Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi FSEEK dan REWIND Bahasa C dan Penjelasannya

Pada Bahasa C, penggunaan fungsi fseek() lebih sering digunakan daripada fungsi rewind().

Fungsi FSEEK dan REWIND Bahasa C dan Penjelasannya
Fungsi fseek() dan fungsi rewind() Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Fungsi FSEEK dan REWIND Bahasa C dan Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Kebocoran Memori Bahasa C dan Cara Mengatasinya [klik], Penggunaan realloc() Bahasa C dan Penjelasannya [klik], dan Fungsi free() Bahasa C untuk Mengetahui Ukuran Memori yang Dealokasi [klik].

Catatan: Berdasarkan standar C99 fungsi rewind digunakan untuk mengatur posisi indikator file untuk stream yang ditunjuk oleh stream ke bagian awal dari file, dimana hal ini adalah sama dengan (void)fseek(stream, 0L, SEEK_SET), kecuali indikator kesalahan untuk aliran juga dihapus.

Contoh kode program berikut mengatur indikator posisi file dari input stream kembali ke bagian awal dengan menggunakan fungsi rewind(), namun tidak ada cara untuk memeriksa apakah fungsi rewind() telah berhasil menjalankan tugasnya atau tidak.

Baca Juga:

Contoh:

int main()

{

FILE *fp = fopen("test.txt", "r");

if ( fp == NULL ) {

/* Penanganan error open */

}


/* Melakukan beberapa

 pemrosesan dengan file */

rewind(fp); 

/* Tidak terdapat cara untuk

 memeriksa apakah fungsi

 REWIND telah berhasil

 menjalankan tugasnya atau

 tidak. */


/* Melakukan beberapa

 pemrosesan dengan file */

return 0;

}


Pada contoh kode program sebelumnya, fungsi fseek() dapat digunakan sebagai pengganti dari fungsi rewind() untuk dapat melihat apakah operasi telah berhasil dijalankan atau tidak. Baris kode program berikut dapat digunakan sebagai pengganti fungsi rewind(fp);

5 komentar untuk "Fungsi FSEEK dan REWIND Bahasa C dan Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan fungsi fseek() pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi fseek() pada bahasa C merupakan fungsi pustaka standar dalam bahasa C yang terdapat pada stdio.h.

      Hapus
    2. Fungsi fseek() merupakan fungsi yang digunakan untuk memindahkan atau mengubah posisi penunjuk file yang sedang digunakan untuk membaca file ke posisi offset yang telah ditentukan.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan fungsi rewind() bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada bahasa c, fungsi rewind() digunakan untuk mengembalikan nilai indikator posisi file ke bagian awal file. Untuk menjalankan fungsi rewind bahasa C, dibutuhkan pointer file sebagai nilai input dan memindahkan indikator ke bagian awal file, yang memungkinkan data dibaca hanya sekai lagi dari bagian awal.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -