Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Pangkat pada Bahasa C

Diberikan dua nilai angka dasar dan eksponennya, fungsi pow() digunakan untuk nilai hasil x yang dipangkatkan menggunakan pangkat y. Pada dasarnya, nilai eksponen pada bahasa C dapat dikalkulasi menggunakan fungsi pow(). pow() adalah fungsi yang digunakan untuk mendapatkan nila pangkat dari sebuah angka, tetapi harus menggunakan preprosesor #include<math.h> yang membutuhkan dua nilai argumen. Contoh, pow(4 , 2), hasil dari fungsi tersebut akan menghasilkan nilai sebesar 16.

Fungsi Pangkat pada Bahasa C
Fungsi Pangkat Bahasa C

Sebelum memahami materi tentang Fungsi Pangkat pada Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi Callbacks Bahasa C [klik]Fungsi Nested Bahasa C Kompilator dan GCC [klik], dan Teknik Melewatkan Parameter Bahasa C [klik].

Sintak:
double pow(double x, double y);

Parameter: Method atau fungsi ini membutuhkan dua buah argumen untuk bisa dijalankan.
  • x: nilai dasar tipe float.
  • y: nilai pangkat tipe float.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// ilustrasi fungsi pangkat.

#include <math.h>

#include <stdio.h>


int main()

{


double x = 6.1, y = 4.8;


// Penyimpanan hasil jawaban.

double result = pow(x, y);


printf("%.2lf", result);


return 0;

}

Output:
5882.79

Penggunaan Fungsi pow() Menggunakan Nilai Integer
Fungsi pow() mengambil nilai tipe 'double' sebagai suatu argumen dan mengembalikan nilai hasil dengan tipe 'double'. Fungsi ini tidak selalu dapat bekerja dengan menggunakan argumen tipe integer. Contoh, pow(5, 2), jika fungsi tersebut diberikan nilai tipe integer, maka hasil output dari fungsi tersebut adapah 24 pada beberapa jenis kompilator, Namun jika diberikan nilai pow(5, 2), tanpa menggunakan assignment apapun ke integer, maka hasil output-nya adalah 25.

Baca Juga:

Satu cara lain dapat menggunakan fungsi round untuk menetapkannya ke beberapa tipe bilangan bulat. Hal ini dikarenakan nilai 52 mungkin saja disimpan sebagai nilai 24.9999999 atau nilai 25.0000000001 karena jenis pengembaliannya adalah double. Jadi, ketika dilakukan assignment ke int, nilai 25.0000000001 berubah menjadi 25, tetapi nilai 24.9999999 akan memberikan output berupa 24.

Untuk mengatasi hal tersebut, dan mengeluarkan jawaban yang akurat dalam format bilangan bulat, maka diperlukan penambahan 1e-9 atau 0,000000001 ke hasil akhirnya, dan mengetiknya ke int (int)(pow(5, 2)+1e-9) yang akan memberikan jawaban yang benar atau akurat, terlepas dari jenis kompilator apapun yang digunakan pada proses kompilasinya.

Contoh:

// Program Bahasa C untuk

// ilustrasi kerja dengan

// nilai integer pada fungsi

// pangkat.

#include <math.h>

#include <stdio.h>


int main()

{

int a, b;


// Penggunaan typecasting

// untuk hasil nilai integer.

a = (int)(pow(5, 2) + 1e-9);


b = round(pow(5,2));


printf("%d \n%d", a, b);


return 0;

}

Output:
25
25

6 komentar untuk "Fungsi Pangkat pada Bahasa C"

  1. Apalah arti pangkat di dunia ini jika seumur hidup tidak menuaikan ibadah sholat,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah 12 tahun bekerja jadi ASN, tapi kenapa pangkat saya belum naik?

      Hapus
    2. Pangkat belum naik mungkin karena angka kreditnya masih kurang.

      Hapus
  2. Apakah fungsi pangkat yang terdapat pada bahasa C memiliki kegunaan yang sama dengan operasi pangkat pada disiplin ilmu matematika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama, fungsi pangkat atau fungsi pow() Bahasa C berfungsi untuk melakukan perkalian dengan nilai yang sama sebanyak satu kali dalam suatu nilai atau variabel.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -