Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahap Transaksi Send dan Receive Bitcoin

Setelah mempelajari bagaimana cara kerja Bitcoin secara umum, pada artikel ini selanjutnya akan dipelajari tentang jalur transaksi Bitcoin mulai dari "send" hingga ke "receive".


Sebelum mempelajari materi tentang Tahap Transaksi Send dan Receive Bitcoin, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Keunggulan Bitcoin dan Penjelasannya, Pertimbangan Memilih Wallet Bitcoin dan Penjelasannya, dan Cara Menambang Bitcoin dan Penjelasannya.

Apa yang terjadi pada satu Bitcoin dari saat seseorang mulai menekan tombol "send" pada wallet hingga orang lain menerima (receive) pada bagian ujung yang lain?

Jalur dari kirim ke terima memiliki 3 bagian, yaitu : signing, broadcasting, dan konfirmasi.

Mulai dengan bagian pertama, yaitu signing atau penandatanganan. Ketika seseorang menekan tombol “sendwallet Bitcoin, maka yang sebenarnya dilakukan oleh orang tersebut adalah memberi tahu wallet-nya, untuk melakukan pengiriman Bitcoin ke orang lain yang telah dituju. Wallet, sebagai tanggapan, membuat pesan transaksi yang berisi informasi tentang data Bitcoin yang dikirim ke penerimanya, beserta data penerima dan jumlah yang dikirim dimana dalam hal ini adalah satu Bitcoin. Setelah melakukan proses pengiriman, wallet kemudian menghasilkan tanda tangan digital unik untuk pesan tersebut (signing) dengan mencampurnya secara matematis dengan kunci pribadi yang dimiliki oleh pengirim sebelumnya.

Kunci pribadi atau private key pada dasarnya adalah rangkaian panjang huruf dan angka yang bertindak sebagai "kata sandi" untuk Bitcoin yang ditransaksikan. Siapa pun yang mengetahui kunci pribadi tersebut maka sudah pasti memiliki kendali atas Bitcoin yang dikirim atau ditransaksikan tersebut. Tanda tangan digital atau signing adalah cara untuk membuktikan bahwa seseorang memiliki kunci pribadi untuk Bitcoin yang dikirim dengan hanya menggunakan kunci publik yang tidak memiliki masalah jika terekspos secara publik, sehingga tetap dapat menjaga kunci pribadi dari pengirim tersebut. Selain itu, tanda tangan digital kodenya akan selalu berbeda setiap kali seseorang menandatangani transaksi – itulah sebabnya tanda tangan ini bahkan lebih aman daripada tanda tangan asli karena bersifat unik untuk setiap transaksi yang dilakukan ketika mengirim Bitcoin.

Jadi jika saya seseorang mengirim satu Bitcoin hari ini dan kemudian Bitcoin lainnya besok, maka masing-masing transaksi tersebut akan memiliki tanda tangan digital yang berbeda pula. Setelah menandatangani pesan transaksi, wallet kemudian akan mengelompokkan tanda tangan tersebut, bersama dengan pesan transaksi yang dilakukan oleh pengirim, ke dalam file kecil, dimana proses ini mengakhiri langkah pertama dari proses signing Bitcoin.

Baca Juga:

Tahap kedua akan dibahas tentang broadcasting atau penyiaran. Pada langkah broadcasting, wallet mulai mengirimkan file ke komputer lain yang menyimpan salinan Blockchain. Komputer tersebut juga dikenal sebagai node. Setiap node yang menerima file memverifikasi akan menyatakan bahwa proses transaksi yang di broadcasting tersebut adalah sah. Broadcasting pada dasarnya adalah proses yang dilakukan untuk mencari dan melihat bahwa seseorang telah benar-benar memiliki dana yang ingin dibelanjakan beserta tanda tangan digitalnya yang juga telah diperiksa, sama seperti halnya seorang bankir yang akan memeriksa saldo akun dari nasabahnya sebelum melakukan validasi terhadap proses transaksi tersebut.

Setelah file diverifikasi, file tersebut selanjutnya diteruskan ke node lain pada jaringan yang mengulangi proses ini. Ketika sebuah node menerima sebuah file, maka node tersebut akan menyimpan file tersebut pada area holding yang disebut Mempool. Mempool merupakan kependekan dari memory pool, merupakan sebuah ruang yang didedikasikan untuk transaksi yang bernilai valid tetapi masih belum dilakukan konfirmasi. Setelah pesan transaksi menemukan jalannya ke Mempool dari berbagai node online lainnya pada jaringan transaksi, maka seseorang dapat mengatakan bahwa langkah kedua penyiaran secara resmi atau broadcasting telah selesai.

Catatan: Untuk benar-benar melihat apa yang terjadi pada proses transaksi yang sedang berjalan di sepanjang jaringan Bitcoin, seseorang dapat mengamatinya menggunakan penjelajah blok. Penjelajah blok adalah sebuah alat, yang biasanya dalam bentuk situs web, yang memungkinkan seseorang untuk mencari dan menavigasi jalur transaksi melalui Blockchain. Dengan menggunakan penjelajah blok tersebut, maka seseorang dapat memeriksa saldo alamat Bitcoin yang lokasinya berbeda, melakukan pelacakan transaksi, dan mendapatkan berbagai macam statistik tentang jaringan transaksi itu sendiri.

Jadi pada titik ini, jika seseorang melihat transaksi yang telah dilakukan sebelumnya melalui penjelajah blok, maka orang tersebut akan melihat bahwa proses tersebut telah ditandai sebagai “belum dikonfirmasi”, artinya telah disiarkan ke jaringan dan tanda tangan digitalnya telah diverifikasi, namun proses tersebut bukan bagian dari Blockchain, maka jenis transaksi ini juga kadang-kadang disebut sebagai transaksi konfirmasi nol. Transaksi yang belum dikonfirmasi masih harus diperlakukan seperti namanya, yaitu belum dikonfirmasi. Hal ini berarti bahwa proses transaksi Bitcoin masih dapat dibatalkan, dan tidak ada jaminan bahwa transaksi tersebut akan masuk ke Blockchain.

Jika bisnis yang dilakukan oleh seseorang adalah menjual atau mengirimkan barang dan menerima pembayaran dalam bentuk Bitcoin, maka orang tersebut wajib tidak boleh menerima transaksi yang sifatnya belum dikonfirmasi yang digunakan sebagai bukti pembayaran.

Langkah terakhir dari proses "send" dan "receive" Bitcoin adalah mengkonfirmasi transaksi yang telah dilakukan. Jika seseorang telah melihat materi tentang Bitcoin sebelumnya tentang penambangan Bitcoin, maka orang tersebut sudah dapat mengetahui bahwa penambang mengelompokkan transaksi secara bersama-sama, artinya mereka mengambil file-file itu pada satu Mempool, kemudian mengelompokkannya bersama dan membuat sebuah blok transaksi.

Ada batasan berapa banyak transaksi yang dapat dimasukkan ke dalam setiap blok. Oleh karena itu, penambang biasanya akan memilih transaksi yang memiliki biaya penambangan tertinggi terlebih dahulu. Penambang kemudian akan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan blok mereka ke dalam Blockchain. Kompetisi penambangan didasarkan pada perhitungan matematis, dan penambang dengan kekuatan komputasi paling banyak akan memiliki peluang terbaik untuk menang. Setelah penambang memenangkan kompetisi dan memasukkan bloknya ke dalam Blockchain, semua transaksi yang ada di blok itu akan dianggap sebagai dikonfirmasi.Pada dasarnya, para penambang sedang menulis buku catatan tentang transaksi Bitcoin, dan siapa pun yang memenangkan kompetisi ini, maka akan dapat menulis halaman berikutnya pada catatan atau ledger.

Rata-rata, blok transaksi baru akan ditambang oleh seseroang, atau sekelompok orang akan dimasukkan ke dalam Blockchain setiap 10 menit.

Terkadang seseorang juga akan mendapatkan 2 blok yang telah dikonfirmasi hanya dalam waktu 1 menit saja, dan terkadang bisa pula memakan waktu lebih dari satu jam. Jika sebuah blok ditambang dengan transaksi menggunakan dana pribadi didalamnya, maka orang tersebut akan melihatnya sekarang dengan nilai yang sangat fantastis. Karena semakin banyak blok ditambahkan setelahnya, maka jumlah konfirmasi juga akan bertambah, dan akan mengakibatkan pertambahan penghasilan pula bagi para investornya.

Anggap saja sebagai bangunan balok dengan balok yang dimiliki oleh seseorang tersebut terletak pada bagian paling bawah, dimana setiap blok tambahan yang dipasang di atas blok sendiri seudah pasti akan membuatnya lebih sulit untuk dihapus. Itu sebabnya biasanya disarankan untuk menunggu setidaknya 6 blok sebelum mempertimbangkan transaksi sudah dikonfirmasi sepenuhnya tanpa kemungkinan pembatalan ataupun juga sebaliknya.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Trio Armanda, Wildan Febrian, Windu Diwandaru Hapsari, Winna Putri Amelia, dan Wisnu Adha Hidayat.

6 komentar untuk "Tahap Transaksi Send dan Receive Bitcoin"

  1. Apa yang dimaksud dengan send pada transaksi bitcoin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses mengirim satu bitcoin dari satu node ke node lainnya, yang kemudian akan dikonfirmasi oleh node-node lainnya.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan receive pada proses transaksi bitcoin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses menerima bitcoin dari pengirim yang selanjutnya akan dikonfirmasi oleh node-node lainnya.

      Hapus
  3. Berapa banyak bitcoin yang bisa dtransaksikan pada node lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada batasan, suka-suka yang punya :D

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -