Atribut ini pada dasarnya digunakan untuk mendefinisikan nilai atau ukuran dari kolom pada tag frameset.
  • rows: atribut ini digunakan untuk menciptakan frame horizontal pada web browser. Atribut ini digunakan untuk mendefinisikan ukuran atau nilai dari baris pada tag frameset.
  • border: digunakan untuk mendefinisikan lebar dari border pada setiap frame dalam ukuran pixel. Nilai zero merupakan nilai yang digunakan untuk meniadakan border.
  • frameborder: atribut ini berupakan bagian dari atribut frameset yang digunakan untuk menentukan apakah border tiga dimensi akan ditampilkan diantara frame atau tidak dengan menggunakan nilai 0 atau 1, dimana 0 mendefinisikan border kosong dan 1 mendefinsikan sebaliknya.
  • framespacing: atribut ini digunakan untuk menentukan jumlah spasi antara frame dan frameset. Atribut ini mengambil nilai integer sebagai nilai parameter yang pada dasarnya merupakan nilai dalam satuan pixel.

Berikut adalah ilustrasi dari elemen frameset pada HTML:

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

Atribut frameset

</title>

</head>

 

<frameset 

rows = "20%, 60%, 20%">

 

<frame 

name = "top" 

src = "attr1.png" />

 

<frame 

name = "main" 

src = "gradient3.png" />

 

<frame 

name = "bottom" 

src = "col_last.png" />

 

<noframes>

<body>

Browser yang digunakan tidak

mendukung penggunaan frame.

</body>

</noframes>

 

</frameset>

 

</html>


Contoh yang ditampilkan sebelumnya digunakan untuk menciptakan frame horizontal: topmiddle, dan bottom menggunakan atribut row dari tag frameset, dan tag noframe yang digunakan untuk browser yang tidak mendukung penggunaan dari noframe.

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<head>

<title>

Atribut frameset

</title>

</head>

 

<frameset 

cols = "30%, 40%, 30%">

 

<frame 

name = "top" 

src = "attr1.png" />

 

<frame 

name = "main" 

src = "gradient3.png" />

 

<frame 

name = "bottom" 

src = "col_last.png" />

 

<noframes>

<body>

Browser yang digunakan tidak 

mendukung penggunaan frame.

</body>

</noframes>

 

</frameset>

 

</html>


Contoh yang diperlihatkan sebelumnya pada dasarnya digunakan untuk menciptakan tiga frame vertikal: leftcenter, dan right dengan menggunakan atribut col dari tag frameset.

Artikel ini didedikasikan kepada: Afifah Eva Nuriyah, Aldila Puspita Husna, Amalia Safitri, Andhi Nur Saputra, dan Anindya Valentino Nugroho.

10 komentar untuk "Menggunakan Tag Frameset HTML dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan frameset pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag frameset pada html digunakan untuk mendefinisikan frameset. Elemen frameset berisi satu atau lebih elemen frame. Tag ini digunakan untuk menentukan jumlah baris dan kolom dalam frameset dengan ukuran pixelnya, dimana setiap elemen dapat menyimpan dokumen secara terpisah.

      Hapus
  2. Kenapa frame sudah jarang digunakan pada pengembangan web saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada alasan yang jelas, namun pada dasarnya frame sama sekali sudah tidak kompatibel dengan browser yang tidak mendukungnya saat ini.

      Hapus
  3. Frame dapat digunakan untuk membuat navigasi situs menjadi lebih mudah. Jika link utama pada situs terletak dalam frame yang muncul pada bagian atas atau pada sepanjang tepi peramban, maka konten tautan tersebut dapat ditampilan pada sisa jendela peramban.

    BalasHapus
  4. Apa fungsi dari frame baris pada frameset html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baris pada frame atau frame baris berfungsi untuk menentukan subruang horizontal dalam sebuah bingkat atau frame.

      Hapus
    2. Jika tidak dilakukan pengaturan atribut baris pada frame, maka setiap kolom akan memperluas posisinya seluas halaman atau sepanjang laman dari frame tersebut.

      Hapus
  5. Apa fungsi dari atribut noresize frame pada HTML?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atribut noresize berfungsi untuk mempertahankan bentuk atau ukuran dari frame yang terdapat pada laman web dengan nilai atau value yang dapat diberikan adalah noresize. Penggunaan atribut ini sudah tidak didukung pada HTML5.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -