Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatur Ukuran Huruf HTML Menggunakan Tag Heading

Terdapat enam level dari pendefinisian heading pada HTML. Nilai dari enam level heading tersebut adalah H1, H2, H3, H4, H5, dan H6, dengan nilai H1 adalah heading level tertinggi dan H6 adalah heading level terendah.


2 Contoh Cara Mengatur Ukuran Huruf Menggunakan Heading HTML
Ilustrasi Heading HTML

Sebelum memahami lebih dalam materi tentang Mengatur Ukuran Huruf HTML Menggunakan Tag Heading, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Menggunakan Tag Frameset HTML dan Fungsinya [klik], Membuat Frame HTML Menggunakan 10 Atribut Utama dan Fungsinya [klik], dan Membuat Form HTML Menggunakan Tag Form [klik].

Salah satu tahapan yang harus diperhatikan dalam pembuatan artikel adalah judul. Judul merupakan sebuah karangan faktual yang berisi gagasan dalam bentuk ringkas yang digunakan sebagai pengantar untuk bagian ini artikel yang lebih lengkap atau lebih komplek. Pada laman web, judul biasanya dibuat dengan ukuran huruf yang lebih besar dibanding dengan bagian bagian isi. Untuk dapat membuat ukuran tampilan judul dapat terlihat lebih besar dari pada teks isi maka digunakan tag <H1> atau tag heading.  

Manfaat Penggunaan Heading pada HTML:
  1. Mesin Pencari menggunakan heading untuk mengindeks truktur dan konten dari webpage.
  2. Heading digunakan untuk menggarisbawahi topik atau poin penting pada koten artikel.
  3. Heading menyediakan informasi berharga dan memberitahukan tentang struktur dari sebuah dokumen.


Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

<h1>H1</h1>

<h2>H2</h2>

<h3>H3</h3>

<h4>H4</h4>

<h5>H5</h5>

<h6>H6</h6>

</body>

 

</html>

Output:

H1

H2

H3

H4

H5
H6

Mengubah Ukuran dari HTML Heading:
Ukuran default dari HTML heading dapat diubah dengan menggunakan atribut style.

Contoh:

<!DOCTYPE html>

<html>

 

<body>

<h1 style="font-size:60px;">

H1 dengan ukuran yang baru.

</h1>

</body>

 

</html>

Output:

H1 dengan ukuran yang baru.


Artikel ini didedikasikan kepada: Aldila Puspita Husna, Amalia Safitri, Andhi Nur Saputra, Anindya Valentino Nugroho, dan Aprilia Muadibah.

12 komentar untuk "Mengatur Ukuran Huruf HTML Menggunakan Tag Heading"

  1. Apa yang dimaksud dengan heading pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. HTML heading atau tag h dapat digunakan untuk mendefinisikan judul dan subjudul yang ingin ditampilkan pada halaman website. H1 merupakan tag heading terbesar dan h6 merupakan tag heading terkecil. Jadi, h1 digunakan untuk heading yang sifatnya paling penting sedangkan h6 digunakan untuk heading yang paling tidak penting.

      Hapus
    2. HTML heading mendefinisikan enam tingkatan heading. Elemen heading menyiratkan semua perubahan font, jeda paragraf sebelum dan sesudah, dan spasi kosong apapun yang diperlukan untuk melakukan render heading.

      Hapus
  2. Apa yang dimaksud dengan sub heading pada html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subheading merupakan subdivisi atau subsection dari elemen yang dicetak, dan merupakan subdivisi dari heading utama atau judul.

      Hapus
  3. Apa fungsi tag heading pada laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tag heading digunakan dalam html untuk menentukan judul suatu halaman. Tag heading memiliki fungsi yang sangat penting dalam struktur penulisan html. File html dapat dipahami sebagai suatu kombinasi note, dimana tag heading adalah titik awal dari satu node ke note lainnnya ataupun dalam bentuk percabangan.

      Hapus
  4. Untuk mempermudah pemahaman fungsi dari penggunaan tag heading. Pikirkan atau bayangkan bahwa tag heading adalah sebuah garis besar yang melintang pada tulisan atau konten yang dibuat. Heading adalah tag html yang berfungsi untuk menunjukkan tajuk utama pada halaman web. Tag H1, atau heading 1, adalah nama atau judul yang terdapat dalam konten.

    BalasHapus
  5. Heading tag html terdiri dari enam tingkatan heading. Dimana, setiap tingkatan heading tersebut menyiratkan perubahan dari ukuran font, jeda paragraf sebelum dan sesudah, dan spasi kosong apapun yang diperlukan untuk merender heading. Unsur-unsur tingkatan heading adalah dimulai dari H1, H2, H3, H4, H5, dan terakhir H6. Dengan H1 adalah heading dengan lever tertinggi, dan H6 adalah heading dengan level terendah.

    BalasHapus
  6. Mengapa heading perlu digunakan dalam laman html?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena heading dapat:

      1. digunakan untuk menyediakan struktur tulisan yang berbeda-beda, sehingga memberikan struktur dan konteks yang bervariasi dalam penulisan artikel atau paragraf.
      2. digunakan untuk memecah teks.
      3. digunakan untuk mengoptimalkan tampilan cuplikan unggulan dalam artikel.
      4. digunakan untuk menjaga agar struktur penulisan tetap dapat konsisten ukuran tampilannya.
      5. digunakan untuk membuat tulisan lebih menarik

      Hapus
    2. Heading perlu digunakan dalam laman html karena element tag heading ini memiliki 6 tingkatan yang berurutan dan bisa digunakan untuk menambah ke struktur halaman web.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -