Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Eccedentesiast Beserta Penjelasannya

Jika saya belum mendapatkan perhatian dari Anda, maka saya tahu bahwa kata "Eccedentesiast" atau "Heath Ledger Joker" akan membuat Anda lebih Memerhatikannya. Sebuah ungkapan menarik dan kompleks yang memiliki arti yang sangat sederhana, yang sangat berhubungan dengan sebagian besar kehidupan sehari-hari, bahkan setiap orang yang ada disekitar kita. Kata tersebut sebenarnya diciptakan oleh Florence King, atau yang lebih dikenal sebagai "Queen of Mean", yang ditulis di "The Misanthrope's Corner" untuk National Review, Amerika Serikat. Flerence Virginia King adalah seorang novelis, penulis esai, dan kolumnis Amerika, dan juga seseorang yang telah mendefinisikan sebuah kata yang sangat berarti bagi abad ini dan setelahnya.

Sebelum mempelajari materi tentang Arti Eccedentesiast Beserta Penjelasannya, terlebih dahulu pelajari materi tentang: Teks Eksplanasi Beserta Penjelasannya, Cara Pembuatan Vaksin COVID19 dengan Metode Terbaru, dan Kenapa Rambut Manusia Lebih Sedikit daripada Monyet.

Seorang "eccedentesiast" merupakan orang yang suka memasang senyuman palsu. Dalam bahasa latin, "ecce" yang berarti "melihat" dan "dente" yang berati "gigi". Jadi, secara harfiah adalah "lihatlah giginya", yang bermakna melihat ke permukaan, atau pada senyuman palsu yang menyembunyikan apa yang sebenarnya terjadi pada kondisi diri atau psikologinya.

Eccedentesiast merupakan masalah keseimbangan diri atau keseimbangan jiwa dari seorang individu, dimana ada saatnya diri orang tersebut bisa tersenyum meskipun senyuman tersebut tidak mencerminkan apa yang sebenarnya sedang dirasakan oleh diri orang tersebut, dan ada pula saatnya dimana individu tersebut sedang berpura-pura bisa merugikan dirinya sendiri atau merugikan orang lain disekitarnya karena senyuman palsu yang diperlihatkannya.

Eccedentesiast merupakan istilah yang diciptakan yang merujuk pada kondisi seseorang yang menyembunyikan rasa sakitnya dibalik senyuman. Penulis percaya setiap orang pasti pernah melalui fase tersebut dalam proses kehidupan, mau bagaimanapun itu adalah suatu tahapan yang harus dilalui sebagai seorang manusia dalam menjalani proses kehidupan. Selalu ada kondisi dalam kehidupan dimana seseorang dipaksa untuk bisa tersenyum meskipun sedang dalam kondisi yang tidak bahagia, mungkin demi orang lain atau suatu hal tertentu. Bahkan, mungkin saja harus melakukan hal tersebut sepanjang waktu. Ada banyak motivasi kenapa seseorang mengalami kondisi dimana mereka harus menyembunyikan rasa sedihnya dibalik senyuman. Sebagian ada ada yang melakukannya karena alasan gaji, seperti yang dilakukan oleh para aktor dan aktris, dan sebagian lagi melakukannya untuk membuat orang lain merasa lebih bahagia.

Baca Juga:

Tersenyum mungkin adalah suatu hal yang sulit bahkan saat kondisi seseorang sedang bahagia sekalipun. Pada saat tersebut, pikiran manusia begitu pandai menemukan apa yang salah daripada percaya terhadap apa yang dianggap benar, hingga manusia terkadang kata lupa tentang cara untuk menemukan waktu untuk tersenyum bagi dirinya sendiri.

Eccedentiasiast merupakan sebuah kata dalam bahasa Inggris yang diambil dari tiga akar bahasa Latin, yaitu:
  • Ecce, yang bermakna persembahan untuk Anda.
  • Dentes, yang bermakna gigi atau menunjukkan senyuman.
  • Iast, yang bermakna performer atau penghibur.

Ketika ketiga akar bahasa Latin tersebut digabungkan, maka akan membentuk suatu kata baru dalam bahasa Inggris yang bermakna, "I present to you teeth as a performer". Pekerjaan para pemain atau entertainer adalah untuk menghibur, untuk membuat orang tertawa dan tersenyum atau membuat semangat seseorang dapat bangkit. Dari pemahaman tersebut, maka kata eccedentiasiast secara harfiah mengacu pada seseorang yang memalsukan senyumannya. Dimana dibalik senyuman tersebut terdapat sesuatu yang menyeramkan atau perasaan sakit dan menyakitkan.

Dikehidupan sekarang, banyak individu yang mengalami fenomena eccedentiasiast, karena setiap kali manusia terkena suatu masalah, seringkali mereka tidak mencari masalah tersebut hingga sampai ke akar permasalahannya. Eccedentiasiast adalah fenomena orang yang menyembunyikan banyak hal dengan senyumannya, terkadang perasaan sedih, traumatis, dan depresi.

Beberapa ada yang mengatakan bahwa eccedentiasiast adalah orang munafik. Ada pula yang mengatakan bahwa para eccedentiasiast adalah orang yang kuat yang mampu menyembunyikan rasa sakitnya demi orang lain, dan tetap mampu tersenyum meskipun sedang dalam kesulitan, dimana sebagian ada yang bisa melepaskan semua kesedihannya dan memutuskan untuk bahagia, sedangkan lainnya ada pula yang memutuskan untuk bahagia sementara demi orang lain bisa bahagia.

Ketika melihat orang lain merasa sedih, maka ada dorongan dari diri seseorang untuk menuntut orang tersebut untuk terlihat bahagia. Bukan karena peduli dengan kondisi orang tersebut, melainkan karena bentuk ketidakkepuasan hati bagi diri sendiri karena melihat orang yang sedih adalah sesuatu yang tidak menyenangkan. Karena hal tersebut, orang-orang eccedentiasiast cederung mengutamakan kebahagiaan orang lain diatas kebahagiaan diri sendiri.

Setiap orang pasti memiliki masa dimana mereka merasa sakit, sedih, kehilangan, kecewa, dan marah. Hal tersebut bukan merupakan sesuatu hal yang buruk, karena hal tersebut adalah bagian dari perjalanan hidup agar seseorang menjadi lebih kuat. Menginternalisasikannya hanya akan menyebabkan rasa stres atau depresi untuk waktu yang sangat lama. Hebatnya, seorang eccedentiasiast adalah seorang penghibur yang sangat baik. Semakin banyak orang yang terluka, semakin pintar pula orang tersebut untuk dapat menyenangkan orang lain. Meskipun dirinya tidak bisa menyelesaikan masalah kecil orang lain tersebut. Ada sebuah cerita tentang eccedentiasiast yang sangat terkenal, dan sangat menginspirasi, yakni sebagai berikut:

Di tengah kota yang sangat sibuk dikenalah seorang badut yang hebat dalam menghibur masyarakat sekitar perkotaan tersebut. Dengan banyaknya pekerjaan, masalah perekonomian yang parah, maka banyak sekali orang yang datang mencari badut tersebut hanya untuk menikmati candaan dan tawa yang dibuat oleh badut tersebut, yang tidak diketahui siapa sebenarnya orang yang berada dibalik topeng badut tersebut. Pada suatu hari ada seseorang yang datang ke Psikiater terkenal, kemudian mulai menceritakan beberapa masalah yang dihadapinya sampai akhirna orang tersebut pun berkata, "Mengapa masalah di dunia ini sangat sulit? Banyak yang harus diselesaikan oleh diri saya, saya bingung, saya frustasi dalam menghadapi permasalahan dunia ini, seperti labirin tanpa akhir yang datang silih berganti..."

Psikiater tersebut kemudian berkata, "Apakah kamu pernah datang ke kota? Apakah kamu tahu, di pusat kota tersebut ada seorang badut yang sangat terkenal, dia pandai membuat orang lain tersenyum ketika mereka sedang frustasi seperti yang kamu alami sekarang, mengapa kamu tidak mencoba untuk mendatanginya?". Ruangan psikiater tersebut pun kemudian mendadak hening, pasien pun terdiam, menunduk, dan seketika air matanya keluar membahasi pipinya. "Bagaimana caranya saya bisa dihibur oleh badut tersebut?" Dia bertanya.

"Bagaimana? Kenapa kamu tidak bisa terhibur oleh seorang badut?" Psikiater mulai bingung, karena biasanya sebagian besar pasien bisa terhibur jika menemui seorang badut.

"Karena aku adalah badut tersebut..."

Setiap orang berhak untuk bahagia, setiap orang memiliki kebebasan dalam hidupnya. Tidak ada salahnya jika merasa sedih dan menangis, jika kesedihan sesaat tersebut dapat membuat diri seseorang menjadi lebih kuat dan lebih bijaksana dalam menghadapi kehidupan.

Referensi Tambahan:

Artikel ini didedikasikan kepada: Alfi Hirza Aniqoh, Alfian Wibisono, Alicia Zalfa Fauzi, Ameera Fatimah Azzahra, dan Amellia Qurrotulaini.

7 komentar untuk "Arti Eccedentesiast Beserta Penjelasannya"

  1. Eccedentesiast adalah seseorang yang selalu menyembuyikan rasa sakitnya dibalik senyuman. Seseorang yang tidak ingin orang lain tahu apa yang sebenarnya sedang mereka rasakan didalam hatinya, karena mereka benar-benar takut dengan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka.

    BalasHapus
  2. Eccedentesiast adalah seseorang yang hanya bisa merasakan rasa sakit, tetapi tidak dapat berbagi persaan tersebut karena menganggap orang lain tidak akan mengerti tentang perasaan tersbut, sehingga mereka hanya menyembunyikan dirinya dengan kebahagiaan palsu.

    BalasHapus
  3. Eccedentesiast adalah seseorang yang bersembunyi dibalik senyuman, ketika apa yang diinginkan oleh orang tersebut hanyalah menyembunyikan diri atau mati.

    BalasHapus
  4. Eccedentesiast adalah seseorang yang banyak tersenyum, hanya untuk menyembunyikan rasa sakit yang dirasakan di dalam dirinya, dan tidak ingin menunjukkan rasa sakit tersebut kepada dunia.

    BalasHapus
  5. Eccedentesiast adalah seseorang yang tersenyum tetapi hanya untuk kebahagiaan orang lain atau untuk menyembunyikan sedikit rasa sakitnya, terkadang mereaka pun ingin seseraong memahami senyum palsu tersebut dan bertanya tentang rasa sakit yang mereka sembunyikan tersebut.

    BalasHapus
  6. Eccedentesiast adalah seseorang yang memiliki begitu banyak rasa sakit sehingga orang tersebut tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan rasa sakit tersebut dan kemudian memilih untuk menyembunyikannya. Mereka menyembunyikannya hingga menjadi menumpuk dan tidak bisa ditahan lagi oleh dirinya, dimana senyum palsu yang keluar dari bibirnya, hanyalah cara yang digunakan untuk menyembunyikan kebahagiaan palsu yang sedang diperlihatkan.

    BalasHapus
  7. Eccedentesiast adalah seseorang yang tidak ingin mengungkapkan pikiran, perasaannya kepada orang lian, dan lebih memilih suatu percakapan menggunakan senyuman, yang bisa berupa senyuman sejati ataupun senyuman palsu. Mereka tidak ingin berbagi rasa akit ataupun pendapat mereka, dan pikiran mereka dengan orang lain karena corak dalam pikirannya yang berbeda dengan lawan komunikasi.

    BalasHapus

Hubungi admin melalui Wa : +62-896-2414-6106

Respon komentar 7 x 24 jam, mohon bersabar jika komentar tidak langsung dipublikasi atau mendapatkan balasan secara langsung.

Bantu admin meningkatkan kualitas blog dengan melaporkan berbagai permasalahan seperti typo, link bermasalah, dan lain sebagainya melalui kolom komentar.

- Ikatlah Ilmu dengan Memostingkannya -
- Big things start from small things -