Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Variabel Panjang Argumen Untuk Makro Bahasa C

Seperti hal nya sebuah fungsi, variabel juga dapat melewatkan panjang argumennya ke makros pada bahasa C. Untuk dapat melakukan perintah tersebut maka digunakan identifier preprosesor.


Variabel Panjang Argumen Untuk Makro pada Bahasa C
Ilustrasi Makro Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Variabel Panjang Argumen Untuk Makro Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Makro PRINT Bahasa C dan Fungsinya [klik], Stringsizing dan Tokenpasting Bahasa C dan Fungsinya [klik], dan Strlen dan Sizeof Bahasa C dan Fungsinya [klik].

Untuk mendukung panjang argumen variabel pada makro, maka perlu disertakan '(...)' pada definisi makro. Juga terdapat identifier preprosesor "_VA_ARGS_" yang akan mengelola subtitusi panjang argumen variabel yang disediakan pada makro. Operator '##' atau operator tokenpasting juga digunakan untuk menggabungkan argumen variabel tersebut.


Pada contoh akan disediakan makro yang mengambil argumen panjang nilai seperti fungsi "printf()". Makro ini berfungsi untuk error loging. Makro akan mencetak nama file diikuti baris angka, dan terakhir akan mencetak pesan atau info error. Argumen pertama "prio" menentukan perioritas dari pesan, atau apakah informasi yang dikirim error atau tidak, "stream" adalah "standar output" atau "standar error" akan menampilkan pesan stdout dan pesan error pada stderr stream.

Contoh:

#include <stdio.h> 

 

#define INFO

#define ERR

#define STD_OUT stdout 

#define STD_ERR stderr 

 

#define LOG_MESSAGE(prio, stream, msg, ...) do 

{\ 

char *str;\ 

if (prio == INFO)\ 

str = "INFO";\ 

else if (prio == ERR)\ 

str = "ERR";\ 

fprintf(stream, "[%s] : %s : %d : "msg" \n", \ 

str, __FILE__, __LINE__, ##__VA_ARGS__);\ 

} while (0

 

int main(void

char *s = "Hello"

 

/* menampilkan pesan normal */

LOG_MESSAGE(ERR, STD_ERR, "Gagal membuka file"); 

 

/* menyediakan string sebagai argumen */

LOG_MESSAGE(INFO, STD_OUT,"%s"

" makan nasi padang", s); 

 

/* menyediakan integer sebagai argumen */

LOG_MESSAGE(INFO, STD_OUT,"%d"

" + %d = %d", 10, 20, (10 + 20)); 

 

return 0

}


Artikel ini didedikasikan kepada: Zidan Alfian Bahtiar, Achmad Syaefuddin, Agung Wicaksono, Ajeng Nur Fauziah, dan Ali Barokah.

6 komentar untuk "Variabel Panjang Argumen Untuk Makro Bahasa C"

  1. Materinya lumayan memusingkan juga yakkk,,,

    BalasHapus
  2. Apa yang dimaksud dengan stdout pada bahasa C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. stdout adalah singkatan dari standard output stream dan merupakan stream yang tersedia untuk program pada sistem operasi itu sendiri. stdout sudah tersedia untuk program dari awal program tersebut dijalan bersamaan dengan stdin dan stderr pada bahasa C.

      Hapus
  3. Apa yang dimaksud dengan stream pada bahasa pemrograman C?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara konsep, program bahasa C selalu berurusan dengan sebuah stream atau aliran progran, bukan secara langsung berinteraksi terhadap file. Stream adalah aliran data ideal yang mengikuti input ataupun output aktual yang telah dipetakan pada program. Stream berarti berbagai jenis inputan dengan properti berbeda yang diwakili oleh stream dengan properti yang lebih beragam.

      Hapus
    2. Data adalah sesuatu yang sifatnya mengalir (stream). Jadi, stream dalam dunia pemrograman berarti adalah aliran data itu sendiri. Aliran data pada dasarnya adalah urutan dari data, dimana data apapun yang digunakan dalam pemrograman yang mengalir melalui suatu aliran tertentu (stream).

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -