Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjumlahan Tanpa Operator Aritmatika Bahasa C

Buatlah program untuk menemukan hasil positif bilangan bulat tanpa menggunakan operator apapun. Hanya printf() saja yang diperbolehkan pada program tersebut. Tidak ada fungsi library apapun yang boleh dipergunakan.


Penjumlahan Dua Angka Tanpa Menggunakan Operator Aritmatika Bahasa C
Ilustrasi Operator Aritmatika Bahasa C

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Penjumlahan Tanpa Operator Aritmatika Bahasa C, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Perbandingan Bahasa C dan Fungsinya [klik], Perbedaan ++*p, *p++, dan *++p pada Bahasa C [klik], dan Preincrement dan Predecrement Bahasa C dan Fungsinya [klik].

Solusi
Pernyataan sebelumnya merupakan bentuk pernyataan tricky, dimana hanya dengan menggunakan printf() saja sudah dapat ditemukan hasil penjumlahan dari dua angka yang merupakan return tipe dari printf() yang dicetak dilayar monitor. Dengan printf(), dapat ditemukan hasil penjumlahan antara dua angka bilangan bulat. Gunakan simbol '*' untuk mengindikasikan lebar minimum dari ouput. Contoh pada statement "printf("%*d", width, num);", maka nilai spesifik dari 'width' akan disubtitusi dari '*', dan 'num' akan mencetak lebar minimum yang spesifik. Jika angka dari digit pada 'num' lebih kecil dari 'width', maka output akan menghilang dalam suatu ruang kosong. Namun jika angka lebih besar, maka output akan dicetak. Pada program berikut, add() akan mengembalikan jumlah dari x dan y yang akan mencetak 2 space dengan lebar spesifik menggunakan x dan y. Sehingga total karakter yang dicetak setara dengan jumlah dari x dan y. Hal inilah mengapa add() mengembalikan nilai x+y.

Contoh:

#include<stdio.h> 

 

int add(int x, int y) 

return printf("%*c%*c", x, ' ', y, ' '); 

 

// Driver code 

int main() 

printf("Sum = %d", add(3, 4)); 

 

return 0

}

Output:
Sum = 7

Output program adalah tujuh ruang yang diikuti oleh "Sum = 7". Leading space dapat dihindari dengan carriage return. Program berikut ini akan mencetak hasil tanpa spasi utama.

Contoh:

#include<stdio.h> 

 

int add(int x, int y) 

return printf("%*c%*c", x, '\r', y, '\r'); 

 

// Driver code 

int main() 

printf("Sum = %d", add(3, 4)); 

 

return 0

}

Output:
Sum = 7

Contoh: metode lain pada bahasa C

#include<stdio.h> 

 

int main() 

int a=10,b=5,sum; 

 

while(b>0){ 

a++; 

b--; 

 

printf("Sum=%d",a); 

 

return 0

}

Output:
sum = 15

5 komentar untuk "Penjumlahan Tanpa Operator Aritmatika Bahasa C"

  1. Program penjumlahan adalah salah satu bentuk program yang paling sederhana yang dapat ditulis pada bahasa C.

    Yang perlu dilakukan hanyalah mendeklarasikan variabel, yang akan menyimpan nilai input yang akan diberikan. Kemudian setelah melakukan pendeklarasikan, lakukan pembuatan rumus penjumlahan pada program tersebut, yang kemudian digunakan untuk dijalankan pada kompilator pada saat proses kompilasi dan hasilnyapun akan langsung ditampilkan pada layar monitor.

    BalasHapus
  2. Menurut saya meteri ini tidak terlalu esensial untuk dipelajari pada bahasa pemrograman C, karena isi dari materi ini sebenarnya hanya bentuk dari variasi penulisan untuk program penjumlahan dalam bahasa C yang tidak terlalu memberikan dampak terhadap kompleksitas algoritma yang akan digunakan oleh seorang programmer pada saat membuat program.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, materi ini hanya sebatas tambahan untuk menambah kaidah ilmu dalam penulisan bahasa pemrograman C, dan juga untuk beberapa variasi bahasa pemrograman lainnya.

      Hapus
  3. Menurut saya semua ilmu pengetahuan adalah baik untuk dipelajari bahkan untuk hal yang sederhana sekalipun, jika hal tersebut bisa membantu menyelesaikan suatu permasalahan secara lebih efisien. Lantas, kenapa harus tidak dipelajari!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, lagi pula kemampuan koding pada dasarnya adalah kemampuan untuk memvisualisasikan permasalahan di dunia nyata menggunakan suatu kaidah atau paham baku tertentu sehingga komputer dapat memahami struktur dari ide yang kita buat atau realisasikan tersebut.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -