Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Surat Izin Sekolah merupakan bentuk surat izin yang dibuat oleh individu atau siswa yang ditujukan untuk meminta izin kepada instansi atau sekolah tertentu.

Sebelum mempelajari materi tentang Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Alasan Squidward Tentacles Tidak Memakai CelanaPenelitian Berdasarkan Dimensi Hasilnya, dan Cita-cita Achmad Narra Afandika.

Alasan seseorang membuat surat izin tersebut adalah karena suatu kondisi yang sifatnya tidak dapat terhindarkan seperti sakit, ada keperluan keluarga, kegiatan takziah, dan lain sebagainya yang membuat individu atau siswa tersebut tidak dapat mengikuti kegiatan sebagaimana mestinya.

Surat izin yang dibuat oleh seorang individu atau peserta didik tersebut merupakan bentuk surat yang harus dipertanggungjawabkan sesuai dengan yang telah ditulis dalam keterangan surat yang telah dibuat tersebut.

Pembuat surat izin sekolah merupakan salah satu bentuk pembuatan surat dengan format yang sederhana yang dapat dilakukan oleh seorang individu secara langsung. Umumnya, surat tersebut pembuatannya ditulis secara langsung (atau diketik) oleh individu yang bersangkutan atau diwakilkan oleh orang lain seperti orang tua, wali, atau pihak lain yang memiliki kepentingan terhadap individu tersebut untuk membantunya.

Baca Juga:

Untuk pembuatan surat izin sekolah, direkomendasikan untuk dibuat langsung melalui tulis tangan yang berisi permohonan izin dari individu atau siswa yang bersangkutan. Berikut adalah 10 contoh surat izin sekolah yang diperlihatkan sebagai berikut:

Contoh Format Surat Izin Sekolah dari Orang Tua

Tujuan dari pembuatan surat izin individu yang diwakilkan pembuatannya oleh orang tua, biasanya karena individu tersebut tidak mampu untuk melakukannya sendiri karena suatu kondisi tertentu, seperti sakit, atau sedang berhalangan karena kegiatan tertentu. 

Jika Surat izin sekolah dari orang tua telah selesai dibuat, maka orang tua memberikan tanda tangannya secara langsung di dalam surat yang telah dibuat tersebut.

Semarang, 23 Juni 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang

Dengan Hormat
Kami selaku orang tua/wali murid dari:
Nama:
Monkey D. Luffy
Kelas: XI MIPA 3
Alamat: Jalan Kuda Terbang 003, Labuhan Minang, Sumatera Tenggara

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran pada hari ini, Kamis 23 Juni 2050 dikarenakan sakit. Mohon kiranya Bapak/Ibu guru dari kelas XI MIPA 3 yang bersangkutan memberikan izin kepada anak kami tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali Murid

ttd.

Monkey D. Garp

Surat Izin Sakit

Jika individu atau siswa sedang sakit dan perlu beristirahat beberapa hari maka dapat mengirimkan surat izin sakit ke sekolah tempat individu tersebut bersekolah.

Semarang, 24 Agustus 2050
Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI MIPA 4
SMAN 8 Semarang

Dengan Hormat
Kami selaku orang tua/wali murid dari:
Nama: Roronoa Zoro
Kelas: XI MIPA 4
Alamat: Jalan Kuda Terbang 004, Labuhan Minang, Sumatera Timur

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan sakit dan memerlukan istirahat hingga beberapa hari kedepan. Mohon kiranya Bapak/Ibu guru dari kelas XI MIPA 3 yang bersangkutan memberikan izin kepada anak kami tersebut.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Orang tua/Wali Murid

ttd.

Monkey D. Kihime


Surat Izin Tidak Masuk Sekolah karena Kondisi Rutin Tertentu

Ada suatu kondisi dimana seorang individu atau siswa mengalami gejala atau sakit yang memerlukan waktu penyembuhan dan kontrol secara berkala. Karena kondisi ini, maka individu atau peserta didik diharuskan menjalani pengobatan dalam rentang waktu tertentu, sehingga memerlukan izin yang bersifat rutin.

Mangkang, 29 Desember 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang
Ditempat

Dengan Hormat,
Kami yang bertanda tangan dibawah ini adalah orang tua dari
Nama: Shank Redhair
Kelas: XI MIPA 3
Alamat: Jalan Kuda Terbang 104, Labuhan Minang, Magelang

Memberikan kabar kepada Bapak/Ibu Wali Kelas XI MIPA 3, bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah pada tanggal 30 Desember - 1 Januari 2050. Hal tersebut dikarenakan anak kami sedang melakukan kontrol pengobatan secara berkala dan harus melakukan rawat jalan oleh dokter.

Kami sebagai orang tua dari Shank Redhair, memohon izin kepada bapak/ibu guru sekalian untuk berkenan memberikan izin tidak mengikuti kegiatan belajar pada hari tersebut.

Demikian surat ini kami buat dengan benar. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

ttd.

Fitri Kartonegoro


Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Menghadiri Pernikahan Saudara

Karena salah satu anggota keluar besar sedang melaksanakan kegiatan pernikahan, maka individu atau peserta didik pun harus mengikuti kegiatan tradisi tersebut bersama keluarga besar. Untuk dapat meminta izin ke sekolah, maka salah satu hal yang dapat dilakukan dalah membuat surat permohonan izin sekolah.

Tambak Aji, 24 Februari 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang

Dengan Hormat,
Kami yang bertanda tangan dibawah ini selaku orang tua dari
Nama: Toni Toni Chopper
Kelas: XI MIPA 3
Alamat: Jalan Kuda Tenggelam 114, Labuhan Minang, Magelang

Memberikan kabar kepada Bapak/Ibu Wali Kelas XI MIPA 3, bahwa anak kami tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran seperti biasa pada tanggal pada tanggal 27 Februari 2050 dikarenakan anak kami harus ikut menghadiri resepsi pernikahan keluarga. Oleh karena itu, kami mohon kepada Bapak/Ibu Guru wali kelas XI MIPA 3 untuk memberikan izin.

Demikian surat ini kami buat dengan benar. Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Orang Tua / Wali Siswa

ttd.

Tatang Gouef

Surat Izin Sakit dari Keterangan Dokter

Surat Izin sakit dari dokter hanya bisa didapatkan jika individu atau peserta didik sedang mengalami sakit dan melakukan pemeriksaan di klik tempat salah satu dokter melakukan pemeriksaan.

Tidak ada aturan yang benar-benar baku, dari penulisan surat izin sekolah dari dokter. Yang perlu dilakukan oleh peserta didik hanyalah mendatangi klik, dan melakukan pemeriksaan, dimana dalam salah satu kegiatan tersebut peserta didik dapat meminta langsung kepada dokter untuk dibuatkan surat izin sakit tersebut.

DR. Vegapunk
SIP: 123/NH/UUD/89634823746
Praktik: Jl. Mantap Roso III No.17 Semarang

Menerangkan bahwa:
Nama: Scarlet Johanson
Umur: 17 Tahun
Pekerjaan: Siswa SMAN 8 Semarang
Alamat: Jl Shincan No.13, Pakintelan, Semarang

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap individu, maka dinyatakan bahwa individu sedang dalam kondisi SEHAT / SAKIT *) dan memerlukan istirahat selama 4 hari kedepan, sejak tanggal 25/11/2050 s/d 20/11/2050.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

*) Coret yang tidak perlu

Semarang 25 November 2050
Dokter Pemeriksa

ttd.

Dr. Vegapunk
NIP 199209062019021005

Catatan: Format surat izin yang dibuat oleh dokter memiliki format yang berbeda-beda sesuai dengan ketentuan masing-masing klink atau rumah sakit tempat berobat.

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Acara Keluarga

Setiap keluarga besar pastinya memiliki agenda atau acara keluarga yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Terkadang, ada juga keperluan-keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan aktivitasnya, seperti acara resepsi dan lain sebagainya. Berikut adalah cara membuat surat izin tidak masuk sekolah karena acara keluarga.

Rengasdengklok, 18 Desember 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang

Dengan Hormat,
Kami orang tua dari siswa,
Nama : Jumanji
Kelas : XI MIPA 3
Alamat: Jl Sinosuke No.41, Krapyak, Semarang

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasa,

Oleh sebab itu, sudi kiranya Bapak/Ibu Guru Wali kelas XI MIPA 3 dapat memberikan izin kepada anak kami tersebut, untuk tidak masuk sekolah terlebih dahulu.

Demikian surat permohonan izin ini kami sampaikan agar Bapak/Ibu guru dapat memakluminya dan kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

ttd.

Salahuddin Allayubi

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Kecelakaan

Kecelakaan merupakan suatu kondisi yang bisa menimpa siapa saja dan kapanpun tanpa diketahui. Bila seorang peserta didik mengalami kecelakaan dan harus dilakukan perawatan kondisi fisiknya dirumah sakit, maka orang tua dapat mengirimkan surat izin sakit seperti diperlihatkan pada contoh berikut.

Batam, 17 Agustus 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Wali Kelas
SMAN 8 Semarang

Dengan Hormat,
Kami orang tua dari murid,
Nama: Uchiha Arlong
Kelas: XI MIPA 3
Alamat: Jl Sinosuke No.77, Krapyak, Semarang

Mengabarkan bahwa anak kami yang tersebut tidak dapat mengikuti proses pembelajaran sebagaimana mestinya karena mengalami musibah kecelakaan. Oleh karena itu mohon kiranya Bapak/Ibu dapat memberikan izin untuk anak kami dapat beristirahat dan melakukan perawatan hingga kondisinya pulih kembali.

Demikian surat zini ini dibuat dengan sebenarnya, atas perhatian kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

ttd.

Eustas Kid


Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Karena Rawat Inap

Seorang seorang anak atau peserta didik sedang melakukan suatu kondisi tertentu seperti sakit yang memerlukan rawat inap di rumah sakit atau klinik, maka anak tersebut atau orang tua dapat mengirimkan surat izin sakit seperti diperlihatkan berikut ini.

Semarang, 28 April 2050
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang
Ditempat

Dengan hormat,
Kami yang bertanda tangan dibawah ini selakuk orang tua dari
Nama: Fitri Karlina
Kelas: XI MIPA 3
Alamat: Jl Banaran No.77, Krapyak, Semarang

Memberikan kabar kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas, bahwa putri kami tidak dapat mengikuti kegiatan belajar disekolah pada tanggal 29 April 2050. Hal tersebut dikarenakan anak kami sedang mengalami sakit demam tinggi dan harus melakukan rawat jalan dirumah sakit.

Kami sebagai orang tua, memohon kepada Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin tidak masuk sekolah hingga kondisi anak kami pulih kembali.

Demikian surat izin ini dibuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

ttd.

Jokowi Dodit


Surat Tidak Masuk Sekolah Karena Keperluan Mendesak

Sebagai manusia biasa, terkadang individu sering dihadapkan pada kondisi tertentu yang sifatnya mendesak, bahkan hal tersebut juga terpaksa melibatkan anak yang sedang bersekolah. Jika demikian orang tua dapat membuatkan anaknya surat izin tidak mengikuti sekolah dengan format sebagai beirkut.

Semarang, 12 Maret 2050
Kepada:
Yth. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI MIPA 3
SMAN 8 Semarang
Semarang

Dengan Hormat,
Dengan ini kami selaku orang tua dari siswa yang bernama Hitler Mussolini memberitahukan bahwa anak kami dari kelas XI MIPA 3 tidak dapat mengikuti kegiatan pelajaran karena ada urusan sekluarga yang mendesak. Harap Bapak/Ibu dapat memaklumi dan memberikan izin bagi anak kami untuk tidak mengikuti kegiatan pembelajaran terlebih dahulu.

Atas izin yang diberikan Bapak/Ibu guru, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

ttd.

Simmy Simorangkir

Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Siswa SD

Seorang anak yang masih bersekolah ditingkat SD tentunya belum bisa membuat surat izin tidak masuk sekolah secara pribadi, bahkan jika sudah bisa surat tersebut pasti masih diragukan keasliannya. Oleh karena itu, orang tua diharapkan membantu anak tersebut dalam proses pembuatan surat izin sekolah dan mengirimkannya kepada pihak sekolah dengan format berikut.

(Nama Kota), (Tanggal-Bulan-Tahun)
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas ......
SD ......
di Tempat

Dengan Hormat,
Kami selaku orang tua dari,
Nama: ......
Kelas: ......
Alamat: .....

Melalui surat ini diberitahukan bahwa anak kami pada hari .......(hari dan tanggal) tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana mestinya dikarenakan sakit. Untuk itu kami mohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami ucapkan terima kasih

Hormat kami

ttd.

..........(nama orang tua)


Referensi Tambahan:
Artikel ini didedikasikan kepada: Adzani Ayu Andini, Agus Nurul Mustofa, Agus Trianto, Ahmad Hafizhuddin Auzan, dan Ahmad Miftah Fariz.

11 komentar untuk "Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah"

  1. Catatan: tulisan yang dibuat dengan warna merah, digandi dengan nama identitas alamat sesuai dengan identitas dari peserta didik yang membuat surat izin.

    BalasHapus
  2. Apa persyaratan utama untuk membuat surat izin sekolah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan persyaratan apa yang dimiliko sekolah untuk memberikan izin ketidakhadiran tersebut. Surat apapun yang buat oleh individu, semuanya harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh sekolah terlebih dahulu.

      Hapus
    2. Pada isi surat jelaskan kenapa penting bagi individu tersebut untuk tidak hadir di sekolah. Dan mengapa kondisi tersebut tidak bisa ditangguhkan hingga proses pembelajaran disekolah selesai.

      Hapus
    3. Pastikan bahwa orang tua atauwali datang ke sekolah untuk menyampaikan surat tersebut sehingga tidak terkesan mengada-ada.

      Hapus
    4. Surat izin yang baik adalah surat yang dibuat dengan standar format yang tepat dan ditujukan pada waktu dan orang yang tepat pula.

      Hapus
  3. Jika ingin surat sakit anda diterima tanpa dicurigai oleh pihak sekolah, maka alasan yang digunakan juga harus tepat sesuai dengan keperluan yang dibuat pada surat.

    Jika anda sakit selama 4 hari, maka anda dapat mengatakan bahwa anda memiliki sakit flu yang diyakini oleh pihak sekolah merupakan hal yang wajar.

    Hal yang paling mudah, adalah dengan meminta surat izin sakit langsugn dari dokter yang memeriksa, dan ditandatangani langsung oleh dokter pemeriksa tersebut.

    BalasHapus
  4. Untuk membuat surat sakit yang benar, cukup buat saja surat tersebut menggunakan bahasa yang sopan, dan menggunakan tata tulis yang bagus, serta jelaskan alasan kenapa tidak bisa mengikuti kegiatan disekolah secara lugas, jika perlu sertakan surat tambahan sebagai bukti pemeriksaan jika ada kondisi sakit, atau foto acara kegiatan yang diikuti sebagai bukti fisik tambahan.

    BalasHapus
  5. Surat izin sakit akan lebih valid jika disampaikan atau dibuat oleh orang tua saja.

    BalasHapus
  6. Dari yang saya lihat dari contoh-contoh surat, sepertinya nama-nama ini sangat familiar di beberapa anime yang pernah ku tontoh.

    BalasHapus
  7. Aku menemukan Nama Hitler dan Mussolini pada Surat ini, sepertinya mereka tokoh terkenal dimasa lalu -__-

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -