Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Tag HTML dan Fungsinya

Tag <HTML> pada dokumen html digunakan untuk mendefinisikan akar dokumen HTML dan XHTML. Tag tersebut memberitahukan browser bahwa dokumen yang akan dibuka adalah dokumen html. Tag ini merupakan wadah luar kedua untuk semua yang muncul pada dokumen HTMl yang diikuti dengan tag <!DOCTYPE>. Penggunaan tag html membutuhkan awalan dan akhiran.

2 Contoh Program Tujuan Penggunaan Tag HTML
Ilustrasi Tag HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Penggunaan Tag HTML dan Fungsinya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Mengatur Heading HTML Menggunakan Tag Hgroup [klik], Membuat Heading HTML Menggunakan Tag Head [klik], dan Mengatur Ukuran Huruf HTML Menggunakan Tag Heading [klik].

Sintak:
<html> HTML Contents... </html>

Atribut: tag HTML berisi atribut tunggal xmlns yang nilai atributnya adalah http://www.w3.org/1999/xhtml yang digunakan untuk mendefinsikan atribut namespace. Contoh berikut menggambarkan elemen <html> dalam sebuah dokumen HTML.

Baca Juga: 

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

<h1>Elfan Mauludi</h1>

<h2>Tag HTML</h2>

</body>

 

</html>

Output:

Elfan Mauludi

Tag HTML

Contoh: penggunaan atribut xmlns pada tag html.

<!DOCTYPE html 

PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Transitional//EN"

"http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd">

 

<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">

 

<head>

 

<title>

Tag HTML

</title>

 

<style>

h1 

{

color:green;}

 

body 

{

text-align:center;}

</style>

 

</head>

 

<body>

 

<h1>

Elfan Mauludi

</h1>

 

<h2>

Tag HTML

</h2>

 

</body>

 

</html>

Output:

Elfan Mauludi

Tag HTML


Artikel ini didedikasikan kepada: Andhi Nur Saputra, Anindya Valentino Nugroho, Aprilia Muadibah, Arien Melania Ramadhany, dan Atika Nabilah.

5 komentar untuk "Penggunaan Tag HTML dan Fungsinya"

  1. Apa yang dimaksud dengan tag html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag HTML mewakili akar dari dokumen HTML itu sendiri yang digunakan sebagai penanda antara dokumen biasa dan dokumen html.

      Hapus
    2. Tag HTML umumnya didefinisikan sebagai satu set karakter yang merupakan perintah format untuk halaman website. Pada ini HTML, tag tersebut memberikan arahan untuk konten visual yang dilihat seseorang pada halaman website.

      Hapus
  2. Bagaimana tag html bekerja pada dokumen html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag HTML seperti sebuah keyword yang digunakan untuk mendefinisikan bagaimana browser web akan memformat dan menampilkan konten tersebut. Beberapa tag HTML merupakan tag yang tidak memiliki tag penutup ketika digunakan. Ketika sebuah dokumen HTML dibaca mulai dari tag html, maka browser akan membacanya dari bagian atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Tag HTML digunakan untuk membuat dokumen HTML dan merender propertinya.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -