Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Prototype pada Bahasa C beserta Penjelasannya

Pada artikel ini akan dijelaskan kegunaan dari fungsi prototype pada bahasa C beserta penjelasannya.

Fungsi Prototype pada Bahasa C beserta Penjelasannya
Fungsi Prototype Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Fungsi Prototype pada Bahasa C beserta Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Fungsi Bahasa C Beserta Penjelasannya [klik], Input Nilai Rentang Pada Switch Case Statement Bahasa C [klik], dan Keluar dari Proses Looping Bahasa C Menggunakan Break Statement [klik].

Fungsi Prototype pada Bahasa C digunakan untuk beberapa tujuan sebagai berikut:
  • Memberitahukan tipe return dari data yang akan dikembalikan fungsi.
  • Memberitahukan nilai angka dari argumen yang dilewatkan ke fungsi.
  • Memberitahukan tipe data dari setiap argumen.
  • Memberitahukan urutan dari argumen yang dilewatkan pada suatu fungsi.

Tidak hanya itu, fungsi prototype secara spesifik juga digunakan untuk menjalin hubungan input dan output ke suatu fungsi, berupa apa yang diharapkan oleh suatu fungsi beserta apa yang akan diberikan oleh fungsi itu sendiri. Fungsi prototype juga dikenal dengan istilah fungsi signature.

Baca Juga:

Contoh:

int main()

{


foo();


getchar();


return 0;


}


void foo()

{printf("foo called");}


Jika tidak ditentukan fungsi prototype, maka nilai behavior akan ditentukan oleh Standar C yang mengikuti aturan C90 atau C99 yang diimplementasikan oleh kompilator. Jika ketentuan yang digunakan adalah Standar C90 standar, maka kompilator bahasa C akan mengasumsikan nilai tipe return dari fungsi prototype yang dihilangkan adalah int, dimana asumsi ini pada sisi kompilator memiliki kemungkinan untuk diarahkan ke behavior program yang tidak spesifik. Sedangkan jika menggunakan Standar C99, maka kompilator tidak akan lagi mengasumsikan nilai tipe return sebagai nilai int. C99 akan menjadi lebih selektif pada proses pemeriksaan tipe data dari fungsi prototype. Tetapi hal tersebut akan membuat standar C99 menjadi lebih tidak kompatibel, dimana pada praktiknya kompilator akan melemparkan pesan peringatan yang menyatakan bahwa nilai tipe return diasumsikan sebagai nilai int, dan kemudian akan dilakukan proses kompilasi program. Hal ini akan memaksa programmer untuk lebih bertanggungjawab dalam proses pembuatan asumsi fungsi prototype.

Catatan: untuk menghindari segala implementasi spesifik dari Standar C, langkah terbaik adalah dengan membuat fungsi prototype pada program bahasa C.

Artikel ini didedikasikan kepada: Achmad Syamsul, Ahmad Arizal Syahida, Alif Wahyu Prasetyo, Alifia Hena Hamida, dan Andini Kartika Sari.

6 komentar untuk "Fungsi Prototype pada Bahasa C beserta Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi prototype pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi prototype pada Bahasa C merupakan deklarasi fungsi yang digunakan untuk menentukan nama fungsi, parameter, dan tipe pengembalian data dari fungsi, dan tidak mengandung tubuh dari fungsi.

      Hapus
    2. Fungsi prototype digunakan untuk memberitahukan kompilator tentang jumlah argumen dan tipe data yang dibutuhkan dari parameter fungsi.

      Hapus
    3. Fungsi prototype juga digunakan untuk menentukan tipe pengembalian fungsi yang berguna bagi kompilator untuk memeriksa ulang signature fungsi sebelum proses pemanggilannya.

      Hapus
  2. Apakah fungsi prototype dibutuhkan penggunaannya pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada pemrograman C modern, penggunaan yang baik untuk deklarasi prototype sangat dianjurkan untuk semua jenis fungsi yang akan dipanggil, karena membantu menghasilkan kode program yang benar untuk proses pemanggilan fungsi, serta memungkinkan kompilator untuk menangkap kesalahan tertentu yang munkin dibuat oleh pengembang.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -