Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi FOPEN Bahasa C untuk File dalam Mode Penulisan

Pada Bahasa C, fungsi fopen() digunakan untuk membuka sebuah file dalam mode yang berbeda. Untuk membuka sebuah file dalam mode penulisan, maka digunakan pengaturan "w". Ketika mode "w" telah ditentukan, maka hal tersebut akan menciptakan sebuah file kosong untuk operasi output.

Fungsi FOPEN Bahasa C untuk File dalam Mode Penulisan
Fungsi FOPEN Bahasa C untuk File dalam Mode Penulisan

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Fungsi FOPEN Bahasa C untuk File dalam Mode Penulisan, terlebih dahulu pelajari materi tentang: EOF Bahasa C Menggunakan GETC dan FEOF Beserta Penjelasannya [klik], Fungsi FSEEK dan REWIND Bahasa C dan Penjelasannya [klik], dan Kebocoran Memori Bahasa C dan Cara Mengatasinya [klik].

Jika sebuah file dengan nama yang sama telah tersedia dalam direktori penyimpanan komputer, maka kontennya akan dihapus dan file tersebut akan dianggap sebagai sebuah file yang baru diciptakan. Contoh, pada program berikut, jika file dengan nama "test.txt" sudah tersedia pada direktori, maka konten yang terdapat di dalam file tersebut akan dihapus dan akan diganti isinya dengan tulisan "MakanDanMakan".

Baca Juga:

Contoh:

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>


int main()

{

FILE *fp = fopen("test.txt", "w");


if (fp == NULL)

{

puts("Couldn't open file");

exit(0);

}


else

{

fputs("MakanDanMakan", fp);

puts("Done");

fclose(fp);

}


return 0;

}


Pada contoh program sebelumnya, nilai output yang mungkin dihasilkan adalah tidak dapat ditentukan. Jika maksud dari programmer adalah untuk menciptakan sebuah file baru dan sebuah file lama dengan nama yang sama sudah tersedia, maka file lama tersebut akan ditimpa isinya dengan file yang baru.

Standar terakhir dari C11 pada bahasa C menyediakan sebuah mode baru "x" yang secara ekslusif menciptakan mode create-and-open. Mode "x" dapat digunakan dengan spesifier "w" tipe apapun, sama seperti "wx", atau "wbx". Ketika nilai x digunakan dengan nilai w, maka fungsi fopen() akan mengembalikan nilai NULL jika file yang tersedia sudah ada atau tidak dapat dibuka. Berikut adalah contoh program modifikasi dari standar C11 yang melakukan penimpaan isi file pada file yang sudah tersedia sebelumnya, sebagai berikut.

Contoh:

#include <stdio.h>

#include <stdlib.h>


int main()

{


FILE *fp = fopen("test.txt", "wx");


if (fp == NULL)

{

puts("Couldn't open file or file already exists");

exit(0);

}


else

{

fputs("MakanDanMakan", fp);

puts("Done");

fclose(fp);

}


return 0;

}


Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Indy RahmawatiIva Rahma NurfadillaIzyar AfrizaJaler Cahya Fairuz, dan Jessica Juliana Patenu.

5 komentar untuk "Fungsi FOPEN Bahasa C untuk File dalam Mode Penulisan"

  1. Apa yang dimaksud dengan FOPEN pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi perpustakaan Bahasa C file *fopen(const char *filename, const char *mode) digunakan untuk membuka nama file yang ditunjuk, dengan nama file menggunakan mode yang diberikan.

      Hapus
  2. Apa kepanjangan dari singkatan FOPEN bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. FOPEN itu adalah singkatan dari File Open, atau buka file pada program bahasa C.

      Hapus
  3. Super sekali FOPEN ini pada bahasa C, bahkan dapat digunakan untuk membuka file.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -