Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Compiler C++ dan Penjelasannya

Bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman umum yang digunakan untuk program yang sifatnya kompetitif. Bahasa pemrograman C++ memiliki imperatif, berorientasi object dan memiliki fitur-fitur umum bahasa pemrograman yang biasa digunakan pada umumnya. Bahasa pemrograman C++ dapat dijalankan pada berbagai macam platform seperti Windows, Linux, Unix, Mac, dan lain sebagainya. Untuk dapat menggunakan bahasa C++ pada kegiatan pengembangan program, maka terlebih dahulu perlu dilakukan mengaturan lingkungan pemgembangan C++ pada perangkat komputer yang akan digunakan untuk dapat melakukan proses kompilasi dan menjalankan program C++ secara sukses. Jika tidak ingin dilakukan pengaturan lingkungan pengembangan secara lokal, maka dapat pula menggunakan IDES online untuk melakukan proses kompilasi program.

Sebelum lebih lanjut mempelajari materi tentang Instalasi Compiler C++ dan penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Cara Predefinisi Class Java Sebagai Class atau VariabelSejarah dan Keunggulan Bahasa C, dan Komponen HTML dan Fungsinya.

Penggunaan Online IDE: IDE merupakan akronim dari Integrated Development Environment, yang merupakan perangkat lunak aplikasi yang menyediakan fasilitas untuk program komputer dalam kegiatan pengembangan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman C++. Terdapat banyak IDE online yang dapat digunakan untuk melakukan proses kompilasi program seara mudah tanpa perlu melakukan setting atau pngaturan program pada lingkungan pengembangan lokal.

Contoh:

#include<iostream>

using namespace std;


main()

{

cout << "Belajar Learning C++";

}


Pengaturan Lingkungan Pengembangan Lokal
Untuk mengatur lingkungan pengembangan lokal pada komputer, maka dibutuhkan dua perangkat lunak yang harus dilakukan instal pada komputer, yaitu:
  • Text Editor: Text Editor merupakan tipe program yang digunakan untuk melakukan proses edit dan penulisan teks, dalam hal ini teks editor akan digunakan untuk mengetik proram C++. Ekstensi normal dari file yang dibuat dalam teks editor adalah '.txt', tetapi sebuah teks file yang mengandung kode program C++ harus disimpan pada tipe ekstensi ‘.CPP’ atau ‘.C’. File yang disimpan dengan tipe ekstensi ‘.CPP’ dab ‘.C’ sebuat sebagai file kode sumber atau source code dan didalamnya berisi kode program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman C++. File yang disimpan dengan ekstensi tersebut membantu kompilator untuk mengidentifikasi file yang mengandung program C++. Sebelum membuat program menggunakan C++, minimal satu aplikasi atau perangkat lunak teks editor harus sudah terintal pada perangkat komputer yang digunakan untuk membuat program C++ tersebut.
  • Kompilator C++: Setelah teks editor terinstal dan berisi kode program, selanjutnya lakukan simpan program dengan tipe ekstensi ‘.CPP’, setelah itu, dibutuhkan kompilator C++ untuk melakukan proses kompilasi file '.cpp' tersebut. Kompilator C++ merupakan sebuah program komputer yang bertugas untuk mengonversi bahasa pemrograman tingkat tinggi ke bahasa pemrograman tingkat rendah yang dapat dipahami oleh mesin atau komputer. Dengan kata lain, kompilator berfungsi untuk mengonversi kode program yang telah dibuat dalam bahasa pemrograman C++ ke dalam bahasa mesin atau kode biner mesin. Untuk melakukan proses kompilasi program C++ dibutuhkan kompilator C++ yang akan mengkonversi semua kode sumber yang telah dibuat dalam bahasa C++ menjadi bahasa mesin.

Baca Juga:

Berikut adalah rincian tentang pengaturan kompilator pada berbagai platform yang berbeda-beda.
  
Instalasi Linux: Pada Linux dibutuhkan instalasi kompilator GNU GCC. Untuk dapat menginstal dan menjalankan komilator GCC pada komputer Linux, maka dapat dilakukan dengan beberapa urutan langkah berikut:
  • Jalankan dua perintah commands dari Linux terminal window menggunakan perintah: sudo apt-get update, kemudian sudo apt-get install gcc, selanjutnya sudo apt-get install g++.
  • Perintah tersebut akan melakukan proses instalasi kompilator GCC pada sistem komputer, tidak hanya itu, dibutuhkan juga beberapa perintah tambahan lain, seperti: sudo apt-get install build-essential.
  • Perintah yang telah dijalankan tersebut akan melakukan proses instalasi semua library yang dibutuhkan untuk melakukan proses kompilasi dan menjalankan program C++.
  • Setelah menyelesaikan tahapan tersebut, lakukan pemeriksaan terhadap kompilator GCC pada sistem komputer, apakah telah terinstal secara baik atau belum. Untuk melakukan hal tersebut maka lakukan perintah dari terminal Linux, sebagai berikut: g++ --version
  • Jika dua proses instalasi tersebut telah selesai dijalankan secara baik tanpa mengalami error, maka lingkungan pengembangan C++ pada Linux telah selesai diatur dan siap digunakan untuk proses kompilasi program C++.
  • Untuk tahapan lebih lanjut, maka akan dipelajari bagaimana cara melakukan proses kompilasi dan menjalankan program C++ pada Linux menggunakan kompilator GCC.
  • Buatlah sebuah program pada teks file dan simpan file yang telah dibuat tersebut dengan nama dan ekstensi '.CPP'.
  • Selanjutnya, buka terminal Linux dan pindahkan ke direktori dimana file tersebut disimpan. Kemudian, jalankan berintah berikut pada file yang akan dikomilasi: g++ filename.cpp -o any-name
  • filename.cpp adalah nama dari file yang akan dikompilasi, dalam hal ini nama file yang digunakan adalah "helloworld.cpp" atau nama file apapun lainnya yang dapat digunakan sesuai dengan pilihan. Nama yang digunakan tersebut akan memberikan penugasan berupa proses eksekusi file yang diciptakan oleh kompilator setelah proses kompilasi dijalankan. Pada kondisi ini, akan dipilih nama "hello".
  • Program yang telah dipilih kemudian dijalankan menggunakan perintah: g++ helloworld.cpp -o hello
  • Setelah proses eksekusi perintah dijalankan, maka selanjutnya akan ditampilkan atau diciptakan file baru yang dibuat secara otomatis pada ruang penyimpanan atau direktori yang sama dimana kode sumber disimpan dengan nama file yang dibuat sesuai dengan nama file yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Selanjutnya, untuk menjalankan program, maka proses tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan perintah: ./hello
  • Perintah tersebut akan menjalankan program melakukan terminal window pada Linux.

Instalasi Windows: Terdapat banyak jenis IDE untuk sistem operasi Windows yang dapat digunakan untuk menjalankan program C++ seara mudah. Salah satu jenis IDE yang populer digunakan untuk proses kompilasi C++ pada Windows adalah Code::Blocks. Untuk mengunduh Code::Blocks, kunjungi link dari alamat Code::Block tersebut melalui internet atau searching menggunakan mesin pencari.
  • Setelah file selesai unduh, tahap selanjutnya dalah lakukan proses instalasi program.
  • Setelah selesai melakukan proses instalasi program Code::Blocks, kemudian menuju ke File Menu -> Select New dan buat create an Empty file.
  • Selanjutnya buat program C++ pada file kosong atau empty tersebut, dan simpan file dengan ekstensi '.cpp'.
  • Setelah file disimpan dengan ekstensi '.cpp', kemudian menuju ke Build menu dan pilih Run option.

Instalasi Mac OS X: Jika menggunakan komputer Mac, maka lakukan proses unduh Xcode melalui situs Xcode pada website Apple yang dapat ditemukan menggunakam mesin pencari di internet, dan lanjutkan dengan proses instalasi program.
  • Setelah selesai melakukan proses instalasi Xcode, buka aplikasi Xcode.
  • Untuk membuat project baru, dapat menuju ke file menu -> select New -> select Project. Proses ini akan menciptakan sebuah file baru yang dapt digunakan untuk membuat program C++.
  • Selanjutnya, pada bagian Window pilih sebuah template untuk project yang akan digunakan. Untuk memilih sebuah template C++, maka pilih aplikasi yang terdapat dibagian bawah dari section OS X pada bagian sisi kiri bar. Selanjutnya pilih perintah baris atau command-line tools dari pilihan yang tersedia dan klik tombol next.
  • Pada bagian selanjutnya, tersedia banyak pilihan seperti 'name of organisation', 'Product Name', dan lain sebagainya. Tetapi, pastikan untuk memiliki bahasa pemrograman dengan tipe C++. Setelah melengkapi beberapa menu pilihan dan rincian, lakukan klik tombol next untuk melanjutkan proses ke tahapan selanjutnya. Pilih lokasi dimana project akan disimpan. Setelah memiliki file main.cpp dari daftar direktor pada sisi kiri bar.
  • Sekarang, buka file main.cpp, dan file atau program C++ yang telah dibuat akan terlihat. File tersebut dapat diubah sesuai dengan kebutuhan dari proses pengembangan.
  • Untuk menjalankan program C++, dapat menuju ke bagian menu Product dan pilih Run option.

Catatan: Cara lain yang lebih mudah untuk menggunakan IDE adalah dengan menggunakan VSC atau Visual Studio Code, baik dari Windows ataupun Mac OS.

Artikel ini didedikasikan kepada: Adeda Fitri Anastia, Adi Guna Wibawa, Agusta Leoni Elfrida Purwasih, Aldi Febriyanto, dan Alfonsus Dhimas Arai Bimasakti.

5 komentar untuk "Instalasi Compiler C++ dan Penjelasannya"

  1. Apa yang dimaksud dengan kompilator C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompilator C++ merupakan program utilitas yang digunakan untuk mengambil kode program C++ dan mengubahnya menjadi file kode mesin yang dapat dieksekusi oleh komputer secara langsung.

      Hapus
  2. Apa fungsi dari kompilator C++?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kompilator C++ berfungsi untuk mengubah file sumber menjadi file biner yang dapat dipindahkan, guna ditautkan nanti menjadi file yang dapat dieksekusi berupa file pustaka statis atau file dinamis.

      Hapus
    2. Kompilator C++ merupakan program khusus yang menerjemahkan kode program kode sumber bahasa pemrograman menjadi kode mesin, bytecode, atau bahasa pemrograman lain. Kode sumber tersebut biasanya ditulis dalam bahasa tingkat tinggi yang dapat dibaca manusia seperti Java atau C++.

      Hapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -