Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cita-cita Achmad Narra Afandika

Nama saya Achmad Narra Afandika biasa dipanggil Narra. Saya lahir di Semarang pada tanggal 15 Desember 2007. Saya terlahir dari keluarga yang sederhana. Orang tua saya bernama Sumanto dan ummy hanny, saya merupakan anak pertama dari 2 bersaudara, saya memiliki seorang adik yang usianya terpaut 5 tahun dengan saya. Lingkungan tempat tinggal saya ada di karanganyar. Motto hidup saya "Tidak ada yang namanya kebetulan, kesempatan datang karena diciptakan. Jadi jangan terus berpangku tangan".


Cita-cita Achmad Narra Afandika
Cita-cita Achmad Narra Afandika

Sebelum membaca Cita-cita Achmad Narra Afandika, terlebih dahulu baca juga tentang: Sejarah dan Keunggulan Bahasa C, Komponen HTML dan Fungsinya, dan Cara Menguasai Bahasa Pemrograman Java.

Saya bersekolah di SDN Karanganyar 01. Disana saya mempunyai banyak teman, beberapa teman dekat saya adalah Hanif dan Ferga. Kita dulu sering bermain dan belajar bersama, mulai dari suka maupun duka, sudah kita lewati bersama selama 6tahun. Hingga masa disekolah dasar telah usai, saya melanjutkan sekolah di SMPN 18 Semarang, Ferga di SMPN 28 Semarang, sedangkan Hanif dia melanjutkan pendidikannya di pesantren. Selama di SMP saya juga mendapatkan banyak sekali teman, diantaranya adalah Javian, Alip, Fahri, Ldo, Fajar, Rasya, dan masih banyak lagi. Di SMP saya bersama selama 3 tahun dengan kelas yang sama, sehari-hari kegiatan saya dan teman saya sering diisi berbagai macam kegiatan, mulai dari kerja kelompok, bermain game, jalan-jalan, dan masih banyak lagi memori yang tidak bisa dilupakan. Pada masa SD saya tekenal aktif, saya selalu masuk dalam rangking 3 besar dikelas, pada kelas 3 dan 4 saya mengikuti lomba pesta siaga, tapi hanya sampai ke tingkat kota, dari kelas 3 saya sudah sering mengikuti lomba cerdas cermat, dan pada kelas 5 saya mewakili kecamatan tugu pada lomba OSN matematika, dan juga lomba LCTP (Lomba cerdas tepat pramuka). Saat saya sudah memasuki SMP saya menjadi sangat malas, ditambah lagi ada Covid-19 yang mengharuskan sekolah dilakukan secara daring, jadi di SMP saya tidak bisa aktif, dan saya mulai aktif kembali pada kelas 9, itu saja saya hanya mengikuti futsal, dan pada futsal sekolah saya bersama teman-teman berhasil membawa cukup banyak piala. 

Motivasi saya untuk masuk SMA N 8 Semarang adalah adalah karena saya ingin melanjutkan jenjang dan karier saya untuk menggapai cita-cita saya menjadi seorang anggota POLRI dengan melanjutkan pendidikan selanjutnya, yaitu dengan mendaftar sebagai Calon Taruna AKPOL, ditambah bahwa SMA N 8 Semarang sangat dekat sekali dengan rumah saya yang berjarak kurang dari 1 Kilometer, alhasil jika saya kelelahan ataupun ketika jadwal saya di SMA N 8 Semarang ini sangat padat, maka saya bisa dengan cepat pulang dan langsung beristirahat tanpa menunggu saya harus dijemput terlebih dahulu, karena saya bisa menggunakan motor pribadi untuk datang ke SMA N 8 Semarang. Tentu dengan perlengkapan keamanan diri yaitu seperti helm dan jaket.

Walaupun SMA N 8 Semarang bukan SMA yang saya impikan, tetapi saya sangat bersyukur bisa bersekolah disini karena saya juga sadar bahwa kapasitas saya tidak sanggup untuk masuk di SMA yang favorit yang saya inginkan. Saya memilih untuk masuk ke SMA N 8 Semarang dengan alasan saya yakin di SMA N 8 Semarang, saya dapat membuat diri saya menjadi seseorang yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, dan Bangsa. Menurut saya SMAN 8 Semarang adalah tempat yang nyaman, dan tempat belajarnya yang berkualitas, sehingga saya memilih masuk ke SMAN 8 Semarang, agar saya bisa menjadi siswa yang berkualitas, berprestasi, dan berakhlak mulia. Di SMAN 8 Semarang pula, saya juga ingin mengembangkan minat dan bakat saya di bidang akademik maupun non akademik. Harapannya, dengan bimbingan oleh para guru, pelatih, pembina, dan juga kakak kelas di sini saya bisa menemukan kelebihan pada diri saya yang nantinya bisa berguna bagi masa depan saya. Motivasi saya yang terakhir mengapa memlilih bersekolah di SMAN 8 Semarang yaitu, tidak lain untuk tetap melanjutkan pendidikan demi masa depan saya. Dengan begitu, saya nanti bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni Menjadi seorang anggota POLRI dari jebolan AKPOL.

Baca Juga:

Kekurangan yang saya miliki dan cara mengatasinya:
  • Saya sangat sering lupa saat ingin melakukan sesuatu sehingga membuat saya agak kesal dengan diri saya sendiri dan juga terkadang saat sudah dipikirkan mau bicara apa malah pas mau dibicarakan malah lupa. Cara mengatasinya adalah saya harus menulis di note atau reminder di Handphone agar saya tidak lupa lagi.
  • Ketika pekerjaan menumpuk dan deadline semakin dekat, saya harus menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan cepat. Sayangnya, saya tidak bisa mengelola waktu dengan baik sehingga lambat dalam mengerjakan tugas. Cara mengatasinya yaitu saya harus menulis deadline tugas, waktu belajar, main, dan lainnya agar saya lebih disiplin dalam mengelola waktu.
  • Kurang menguasai bahasa asing, menjawab kurang menguasai bahasa asing sebagai kekurangan saat ditanya perihal kelebihan dan kekurangan diri memang cukup merugikan. Khususnya dalam Berbahas Inggris, saya kurang menguasai bahasa tersebut sehingga mengganggu ketika pembelajaran di sekolah. Cara mengatasinya adalah saya harus rajin belajar. Contohnya membaca buku atau kamus bahasa, menonton vidio edukasi tentang bahasa asing dan lain-lain.

Tokoh yang paling mengispirasi saya adalah orang tua saya terutama ayah, ayah saya mungkin bukan seorang berdasi tapi dia adalah tokoh inspirasi bagi saya karena kegigihan dan kerja kerasnya, ibu saya juga mungkin bukan seseorang yang memiliki ijazah tinggi tapi dia tidak pernah mengeluh dan selalu berusaha sabar saat mendidik anaknya.

Rencana saya untuk 10 tahun ke depan adalah saya ingin menjadi seorang Perwira Muda yang biasa berguna untuk Nusa dan Bangsa yang bekerja di MABES POLRI. Dan saat saya sudah menggapai keinginan saya tersebut, atau sudah memiliki pekerjaan tetap dan layak, saya ingin menikah dengan perempuan yang baik, sholeh, perhatian, dan setia kepada pasangannya tanpa melihat harta benda yang saya miliki, saya juga memiliki keinginan untuk memiliki 2 orang anak. Dan tempat tinggal yang saya impikan adalah tempat tinggal seperti yang berada di BSB, BSD, Pondok indah, ataupun Menteng. Dan harapan saya mendapatkan tetangga yang mengerti dan saling tolong menolong terhadap tetangga lainnya.

50 Langkah atau tips untuk menjadikan saya sebagai orang sukses untuk 15 tahun ke depan adalah:
  1. Rajin belajar.
  2. Tingkatkan nilai.
  3. Menjadi salah satu lulusan terbaik SMANDELA.
  4. Cari universitas negeri/Daftar Akpol.
  5. Ambil jurusan hukum.
  6. Belajar atau memperdalam pengetahuan tentang hukum.
  7. Menguasai kemampuan komunikasi.
  8. Mengendalikan emosi.
  9. Memiliki rasa empati.
  10. Loyal dalam berkerja.
  11. Teliti dan rinci.
  12. Bekerja secara jujur.
  13. Memiliki imunitas tubuh naik.
  14. Bekerja sesuai SOP.
  15. Mampu menyeimbangkan antara empati dan pengetahuan.
  16. Disiplin dalam bekerja (tepat waktu).
  17. Kemampuan teknis,kemampuan manajerial (mengelola organisasi & kelompok).
  18. Inisiatif kerja (mengambil tindakan untuk mencapai tujuan bersama sebelum diminta).
  19. Beretika (dengan menghargai orang lain).
  20. Menerapkan etika.
  21. Dapat menjaga personal hygiene.
  22. Dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif.
  23. Dapat bekerja dalam kelompok.
  24. Memiliki ilmu pengetahuan dan empati.
  25. Memiliki mental yang kuat.
  26. Fleksibilitas dalam bekerja.
  27. Memiliki kesabaran yang tinggi.
  28. Memiliki kreativitas agar lansia aktif berkegiatan.
  29. Memiliki kepedulian yang besar terhadap lansia.
  30. Menentukan metode terbaik.
  31. Jujur dalam bekerja.
  32. Menghargai sesama.
  33. Bekerja keras.
  34. Konsisten.
  35. Mau terus belajar.
  36. Bertanggung jawab.
  37. Memiliki rencana dan tujuan.
  38. Menghargai waktu.
  39. Menambah relasi.
  40. Mempertimbangkan saran / masukan dari orang lain.
  41. Percaya diri.
  42. Berani maju dan menghadapi tantangan.
  43. Tidak takut akan kegagalan.
  44. Selalu mengembangkan diri.
  45. Mulai dari skala yang kecil.
  46. Berkomitmen.
  47. Belajar dari pengalaman.
  48. Menikmati proses menuju sukses.
  49. Berpikir positif.
  50. Jujur pada diri sendiri.
  51. Disiplin dan tanggung jawab.
  52. Mengevaluasi diri.

Referensi Tambahan:

5 komentar untuk "Cita-cita Achmad Narra Afandika"

  1. Achmad Narra Afandika apakah kamu sudah berhasil mewujudkan mimpimu?

    BalasHapus
  2. Achmad Narra Afandika, tetap semangat meraih cita-citamu.

    BalasHapus
  3. Achmad Narra Afandika, kendala apa saja yang sudah kamu temui dalam menggapai cita-citamu?

    BalasHapus
  4. Achmad Narra Afandika apakah kamu masih berpegang pada motivasi dirimu saat ini?

    BalasHapus
  5. Achmad Narra Afandika apakah kamu mengikuti strategi kesuksesan yang kamu buat pada tulisan ini?

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -