Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Etilen Glikol Berbahaya Bagi Kesehatan Anak dan Dewasa

Etilen glikol, atau disebut juga dengan istilah etana-1,2-diol, merupakan anggota paling sederhana dari keluarga glokol senyawa organik. Glikol merupakan alkohol dengan dua gugus hidroksil pada atom karbon yang saling berdekatan atau 1,2-diol. Secara umum nama dari etilon glokol berarti "glokol yang berasal dari etilen".


Sebelum mempelajari materi tentang Alasan Etilen Glikol Berbahaya Bagi Kesehatan Anak dan Dewasa, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Tokoh Populer NFT Indonesia dan Dunia, Manfaat Asuransi Bagi Para Pencari Nafkah dan Penjelasannya, dan Dasar Trading Saham Bagi Trader Pemula dan Penjelasannya.

Etilen glikol merupakan cairan bening, manis, sedikit kental dan mendidih pada suhu 198°C (388,4 °F). Penggunaan paling umum dari zat ini adalah sebagai zah antibeku otomotif. Larutan glikol etilen dengan campuran air 1:1 dapat mendidih pda suhu 129 °C (264,2 °F) dan membeku pada 37 °C (−34.6 °F) juga berfungsi sebagai pendingin yang sangat baik pada radiator otomotif. Etilen glokol sifatnya sangat beracun, baik untuk hewan ataupun manusia yang meminum larutan tersebut, yang dapat menyebabkan sakit, bahkan kematian.

Selain digunakan sebagai zat antibeku, etilen glikol juga digunakan sebagai bahan dalam cairan hidrolik, tinta cetak, dan pelarut cat. Zat ini juga digunakan sebagai reagen dalam pembuatan poliester, bahan peledak, resin alkid, dan lilin sintetis.

Etilen glikol merupakan bahan utama dalam senyawa antibeku dan pendingin otomotif, yang digunakan untuk membantu menjaga mesin mobil agar tidak terlalu panas atau terlalu beku pada musim dingin. Etilen glikol adalah komponen utama dari solusi deicing yang digunakan pada mobil, kapal, dan pesawat terbang, serta pada landasan pacu bandara selama musim dingin.

Menurut CDC, kontak kulit dengan etilen glikol dalam jumlah yang sangat kecil saat menggunakan antibeku mobil tidak akan memberikan efek buruk pada kesehatan.

Etilen glikol dapat menjadi racun pada makhluk hidup jika tertelan pada tubuh makhluk hidup.

Etilen glikol telah diuji dan ditetapkan sebagai senyawa aditif makanan tidak langsung yang dapat digunakan untuk komponen perekat dalam kemasan makanan.

Dalam dunia industri, etilen glikol umumnya digunakan dalam mesin pembuatan resin plastik PET yang digunakan untuk membuat wadah minuman untuk soda, air dan jus, dan serat poliester untuk pakaian, pelapis, karpet, dan bantal. Tidak hanya itu, etilen glikol memiliki berbagai kegunaan industri lainnya, seperti:
  • Pembuatan bahan fiberglass yang digunakan untuk membuat produk seperti jet ski, bak mandi, dan bola bowling.
  • Pembuatan tinta pulpen dan tinta lainnya. Etilen glikol membantu meningkatkan viskositas tinda dan membuat tinta menjadi lebih kecil kemungkinannya untuk menguap.
  • Cairan transfer panas seperti pendingin industri untuk kompresos gas, pemanas, ventilasi, dan sistem pendingin udara dan arena seluncur es. Etilen glikol memberikan sifat pendingin industri yang tentunya dapat membantu untuk mengalir melalui sistem pendingin sambil melakukan penahanan suhu panas dan suhu dingin yang bersifat ekstrem.

Dalam dunia transportasi, etilen glikol merupakan bahan utama dalam pembuatan antibeku dan pendingin otomotif, yang digunakan untuk membantu menjaga mensin mobil agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin pada kondisi yang ekstrem. Etilen glikol merupakan komponen utama dari larutan penghilang lapisan es yang digunakan dalam berbagai aplikasi transportasi, seperti mobil, kapal, dan pesawat terbang, serta pada landasan pacu pada musim dingin. Etilen glikol juga merupakan bahan dalam produk minyak rem hidrolik.

Informasi Kesehatan

Seseorang dapat terpapar etilen glikol melalui kontak kulit ketika menggunakan senyawa tersebut. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat atau CDC, kontak kulit dengan etilen glikol dalam jumlah yang sangat kecil dalam waktu yang singkat tidak akan memberikan efek buruk pada kesehatan seseorang (namun, lain cerita jika sudah terpapar dalam waktu yang lama). Etilen glikol merupakan senyawa yang berbahaya jika tertelan oleh makhluk hidup.

Baca Juga:

Menurut CDC Amerika Serikat etilen glikol dapat menyebabkan efek samping terhadap tubuh manusia terutama anak-anak jika terjadi pada beberapa kondisi berikut:

RUTE PAPARAN ETILEN GLIKOL PADA MANUSIA ATAU MAKHLUK HIDUP


Pernapasan
Inhalasi etilen glikol yang beracun tidak mungkin dapat terjadi pada suhu kamar karena volatilitas bahan kimianya rendah, tetapi dapat terjadi ketika cairan tersebut dipanaskan, diaduk, atau disemprotkan. Etilen glikol merupakan senyawa yang tidak berbau dan karena hal tersebut etilen glikol tidak memberikan peringatan apapun tentang konsentrasi berbahaya jika terhirup oleh makhluk hidup. Uap dari etilen glikol sendiri masanya lebih ringan daripada masa udara sekitar.

Anak-anak yang terpapar kadar etilen glikol yang sama dengan kadar orang dewasa dapat menerima dosis yang lebih besar karena memiliki rasio luas permukaan paru dan berat badan yang lebih kecil.

Kontak Kulit atau Mata
Etilen glikol hanya dapat sedikit mengiritasi bagian selaput lendir atau kulit dan akan diserap secara perlahan dan akan memperburuk kondisi kulit.

Proses Telan
Etilen glikol dapat diserap dengan lebih cepat setelah senyawa tersebut dimasukkan dengan cara menelan, yang akan melalui rute utama paparan senyawa. Konsumsi etilen glikol dapat menyebabkan toksisitas sistemik yang dimulai dengan efek SSP, yang diikuti oleh efek kardiopulmoner, dan dapat menyebabkan efek gagal ginjal.

Ketidacocokkan Etilen Glikol
Etilen glikol akan bereaksi dengan oksidator dan asam kuat, yang termasuk seperti kromium trioksida, kalium permanganat, natrium peroksida, kalium dikromat, asam klorosulfonat, asam sulfat, asan perklorat, dan pentasulfida difosfor.

Dampak Pada Kesehatan

  • Etilen glikol hanya akan sedikit mengiritasi kulit dan selaput lendir, dan tidak akan diserap secara baik melalui kulit atau terhidup ke dalam tubuh makhluk hidup.
  • Jika menelan senyawa etilen glikol ke dalam tubuh, maka akan menyebabkan sepresi SSP yang dapat disertai dengan gejala mual, muntah, dan kram perut.
  • Metabolit etilen glikol dapat menghasilkan asidosis metabolik yang bersifat sangat parah dan dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak, jantung, dan ginjal.
  • Keracunan parah juga berpotensi fatal jika pengobatan tidak dilakukan secara memadai atau tertunda proses pengobatannya.

Paparan Akut dari Etilen Glikol
Etilen glikol merupakan agen dehidrasi dan akan sedikit mengiritasi kulit dan selaput lendir setelah terjadi kontak dalam waktu yang lama.

Namun, jika senyawa tersebut tertelan oleh makhluk hidup, maka senyawa tersebut akan diserap dengan cepat hanya dalam waktu 1 hingga 4 jam saja. Setelah tertelan, kurang dari 20% etilen glikol akan dieksresikan tanpa proses metabolisme, dan sebagian besar secara berturut-turut dimetabolisme menjadi senyawa yang sangat beracun bagi tubuh. Perkembangan karakteristik efek toksik secara kasar dapat dibagi menjadi tiga tahapan yang akan terjadi secara acak, yaitu:
  • Tahap 1: Dari 30 menit hingga 12 jam setelah paparan etilen glikol, senyawa tersebut sudah tidak akan dimetabolisme lagi oleh tubuh dan akan mengasilkan depresi SSP, keracunan, dan hiperosmolaritas yang serupa dengan yang dihasilkan oleh etanol.
  • Tahap 2: Dari waktu 12 jam hingga 48 jam setelah waktu paparan etilen glikol, metabolit akan menghasilkan asidosis berat dengan hiperventilasi kompensasi. Asidosis utamanya akan menghasilkan peningkatan asam glikolat. Meskipun menghasilkan asam glikolat, namun oksalat, dan laktat juga berkontribusi dalam sebgian kecil prosesnya, dimana kristal kalsium oksalat akan disimpan pada bagian otak, paru-paru, ginjal, dan jantung.
  • Tahap 3: Dari waktu 24 jingga 72 paparan etilen glikol, efek toksik akan berlangsung dari metabolit etilen glikol pada ginjal dan dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

Catatan: Anak-anak tidak selalu merespon bahan kimia tersebut dengan kondisi yang sama seperti orang dewasa. Oleh karena itu, protokol yang berbeda juga perlu diterapkan untuk pengelola proses perawatan yang juga berbeda.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Adelia Sofia Anjani, Alamudin Zulfan Gunadi, Alfariski Yoga Pratama, Alfian Ardiyansah, dan Alfina Susanti.

20 komentar untuk "Alasan Etilen Glikol Berbahaya Bagi Kesehatan Anak dan Dewasa"

  1. Apa nama umum dari etilen glikol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama umum dari etilen glikol berdasrkan nama IUPAC adalah ethane-1,2-diol, merupakan senyawa terformulasi organik dari (CH2OH)2. Zai ini digunakan terutama untuk dua alasan, pertama sebagai bahan baku dalam pembuatan serat poliester dan kedua sebagai bahan atau formulasi zat antibeku. Etilen glikol merupakan cairan kental yang tidak berbau, tidak berwarna, dan memiliki rasa manis.

      Hapus
  2. Apakah Glikol Etilen bersifat korosif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etilen glikol merupakan senyawa yang bersifat korosif. Kebanyakan korosi dari etilen glikol disebabkan oleh dekomposisi pada suhu yang lebih tinggi dari asam organik seperti asam glikolat.

      Hapus
  3. Apakah etilen glikol adalah senyawa polar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etilen glikol terdiri dari gugus O-H polar, keduanya polar karena oksigen jauh lebih elektronegatif daripada hidrogen, sehingga menyebabkan polarisasi pasangan elektron dalam ikatan O-H.

      Hapus
  4. Apa fungsi dari penggunaan etilen glikol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etilen glikol merupakan bahan kimia yang banyak digunakan pada banyak aplikasi komersial dan industri termasuk digunakan sebagai zat antibeku dan pendingin. Etilen glikol membantu menghindari pembekuan mesin mobil pada musin dingin, dan berfungsi sebagai pendingin untuk meminimalkan panas berlebih di musim panas.

      Hapus
  5. Apakah etilen glikol termasuk jenis alkohol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etilen glikol dikenal sebagai etana-1,2-diol merupakan anggota paling sederhana dari keluarga senyawa organik glikol. Glikol merupakan alkohol pada atom karbon yang saling berdekatan, dengan dua gugus hidroksil.

      Hapus
  6. Apa efek kesehatan yang dapat terjadi secara langsung ketika terkena paparan dari etilen glikol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seseorang yang meminum etilin glikol dalam jumlah kecil antara 1 hingga 2 ons senyawa dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal karena senyawa yang bersifat racun tersebut tidak dapat diobati.

      Tidak hanya itu, konsumsi dalam jumlah yang lebih besar juga akan mengakibatkan efek yang lebih fatal pula.

      Namun, jika seseorang terkena paparan hanya melalui kulit atau mata, maka dampaknya tidak akan terlalu berbahaya bagi orang tersebut jika terjadi tidak dalam jangka waktu yang lama.

      Hapus
  7. Bisakah keracunan etilen glikol diobati?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seseorang yang telah menelan etilen glikol dalam jumlah yang besar dapat dilakukan perawatan dirumah sakit. Namun pada tingkat paparan yang sudah parah, penangkal khusus dan hemodialisis mungkin juga diperlukan dalam proses perawatannya. Proses perawatan umumnya akan berhasil jika dimulai dalam waktu 3 jam setelah menelan etilen glikol, dan kebanyakan seseorang dapat pulih sepenuhnya setelah dilakukan perawatan.

      Hapus
  8. Apakah ada efek kesehatan jangka panjang jika pernah terpapar etilen glikol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerusakan ginjal adalah efek jangka panjang yang paling umum terjadi jika pernah terjadi paparan parah dari konsumsi senyawa tersebut dan tidak pernah diobati.

      Hapus
  9. Tes jenis apa yang dapat dilakukan pada seseorang yang telah terpapar etilen glikol?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Etilen glikol dan produk pecahannya dapat diukur dalam darah dan urin manusia. Setelah terjadi paparan yang signifikan dari senyawa etilen glikol maka diperlukan tes diagnostik untuk mengukur fungsi ginjal dan kadar racun yang terdapat dalam darah penderitanya.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -