Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Menggunakan Blog untuk Pemula

Blog mungkin merupakan sarana paling konvensional yang dapat digunakan oleh seseorang untuk menghasilkan uang secara online. Beberapa bahkan ada yang mengatakan bahwa blog adalah sesuatu yang sudah ketinggalan jaman.


Sebelum mempelajari materi tentang Cara Menghasilkan Uang Menggunakan Blog untuk Pemula, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Tahap Transaksi Send dan Receive Bitcoin, Pertimbangan Sebelum Membeli Bitcoin dan Penjelasannya, dan Alasan Investasi Saham Ketika Pensiun dan Penjelasannya.

Namun demikian, ternyata blog masih merupakan salah satu sarana yang masih tetap efektif untuk digunakan mencari pendapatan secara online, beberapa orang yang masih secara konsisten menggunakan Blogger sebagai sarana seperti penulis lepas, juga masih tetap mengandalkan sarana blog untuk dapat meraup pendapatan secara online.

Lantas kenapa ada beberapa orang yang mengatakan bahwa blog sudah tidak menghasilkan uang sebanyak dulu?

Jawabannya adalah kompetitor, semakin berkembangnya zaman, maka semakin berkembang pula berbagai platform lain yang dapat digunakan oleh seseorang untuk melakukan pemasaran pada dunia online.

Seperti YouTube, TikTok, Facebook, Twitter, Online Shop, dan lain sebagaimana.

Setiap platform tersebut berkembang untuk tujuan pasar yang spesifik, seperti YouTube yang berfokus pada multimedia dan hiburan, TikTok yang berkembang ke cabe-cabean (just kidding), dan lain sebagainya.

Sehingga orang-orang yang awalnya sebagian besar masih mencari informasi dan hiburan lewat tulisan, kemudian mulai beralih ke platform yang sesuai dengan kebutuhannya masing-masing tersebut.

Namun demikian, perkembangan blog terutama Blogger pada dasarnya tidak mengalami kemunduran sama sekali, beberapa orang yang memang memiliki hobi dan kualitas tulisan yang baik dalam menyampaikan informasi tertentu masih tetap menggunakan Blogger sebagai sarana untuk menyampaikan informasi dan aspirasi yang dimilikinya melalui media tulis digital milik Google tersebut.

Bahkan masih tetap bisa digunakan sebagai sarana mencari cuan.

Tidak hanya mengandalkan iklan adsense, metode mencari uang lewat Blog juga sudah semakin berkembang, yang tentunya menggunakan berbagai metode dan teknik pemasaran yang dapat digunakan pada platform Blogger itu sendiri.

Beberapa diantaranya adalah Iklan Adsense, Affiliate Marketing, Space Banner, Review Artikel, Penjualan Produk seperi buku atau barang lainnya, dan Kerja Sama optimisasi blog, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

Berikut ini adalah cara menghasilkan cuan dari blog yang dapat dilakukan untuk yang memiliki hobi menulis:

Pasang Iklan Google Adsense

Hampir semua yang suka menulis konten di blog pasti selalu punya target agar blognya dapat dipasangi iklan Adsense Google. Dengan adanya iklan yang terpasang di blog, selain memang mendatangkan pendapatan bagi pemilik blog, iklan yang berasal dari Google ini juga dapat digunakan sebagai bentuk pembuktian bahwa konten-konten yang tersedia pada blog tersebut adalah konten yang berkualitas.

Kenapa?

Karena tidak semua blog dapat dipasangi Adsense bahkan untuk Blogger yang merupakan bagian dari Google itu sendiri.

Tidak hanya itu dengan telah berhasilnya blog tersebut dipasangi iklan Adsense, maka si pemilik blog tidak perlu repot untuk mencari pengiklan yang mau menjalin kerjasama iklan dengan blog dimilikinya. Sehingga si penulis atau pembuat konten dapat berfokus pada peningkatan kualitas konten pada blog yang dimiliki oleh si penulis blog.

Untuk penghasilan sendiri, jika sumber pendapatan yang digunakan adalah Google Adsense, maka nilai yang dapat dihasilkan adalah bervariasi, bergantung dengan berbagai faktor yang digunakan sebagai acuan atau tolak ukurnya. Bisa dari jumlah pengiklan dan juga jumlah viewer.

Pada Google Adsense nilai pendapatan dihitung dari jumlah pembaca blog per hari, serta jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog itu sendiri.

Semakin banyak maka semakin bagus.

Bicara tentang Google Adsense itu sendiri, adakah media atau penyedia jasa pasang iklan lainnya selain Google Adsense?

Jawabannya ada, hanya saja memang hampir sebagian besar pasar iklan yang memanfaatkan internet semuanya sudah dimonopoli oleh raksasa Google, sehingga meskipun ada penyedia lain yang menggunakan model bisnis yang sama, hasilnya belum tentu sebanyak yang didapatkan melalui Google Adsense.

Apasih yang menjadi keunggulan dari Google Adsense jika dibandingkan dengan media publisher yang lain?

  • Pertama, Google Adsense membayar para publisher-nya secara tepat waktu. Jika saldo batas pembayaran minimal telah terpenuhi, maka publisher iklan dapat langsung mencairkan dana tersebut tanpa perlu mengalami penunggakan pembayaran sama sekali. Publisher iklan Google Adsense juga tidak perlu khawatir jika dana yang terdapat pada saldo masih belum mencukupi atau masih kurang. Kenapa? karena dana tersebut tidak akan hangus dan akan diakumulasi pada tahapan pembayaran selanjutnya.
  • Kedua, karena kepopuleran dari Google Adsense itu sendiri, maka banyak sekali perusahaan atau lembaga yang ingin melakukan pemasaran iklan melalui Google Adsense tersebut, sehingga para klien atau para pembuat konten (tulisan) tidak perlu khawatir kekurangan iklan untuk ditampilkan pada blognya masing-masing.

Namun,...

Yang perlu tetap dipahami adalah, banyak atau tidak iklan yang akan ditampilkan pada blog adalah tetap bergantung pada isi konten blog itu sendiri, karena jika isi konten blog tersebut tidak bersesuaian dengan target iklan yang di ingin dipasangi iklan oleh pihak perusahaan (atau lembaga pengiklan), maka ada kemungkinan blog yang telah dipasangi Google Adsense tersebut tetap sepi iklan.

  • Ketiga, Google Adsense juga memberikan berbagai dukungan tambahan kepada para publisher iklan, seperti backend pendukung pada Google Adsense yang berisi berbagai fitur dan menu pengaturan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari pemasangan iklan, sehingga para pemilik blog tidak perlu terlalu memusingkan bagian atau posisi mana pada blog yang dapat menghasilkan potensi keuntungan maksimal.

Tidak hanya itu, Google Adsense juga memiliki fitur untuk memilah jenis iklan apa saja yang mau ditampilkan pada halaman blog dan yang tidak, melalui menu pengaturan yang terdapat pada bagian backend.

Space Banner

Pengguna Blogger juga bisa menawarkan iklan secara langsung kepada para pengiklan melalui ruang kosong atau halaman-halaman kosong yang terdapat pada tampilan web.

Untuk jenis penghasilan ini para pengiklan biasanya hanya tertarik pada blog yang memiliki konten-konten spesifik saja, atau blog yang memiliki niche. Sedangkan untuk blog 'gado-gado' biasanya jarang, karena target pembacanya yang terlalu umum untuk jenis iklan produk yang spesifik.

Jadi tidak hanya jumlah trafik yang besar saja, melainkan tema yang spesifik yang dibangun pada blog juga harus dipikirkan penulis, jika ingin mendapat pengiklan Space Banner.

Berapa banyak space iklan yang dapat ditawarkan kepada para pengiklan pada blog?

Jawabannya tidak ada ketentuan, bahkan seorang Blogger pun tidak perlu memasang iklan space kosong pada blog nya jika ingin mendapatkan penghasilan melalui space iklan ini, jika blog yang dimiliki oleh seorang Blogger tersebut memang sudah memiliki trafik yang tinggi dan juga niche yang pas, biasanya cukup dengan mencantumkan alamat email atau nomor hp pada bagian kontak saja, maka para pengiklan pun sudah pasti ada yang tertarik untuk menghubungi. Kenapa? karena jika menurut pengiklan tersebut konten-konten yang terdapat pada blog sudah dianggap bersesuaian dengan segmen-segmen iklan yang ingin dipasarkan maka hal tersebut sudah dianggap cukup untuk kegiatan pemasaran produk melalui iklan Space Banner pada blog.

Namun demikian, pihak Blogger yang sudah berhasil mendapatkan pengiklan secara langsung hendaknya juga tetap memerhatikan beberapa hal sebagai berikut:

Seorang Blogger bertanggung jawab penuh pada setiap iklan banner yang dipasang pada blognya, karena memang pemasangan iklan tidak dilakukan secara otomatis melainkan secara manual oleh pemilik blog itu sendiri.

Pemilik blog juga harus selalu memerhatikan jenis iklan yang akan dipasang pada blog, terutama untuk jenis iklan yang disertai link ke alamat web atau ke aplikasi lainnya, karena jika iklan yang dipasang tersebut ternyata bertentangan dengan kebijakan Adsense Google, maka blog tersebut dapat dikenakan sanksi pelanggaran, seperti iklan adsense yang sebelumnya telah dipasang dapat tidak bisa ditampilkan iklannya karena kasus pelanggaran pemasangan iklan space banner tersebut.…..Selalu jeli memilih calon pengiklan.

Juga, dalam proses penentuan harga iklan pada space banner, setiap penghasilan yang didapatkan dari iklan Adsense dapat dijadikan acuan harga pada penentuan harga iklan space banner ke para pengiklan.

Peringkat blog pada Google Search untuk keyword tertentu juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan tambahan untuk negosiasi harga pada pemasangan iklan banner di blog, dimana semakin tinggi peringkat blog maka harganya juga dapat semakin mahal.

Tidak hanya itu, lamanya waktu pemasangan iklan space banner juga dapat dijadikan acuan penambahan biaya oleh pemilik blog terhadap para calon pengiklannya, atau juga bisa memberikan harga diskon jika waktu pemasangannya lebih lama.

Kerjasama Afiliasi Barang

Afiliasi merupakan metode penjualan barang yang dilakukan oleh pihak afiliator kepada pembeli. Dimana, jika barang yang dipasarkan tersebut berhasil terjual, maka afiliator akan menerima komisi dari penjual.

Metode ini banyak sekali digunakan oleh para penjual yang ingin memasarkan produknya dalam waktu cepat. Di jaman sekarang metode afiliasi kebanyakan sudah tidak dilakukan menggunakan blog melainkan langsung melalui orang-orang terkenal atau influencer, namun tetap tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pemasaran menggunakan blog, selama blog tersebut memang memiliki segmen pasar yang khas atau memang memiliki niche yang cocok dengan jenis barang yang akan dipasarkan.

Metode pemasaran barang dengan metode afiliasi blog sebenarnya cukup sederhana, Blogger hanya hanya perlu meyakinkan pengguna untuk membeli barang yang dijual melalui link yang telah disediakan oleh penjual sebelumnya melalui blog afiliator.

Biasanya link yang digunakan untuk menjual barang tersebut sudah langsung terhubung ke sistem belanja online milik penjual barang, dan secara otomatis dengan menggunakan sistem yang sudah terhubung melalui link tersebut, sistem akan mencatat jumlah penjualan sekaligus komisi yang akan diterima oleh afiliator.

Tantangan dari metode kerjasama afiliasi ini adalah bagaimana cara seorang Blogger atau pemilik blog untuk meyakinkan setiap pengunjungnya untuk membeli barang melalui link yang sudah disediakan, penulis blog harus bisa membangun sebuah konten atau artikel yang membuat pembacanya menginginkan untuk membeli barang yang dijual melalui link yang telah disediakan tersebut.

Jika berhasil, maka otomatis akan ada cuan tambahan bagi pemilik blog.

Beberapa manfaat program afiliasi:
  • Pertama adalah gratis. Pemilik blog tidak perlu membayar sejumlah uang apapun kepada penjual atau kepada pemilik barang. Klo bayar? hati-hati bisa jadi penipuan.
  • Kedua, pemilik blog tidak perlu memikirkan jenis barang apa atau jenis produk apa yang harus dijual, karena semua produk tersebut sudah disediakan oleh penjual, pihak pemilik blog sebagai afiliator hanya perlu memikirkan bagaimana cara agar barang tersebut bisa terjual melalui link yang disediakan oleh penjual.
  • Tiga, Tidak perlu susah memikirkan masalah pengantaran atau logistik, karena proses pengantaran dari hulu ke hilir semua sudah ditangani oleh penjual, serta jika terjadi kerusakan barang sekalipun, segala komplain dapat diterima CS yang sudah disediakan oleh penjual.
  • Empat, dapat menjadi sumber penghasilan jangka panjang atau long term income, karena cara kerja dari program afiliasi yang begitu mudah sehingga dapat menjadikan proses penjualan tersebut seperti sumber penghasilan pasif atau passive income.

Sama halnya seperti iklan penawaran banner, kunci dari kekuatan program afiliasi adalah konten. Konten yang menarik dan sesuai dengan tujuan penjualan barang afiliasi, maka konten-konten tersebut secara otomatis akan menarik pengunjung untuk membeli barang yang tersedia pada link afiliasi.

Berbeda dengan membuat konten yang berkualitas, yang berisi berbagai review dan ulangan lengkap yang menjelaskan tentang suatu hal, pada artikel afiliasi hal yang perlu ditekankan adalah kalimat persuasi atau kalimat yang dapat mengajak para pengunjung atau pembaca untuk berkunjung dan membeli produk atau barang yang tersedia pada link afiliasi.

Ingat kata kuncinya adalah kalimat persuasi atau kalimat ajakan.

Tidak cukup hanya membuat konten yang terlihat bagus saja, pastikan pula bahwa kalimat tersebut dapat membuat pengunjung untuk tertarik mengklik link yang telah disediakan.

Bagaimana cara membuat konten yang bisa menghasilkan konversi ke link afiliasi? Berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

Pahami jenis produk yang akan dijual, pastikan bahwa barang tersebut sudah diketahui fungsi dan tujuannya secara spesifik.

"Jangan menjual barang, yang kamu sendiri tidak ingin membelinya".

Jangan sungkan untuk bertanya kepada pihak pengiklan tentang jenis barang yang akan dijual tersebut secara spesifik, guna untuk membuat konten yang memang benar-benar bisa menghasilkan konversi klik ke link afiliasi.

Pastikan bahwa jenis produk yang akan dijual adalah sesuai dengan tema blog yang dimiliki, dan jangan sungkan untuk menolak penawaran yang diberikan oleh pengiklan jika dirasa jenis barang yang akan dipasarkan akan membawa feedback negatif bagi blog itu sendiri.

Contoh, blog yang memiliki niche tentang dunia keuangan, maka jenis program afiliasi yang cocok adalah yang berkaitan dengan produk-produk keuangan itu sendiri, jangan sampai hanya karena tawaran afiliasi yang nilainya besar lantas pemilik blog langsung menerima tawaran kerjasama begitu saja.

Afiliasi jual produk Dildo, Judi Bola, Sex toys, meskipun bentuk kerjasama produk adalah benar, namun ini hanya akan menambah feedback negatif bagi blog, yang nantinya akan berdampak pada jumlah pengunjung yang merasa kecewa karena isi konten tidak bersesuaian dengan tema blog itu sendiri.

Dengan jenis produk yang memiliki kesesuaian dengan isi konten, maka orang-orang akan merasa lebih percaya dengan hasil review yang diberikan oleh pemilik blog tersebut.

Karena memang pada dasarnya blog-blog dengan tema spesifik atau blog niche, kekuatan utamanya adalah pada pengunjung yang memiliki ketertarikan atau hobi yang spesifik, yang sudah pasti berbeda dengan blog 'gado-gado',

Apakah blog 'gado-gado' tidak dapat mendapatkan kerjasama afiliasi?

Tetap bisa, hanya saja kecenderungan biasanya para penjual atau pihak pengiklan lebih condong memasarkan produknya pada jenis atau tema blog dengan konten spesifik yang sesuai dengan jenis produk yang dipasarkan, karena sebagian besar pengunjungnya memang sudah memiliki hobi atau ketertarikan yang spesifik pada jenis konten atau tema blog tersebut.

Tidak hanya itu, dengan jenis pengunjung yang spesifik, para penjual juga bisa mendapatkan review dari jenis produk yang individu jual yang bersumber dari para konsumen yang sudah expert di bidangnya, atau memang sudah lama menyukai produk dengan kategori tersebut.

Bayangkan saja jika produk yang dijual tersebut adalah pupuk kotoran sapi, tapi dijual dengan program afiliasi pada blog yang bertema masakan nusantara.

Apakah mungkin orang yang membeli produk tersebut mengatakan bahwa "tekstur bumbunya kurang meresap", "tampilan makanannya sangat menggugah selera", atau "cita rasanya mirip seperti bumbu nasi padang".

??

Bahkan sebaliknya, produk yang dijual tersebut bahkan bisa 'dirujak' habis-habisan dengan berbagai komentar negatif dari para pembacanya.

Lain cerita jika produk pupuk tersebut dijual melalui kerjasama afiliasi pada blog dengan tema pertanian, bisa jadi produk tersebut ada yang tertarik untuk membelinya. Bahkan jika tidak ada yang membelinya sekalipun, review yang didapatkan bisa jadi berupa kritik-kritik positif yang dapat digunakan oleh pihak penjual untuk meningkatkan kualitas produk jualannya, bisa dari segi harga, dari segi kemasan, dari segi pengiriman barang, dan lain sebagainya.

Jasa Review, Placement

Meskipun sudah banyak content creator yang menggunakan media video dan streaming untuk me-review suatu produk, tapi beberapa brand juga masih ada yang tetap mengandalkan media tulis untuk mengulas keunggulan seputar produk-produk yang individu miliki.

Ada beberapa alasan kenapa blog tetap menjadi incaran utama beberapa produk atau brand untuk memberikan ulasan atau review produk, beberapa diantaranya adalah:
  • Brand Awareness, karena gaya tulisan atau gaya penyampaian pada bahasa blog yang sifatnya semi formal, maka orang-orang yang membaca review sebuah produk akan merasa seperti sedang mendengarkan cerita dari seseorang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut.
  • Berbeda dengan artikel yang diterbitkan pada portal berita nasional seperti detik, atau viva yang gaya bahasanya wajib menggunakan bahasa tulisan yang baku, pada blog yang memang bukan merupakan bagian dari media jurnalistik, para penulisnya lebih bebas berekspresi untuk mengungkapkan atau menceritakan tentang suatu hal, bahkan bisa menggunakan istilah-istilah non baku atau bahasa daerah sekalipun, sehingga hal ini dapat membuat para pembacanya lebih merasa dekat, ketika membaca tulisan atau review yang dibuat oleh penulis blog.
  • Tidak hanya sekadar review, sebuah produk atau brand juga tetap membutuhkan backlink untuk dapat meningkatkan optimasi pengenalan produk yang dimiliki pada mesin pencari, karena hal tersebut pula, maka biasanya sebuah produk kemudian menargetkan beberapa keyword tertentu pada mesin pencari supaya produknya bisa lebih terkenal, salah satunya adalah menempatkan artikel review produknya ke beberapa blog yang memiliki peringkat bagus, yang secara sengaja memang ditargetkan pada beberapa keyword yang sudah menjadi incaran atau target dari produk tersebut.

Tidak hanya membuat artikel review, beberapa produk terkadang memang sudah menyiapkan artikel sendiri yang ingin ditempatkan secara langsung pada blog yang dimiliki oleh seorang Blogger.

Lebih bagus,

Karena penulis tidak perlu repot untuk membuat artikel, hanya saja tetap perlu diperhatikan kualitas tulisan yang diberikan oleh produk tersebut, apakah sudah SEO friendly atau belum, jika belum maka sebaiknya didiskusikan kembali apakah artikel yang harus di-posting tersebut dapat dilakukan sedikit koreksi atau tidak, karena jika tidak maka akan berdampak bagi trafik blog itu sendiri.

Dan pastikan juga untuk setiap review dan placement tersebut bayarannya cocok! ini yang paling penting!

Juga,

Hal wajib lain yang benar-benar harus diperhatikan pemilik blog adalah backlink, atau script tersembunyi yang terdapat pada artikel yang diberikan oleh pengiklan, karena aturan Google sendiri sangat ketat mengenai hal ini, pastikan setiap backlink atau script yang diberikan tidak mengandung unsur pornografi, sara, kriminal, dan hal lainnya yang bertentangan dengan panduan Google, karena ini tidak hanya akan memberikan feedback negatif ke para pembaca, melainkan pada blog itu sendiri, yang dapat berakibat pada pemblokiran langsung pada konten-konten blog yang dimiliki oleh penulis atau pemilik blog.

Dropshipper

Hampir mirip seperti metode afiliasi, bedanya pada sistem dropship yang menggunakan media Blogger, penulis blog harus mengatur sendiri sistem penjualan barang, dimana barangnya sendiri itu berasal dari supplier barang.

Jadi pemilik blog, tidak harus stok barang sendiri, melainkan barang yang akan dijual tersebut dapat berasal dari seorang supplier barang.

Biasanya metode pemasaran barang dropship pada blog sudah jarang dilakukan, karena kebanyakan pembeli saat ini memang secara langsung lebih suka membeli barang lewat olshop, namun untuk beberapa barang spesifik yang memang membutuhkan review khusus, biasanya sebelum membeli barang yang diinginkan, pembeli memang lebih suka untuk melakukan searching internet terlebih dahulu, untuk mengetahui kualitas barang yang akan dibeli secara lebih spesifik. Contoh, membeli hewan ternak, tidak semua pembeli hewan ternak biasanya langsung membelinya lewat olshop, beberapa ada yang lebih suka sekadar mencari pengamat, atau sekadar mendengarkan review-review dari beberapa komunitas pecinta hewan saja. Atau untuk yang suka otomotif, beberapa blog dengan tema otomotif pun saat ini masih ada yang laris didatangi para pengunjungnya, hanya sekadar untuk membaca berita-berita mengenai perkembangan teknologi terbaru, ata memang untuk mencari rekomendasi spare part untuk alat otomotifnya. Juga beberapa jenis blog lain seperti berita olahraga.

Dari beberapa contoh blog yang dikemukakan sebelumnya jika seorang Blogger memang sudah mempunyai komunitas atau pengunjung yang tersegmentasi pada hobi tersebut, meskipun pembacanya tidak banyak, biasanya orang-orang tersebut adalah tipe orang-orang yang loyal dalam mengeluarkan uangnya untuk menunjang hobi individu, sehingga karena hal tersebut biasanya para pengunjung juga tidak segan-segan untuk merogoh kocek sedalam-dalamnya jika sedang ditawari produk baru yang berkaitan dengan hobinya.

Disitulah baru ada peluang!

Dimana Blogger yang memiliki konten atau tema dengan niche yang spesifik tersebut bisa menjual produk atau memasarkan produknya melalui blog, namun dengan barang yang dikirim lewat tangan supplier, atau juga disebut dropship.

Tidak hanya itu, produk-produk yang dipasarkan tersebut pun juga bisa dijual atas nama pribadi atau merek pribadi, dan tentunya sesuai dengan kesepakatan hukum yang telah disetujui bersama antara pemilik blog dan supplier.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan blog untuk memasarkan produk dengan cara dropship:
  • Pertama, pemilik blog tidak perlu repot untuk kirim barang, cukup berfokus pada media penjualan dan konten-konten promosi yang ditampilkan pada blog.
  • Kedua, Sistem kerja yang sifatnya tidak terikat, artinya ketika jenis barang yang dijual banyak mendapatkan komplain dari para pembeli, pemilik blog hanya perlu mencari supplier barang baru yang mau diajak kerja sama dengan sistem dropship, tanpa harus mengubah isi konten jualan.
  • Ketiga, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kecil atau bahkan tidak ada sama sekali, karena barang dagangan aslinya hanya bersifat virtual, sedangkan barang fisiknya ada ditangan supplier.

Tips menjual barang dengan metode dropship melalui blog, yaitu:
  • Jangan jual barang hanya karena pembelinya banyak saat ini, karena kompetitornya pasti sulit, melainkan jual lah barang yang kategorinya unik, dan peminatnya loyal meskipun jumlah konsumennya sedikit.
  • Cari supplier yang memiliki reputasi yang baik, dan tidak kenal internet atau sosmed, karena supplier jenis ini biasanya lebih fokus pada kualitas barang, dibanding dengan teknik pemasaran. Cari atau temukan supplier tersebut melalui komunitas, kenalan, atau survei langsung ke tempat-tempat yang terdapat banyak pengrajin untuk jenis barang atau produk yang sedang dibutuhkan tersebut, usahakan untuk lebih dari satu supplier.

Pelatihan dan Konsultasi

Beberapa orang yang menulis artikel di Blogger pada dasarnya bukanlah orang-orang yang berasal dari latar belakang seorang penulis.

Namun orang-orang tersebut kemudian memutuskan untuk menulis pengalaman hidupnya, atau pengetahuannya menggunakan media Blogger dikarenakan berbagai macam alasan. Salah satu hal yang sering menjadi alasan seseorang menuliskan sesuatu di Blogger adalah untuk pengakuan status sosial atau aktualisasi diri, .. yups benar, tidak semua orang dimuka bumi ini memperlihatkan status sosialnya melalui harta, beberapa juga ada yang ingin memperlihatkan status sosialnya melalui wawasan ataupun pengetahuan yang dimiliki, dan Blogger menjadi salah satu cara yang efektif untuk hal tersebut.

Tidak hanya itu, karena kualitas konten yang disajikan penulis tersebut sangat bagus dan mendalam, beberapa pembaca kemudian mulai mengikuti atau mulai berlangganan berbagai tulisan atau konten yang ditulis oleh seseorang (pakar) tersebut.

Jika memang demikian, maka orang tersebut juga bisa mengembangkan hal yang dilakukannya melalui media tulisan blog ke arah yang lebih profesional berupa pelatihan atau kursus. Contoh, seorang programmer profesional yang gemar membagikan materi tulisan tentang dasar pemrograman, maka programmer tersebut dapat membuka jasa konsultasi membuat program atau aplikasi, serta juga membuat jasa kursus online (atau offline) tentang materi pemrograman. Begitu pula untuk beberapa jenis profesi lainnya baik itu untuk profesi profesional (lawyer, dokter, guru) ataupun non profesional (penulis lepas, grafik designer, peternak burung), dan lain sebagainya.

Kenapa blog-blog tersebut bisa berkembang ke tahap jasa konsultasi profesional?

Jawabannya adalah terletak pada penulis blog itu sendiri.

Blog-blog yang awalnya memang cuma berisi konten-konten informasi yang sifatnya hanya berupa konten edukatif, terkadang juga dapat berkembang ke tahap yang jauh lebih profesional karena konten-konten tersebut memang disusun oleh seorang profesional menggunakan teknik-teknik penyusunan yang lebih sistematis, sehingga para pembaca yang kebetulan mencari informasi yang berkaitan dengan masalah spesifik yang sedang dialaminya, kemudian mulai mencari dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut pada blog yang telah ditulis. Dan lama-kelamaan akan mulai ketagihan untuk mencari informasi yang sesuai dengan kondisi permasalahan yang sedang dialaminya pada blog, yang kemudian membuat blog tersebut lama kelamaan dapat menjadi sebuah media pelatihan atau media konsultasi yang disampaikan oleh seorang profesional.

Contoh, konten blog yang menceritakan masalah kesehatan organ reproduksi wanita, jika yang menulis konten tersebut adalah seorang Blogger yang masih duduk dikelas 12 SMA, maka isi konten tersebut hanya akan dianggap sebagai konten informasi biasa, tetapi lain cerita jika yang membuat konten tersebut adalah seorang dokter spesialis kandungan, yang sudah berpraktek lebih dari 15 tahun, maka tulisan dari orang tersebut sudah dapat dianggap sebagai pendapat seorang pakar, bahkan jika pendapat yang disampaikannya tersebut masih berupa opini.

Dan karena hal tersebut, maka bukan sesuatu yang salah jika para pengunjung yang ingin membaca informasi atau konten yang dibuat oleh dokter tersebut kemudian dikenai biaya secara profesional, karena setiap asumsi yang disampaikannya melalui tulisan adalah masuk kategori pendapat pakar.

Blog jenis apa yang bisa dibuat untuk menjadi blog pakar?

Yang pasti blog tersebut bukan blog 'gado-gado' atau blog yang berisi informasi yang campur-campur.

Blog tersebut berisi konten yang sumbernya berasal dari pakar atau orang yang memang profesional dibidangnya.

Memiliki sistem yang dapat digunakan untuk manajemen konsultasi dan pembiayaan yang jelas dan tidak bertentangan dengan hukum.

Tidak asal meminta bayaran saja melalui blog tersebut.

Dan juga, jika bisa dipasarkan secara profesional.

Jual Buku Elektronik

Sebagai penjual yang baik kita harus bisa memahami keinginan konsumen secara baik.

Begitu pula dengan penulis blog, jika ingin menjadi seorang penulis atau pemilik blog yang profesional, maka seseorang tersebut juga harus bisa memahami kebutuhan para pembacanya, guna meningkatkan kualitas konten yang ditulis pada blog.

Salah satunya adalah buku elektronik.

Tidak semua pembaca pada dasarnya senang membaca secara langsung pada blog atau online, beberapa juga ada yang lebih suka melakukannya secara offline, selain hemat kuota, alasan lainnya seseorang lebih suka membaca secara offline adalah materi bacaan tersebut dapat dibaca dalam kondisi apapun, atau saat sedang kondisi yang hening.

Tidak hanya itu, beberapa pembaca ada juga yang lebih suka untuk mengoleksi terlebih dahulu bahan bacaannya, termasuk materi-materi bacaan yang berasal dari blog dalam bentuk buku elektronik

Untuk alasan kebutuhan tersebut, maka…penulis blog juga bisa memberikan solusi lain untuk dapat membaca tulisan blognya, berupa buku elektronik.

Jika penulis blog adalah seseorang yang suka menulis materi dalam bentuk atau tema yang spesifik, niche. Maka akan jauh lebih baik pula jika materi tersebut dikumpulkan dan disusun secara lebih sistematis dalam bentuk buku elektronik, yang kemudian penulis dapat menjualnya dengan harga yang premium kepada para pembacanya.

Ibarat kata pepatah, "sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui".

Begitu pula dengan kegiatan membuat artikel blog, tidak hanya sekadar bertujuan untuk mengisi konten pada blog saja, tapi konten-konten yang telah dibuat itu sendiri dapat dikemas dengan bentuk yang lebih menarik sebagai buku elektronik yang kemudian dapat dijual kepada para pembacanya.

Beberapa keunggulan pembuatan buku elektronik jika dibandingkan dengan buku kertas biasa:
  • Mudah untuk direplikasi, sehingga proses cetak tidak perlu dilakukan secara berulang-ulang, dan hanya membutuhkan sedikit biaya, bahkan hingga gratis.
  • Buku yang dibagikan secara gratis yang digunakan untuk sampling bacaan tidak akan menyebabkan kerugian produksi, karena biaya awal produksi memang sedikit atau tidak ada sama sekali.
  • Update, atau perbaikan dan peningkatan kualitas konten dapat dilakukan secara cepat, karena buku elektronik yang sifatnya adalah file digital.
  • Lebih mudah untuk didistribusikan, karena sifat dari buku elektronik yang pada dasarnya hanya bentuk file digital biasa, sehingga pemilik blog atau pihak distributor buku dapat mendistribusikan buku tersebut secara lebih efisien. Contoh, buku elektronik dijual melalui google book, jadi proses distribusinya hanya cukup dilakukan via download oleh para pembacanya.
  • Tidak perlu khawatir mengalami kerusakan barang, karena memang file yang didistribusikan tidak mudah mengalami kerusakan fisik.
  • Tidaknya menggunakan Google Play Book, pemilik blog juga bisa menawarkan buku-buku yang diproduksinya tersebut langsung menggunakan email kepada para pembaca setianya melalui teknik pemasaran Email Marketing.

Email Marketing dan Sosial Media

Jangan cuma mengandalkan jumlah pembaca yang didapatkan melalui teknik pemasaran mesin pencari, Blogger yang baik juga harus bisa mempertahankan setiap pembaca yang berkunjung ke blog yang dimilikinya, baik untuk pembaca baru maupun pembaca lama yang sering membaca isi konten yang ada di blog milik penulis tersebut.

Selalu berkomunikasi dan selalu memberikan kabar mengenai konten-konten terbaru kepada para pembaca tersebut.

Buat setiap pembaca yang datang ke blog penulis tersebut merasa terikat dengan setiap konten atau tulisan yang ada pada blog.

Ciptakan pula sebuah portal komunitas agar setiap pembaca dapat berkumpul dan menerima update konten-konten terbaru dari blog.

Beberapa portal komunitas yang dapat digunakan untuk menjaga para pembaca setia blog tersebut, antara lain seperti:
  • Grup Facebook, meskipun sudah dianggap 'jadul' namun sosmed ini masih tetap dianggap yang paling efektif untuk menjaga suatu komunitas untuk tetap bisa terhubung satu sama lain, baik itu antar sesama pembaca itu sendiri, maupun antara pembaca dan penulis.
  • Twitter, meskipun tidak memiliki fasilitas untuk membuat grup tertentu, dan jumlah pengunjungnya tidak sebanyak pengguna sosmed lain, tapi twitter adalah sarangnya orang-orang terkenal, dan juga orang-orang yang suka membaca dan menulis. Sehingga menggunakan sosmed ini juga merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menjaga para pembaca untuk tetap merasa terikat dengan blog penulis.
  • Widget komunitas blog, merupakan widget bawaan yang dimiliki Blogger, dimana para pembaca bisa bergabung dan mendapatkan kabar terbaru baik itu melalui web Blogger itu sendiri, ataupun melalui alamat email yang telah didaftarkan oleh pengunjung sebelumnya.
  • Grup Wa dan Grup Telegram, meskipun kedua aplikasi tersebut adalah aplikasi chatting, namun kedua aplikasi tersebut juga memiliki fitur untuk membuat komunikasi secara grup, sehingga memungkinkan untuk membuat para pembaca setia dari blog untuk tetap terhubung dalam suatu komunitas yang sama.

Apakah ada lagi contoh aplikasi lainnya?

Seorang pengunjung blog yang awalnya cuma membaca isi konten atau tulisan tertentu, kemudian memutuskan untuk join atau bergabung dalam grup yang telah dibuat, berarti pembaca tersebut telah memutuskan untuk memiliki keterikatan dengan tulisan yang dibuat oleh pemilik blog.

Hal ini tidak boleh diabaikan oleh pemilik blog.

Data para pengunjung baik itu berupa alamat telepon ataupun alamat email yang telah diberikan ketika bergabung dalam suatu komunitas atau grup, merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi pemilik blog, karena data-data yang telah diberikan tersebut merupakan bentuk dukungan secara tidak langsung dari para pembaca kepada penulis.

Dan sebagai seorang penulis yang baik, sudah seharusnya menghargai bentuk dukungan tersebut dengan cara selalu memberikan informasi secara berkala mengenai update informasi terbaru kepada para pembaca setia blog. Dan karena bentuk keterikatan tersebut pula, beberapa informasi yang dibagikan juga bisa dimonetisasi atau dijual secara premium kepada para pembaca.

Tidak hanya itu, beberapa konten yang telah dimonetisasi atau dijual secara premium tersebut juga ada kemungkinan akan mendapatkan feedback yang positif baik bagi penulis itu sendiri maupun bagi pembacanya, karena orang-orang yang telah bergabung dalam komunitas atau grup tersebut adalah orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

Iklan Ads Manager

Ads Manager dapat dianggap sebagai versi 'premium' dari Google Adsense.

Meskipun sama-sama produk dari Google, namun pada penggunaannya kedua produk tersebut tetap memiliki beberapa perbedaan.

Namun demikian, hal yang pasti dari penggunaan Ads Manager pada blog adalah sama seperti pada Adsense Google yaitu untuk mendapatkan iklan yang bisa dikonversi sebagai sumber penghasilan.

Pada Google Adsense pengguna dapat mengelola jenis iklan yang akan ditampilkan, namun pada Ads Manager pemilik blog melakukan kerjasama dengan pihak Google Ads Manager dalam hal pemasangan iklan.

Berikut adalah beberapa perbedaan penggunaan antara Google Ad Manager dan Google Adsense:
  • Pertama, proses persetujuan iklan dilakukan pihak Google Ads Manager, dimana tahapan ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi pihak penulis blog pada proses optimasi iklan yang dapat memberikan tingkat penghasilan tertinggi baik untuk pihak penulis maupun pihak Google. Sedangkan pada Adsense Google pemilik blog harus menyortir jenis iklan yang akan ditampilkan guna mendapatkan potensi penghasilan terbaik.
  • Kedua, poin pembagian kesepakatan hasil antara pihak Google dan penulis merupakan bentuk pembagian yang akan dibagikan melalui Google Ad Manager.

Jual (saja) Blog(nya)


"pecahkan saja gelasnya", kata Dian Sastro pada film AADC.

Jika 9 jalan untuk mendapatkan cuan sudah ditempuh dan masih belum pecah telur juga, maka…

Jual saja blog nya :D

hahaha...

Jual blog dalam hal ini maksudnya memang membuat sebuah blog dengan tampilan profesional yang terdiri dari beberapa konten saja, yang sudah dioptimasi secara SEO dan kemudian dijual melalui forum atau portal web khusus.

Seseorang yang sudah biasa menulis dan memodifikasi template blog, sudah pasti orang tersebut adalah orang memiliki keahlian dibidang per-blog-an. Tidak hanya itu bagi para Blogger pemula, memang beberapa orang diantaranya juga sangat membutuhkan jasa pembuatan blog profesional tersebut baik dari segi tampilan ataupun isi konten.

Untuk estimasi harga penjualan, sebenarnya tidak ada aturan pasti, tapi pembuat blog bisa memberikan penawaran harga sebesar antara 20x hingga 30x dari harga per bulan yang biasa diterima oleh pemilik blog tersebut.

Untuk bisa menjual sebuah blog, maka memang bagian yang paling harus ditekankan adalah dari sisi tampilan atau template, karena bagi calon pembeli yang memang belum terlalu memahami tentang SEO, maka sudah pasti bagian yang paling utama diperhatikan adalah dari sisi tampilannya.

Tidak hanya itu, sertakan juga contoh tampilan dalam bentuk link, sehingga calon pembeli dapat melihat contoh jadinya jika blog tersebut telah diisi beberapa konten. Juga buat konten yang akan dijual dalam bahasa inggris, agar terlihat lebih profesional. Dan jangan lupa bagian yang paling penting, adalah sertakan alamat kontak atau email yang dapat dihubungi.

Setelah itu coba pasarkan blog yang telah dibuat tersebut melalui forum-forum atau marketplace yang dapat digunakan untuk memasarkan blog yang telah dibuat tersebut.

Cobalah pasarkan blog yang dibuat tersebut melalui forum atau komunitas yang memang sering membahas tentang jual beli blog atau jual beli template.

Serta, pada proses pemasarannya tidak perlu terlalu banyak mengumbar 'omong kosong' atau rayuan-rayuan gombal yang dikemas menggunakan kata-kata profesional supaya orang tertarik untuk membeli blog tersebut.

Cukup posting saja menggunakan kalimat-kalimat sederhana, dan biarkan calon pembeli untuk menilai. Jika ada calon pembeli yang banyak bertanya-tanya, dan berusaha melakukan negosiasi kejam,... abaikan saja, …pengalaman penulis orang-orang dengan karakter seperti itu lebih banyak gagalnya dalam proses bertransaksi.

Berdasarkan pengalaman penulis juga, biasanya proses transaksi sesungguhnya baru benar-benar terjadi jika calon pembeli tersebut sudah mentransfer dana pembelian blog sesuai dengan nominal yang disepakati ke nomor rekening penjual. Kenapa? Karena setelah proses pembelian selesai, konsumen biasanya akan tetap membutuhkan beberapa bantuan untuk setting template yang telah dibeli tersebut.

Jika kondisi tersebut terjadi, maka jangan abaikan permintaan konsumen atau client tersebut meskipun proses transaksinya sudah selesai, karena dari permintaan sederhana tersebut biasanya akan disertai juga dengan permintaan-permintaan lanjutan, seperti jasa penulisan konten, atau ebook panduan untuk menjadi seorang penulis Blogger profesional.

Jika iya, maka ada peluang cuan tambahan baru yang bisa didapatkan oleh seorang penulis blog.
.

.

.

.

.
Happy cuan, jika ada yang masih ada hal yang kurang jelas yang ingin ditanyakan lagi, atau hal spesifik lainnya, ataupun juga kritik, silahkan disampaikan melalui kolom komentar berikut.

12 komentar untuk "Cara Menghasilkan Uang Menggunakan Blog untuk Pemula"

  1. Hari gini masih ngeblog udah jamannya youtube kali,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo modalnya banyak emang youtube lebih menjanjikan bang, tapi kalo modalnya pas-pasan sukses di blog aja alhamdulillah sudah cukup.

      Hapus
    2. ya kan bisa pakai kamera hape dulu,

      Hapus
    3. Kalo kamera hape kualitasnya jelek bang, belum lagi untuk render videonya, hape malah jadi cepat rusak, itu juga sukur kalo videonya laris ditonton, klo ga ya tetap rugi.

      Hapus
  2. Semua semua yang komen disini, apapun usahanya bisa sukses dan diberkahi Allah, amin.

    BalasHapus
  3. Yang bikin males ngeblog itu ga tiap hari otak kita bisa produktif, trus sekalinya produktif tulisannya langsung di curi sama orang lain, trus pas diadukan ke google, kita juga harus punya bukti klo tukisan itu memang asli punya kita, lain cerita klo youTube, divideo yang kita buat bisa dipasangi watermark, jadi sulit kalo mau di curi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo ini salah satu solusinya, di setiap konten yang mau dipublikasi disertakan backlink yamg banyak, jadi walaupun dicuri, konten tersebut tidak bisa langsung dipublikasi, harus ditulis ulang dulu.

      Hapus
  4. Menurut saya kuncinya itu adalah selalu berikan konten yang memang hanya terikat dengan diri pribadi penulis itu sendiri. Contoh klo tulisan tentang kesehatan, klo yang buatnya cuma anak SMA, orangpasti ga bakal percaya, tapi klo yang buat tulisan tersebut sdalah dokter maka tulisan tersebut pasti lebih bernilai.

    BalasHapus
  5. Beberapa tips yang ada diartikel ini sudah pernah saya praktikkan, dan memang bisa dibilang efektif untuk mendapatkan penghasilan lewat blog, yang penting jangan cuma mengandalkan Adsense saja, soalnya persaingan para bloger sekarsng sangat sulit, konten-konten yang di buat pun juga jangan hanya sebatas tulisan informatif saja, tapi usahakan juga untuk menjual produk tertentu yang dapat menghasilkan sumber tambahan.

    BalasHapus
  6. klo mau buat blog yang laris atau cuan, usahakan jangan dikelola sendiri tapi pake tim, trus hasilnya dibagi sesuai kesepakatan bersama, dan yang paling penting itu, yang pegang kendali blog cukup satu orang saja, biar misalkan salah satu anggotanya ada yang berenti, maka data atau konten blog nya tetap bisa di jaga.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -